Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Makanan Home Industry Di Kalangan Mahasiswa Universitas Esa Unggul
DOI:
https://doi.org/10.31949/jika.v7i2.12457Abstract
Perkembangan teknologi semakin berkembang seiring berkembangnya zaman. Hal tersebut diikuti oleh masuknya media sosial dalam kehidupan manusia. Dengan semakin banyaknya pengguna media sosial terutama di kalangan mahasiswa, peluang untuk memanfaatkan Media sosial ini sebagai sarana pemasaran semakin terbuka lebar. Pelaku bisnis perlu mengambil kesempatan dan mengikuti arus dari berkembangnya media sosial untuk dapat mengenalkan produk usaha dan menjalin hubungan baik dengan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas media sosial sebagai sarana pemasaran makanan home industry di kalangan mahasiswa Universitas Esa Unggul. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil pada penelitian ini adalah media sosial terbilang efektif sebagai sarana promosi atau pemasaran dari produk yang mereka jual. Kesimpulan pada penelitian ini, yaitu pemanfaatan media sosial terbilang efektif sebagai sarana pemasaran usaha makanan home industry karena melalui media sosial para pelaku usaha dapat manjangkau audiens lebih luas dan dapat meningkatkan brand awareness. Untuk meningkatkan brand awareness, pelaku usaha makanan home industry dapat menggunakan fitur berbayar di media sosial.