Analisis Pendekatan, Strategi, Model, Metode dan Teknik Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar
Abstract
Pembelajaran matematika di sekolah dasar membutuhkan perencanaan yang matang melalui pemilihan pendekatan, strategi, metode, model, dan teknik yang tepat. Penelitian ini menggunakan studi literatur terhadap berbagai kajian nasional maupun internasional terkait implementasi pembelajaran matematika. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendekatan konstruktivisme, problem solving, dan realistik terbukti meningkatkan pemahaman konsep siswa. Strategi pembelajaran inkuiri dan ekspositori memiliki peran signifikan dalam menyesuaikan kebutuhan siswa. Model pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning), berbasis proyek (Project-Based Learning), dan kooperatif mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, serta hasil belajar matematika siswa. Kesimpulannya, keberhasilan pembelajaran matematika SD ditentukan oleh integrasi sinergis antara pendekatan, strategi, metode, model, dan teknik pembelajaran yang kontekstual serta sesuai dengan karakteristik peserta didik.