PENGEMBANGAN APLIKASI PENGENALAN BUAH-BUAHAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI SD NEGERI KRAGILAN 3 MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2
DOI:
https://doi.org/10.31949/infotech.v11i2.14918Abstract
Pemanfaatan media digital dalam dunia pendidikan semakin berkembang, salah satunya melalui game edukasi yang dapat meningkatkan minat dan pemahaman anak-anak dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi game edukasi pengenalan buah-buahan berbasis Construct 2 untuk siswa sekolah dasar. Aplikasi ini menyajikan materi secara visual, interaktif, dan menyenangkan melalui gambar, suara, dan animasi. Metode pengembangan menggunakan model Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang mencakup enam tahap: konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Hasil pengujian menunjukkan aplikasi memenuhi aspek edukatif, antarmuka yang ramah anak, serta kompatibilitas lintas platform (HTML5, Android, dan Windows). Aplikasi dinilai efektif dalam mengenalkan buah-buahan kepada anak-anak. Ke depan, aplikasi ini dapat dikembangkan dengan materi tambahan, sistem level, fitur multibahasa, serta integrasi ke lingkungan sekolah yang lebih luas guna meningkatkan daya guna dalam pembelajaran interaktif.
Keywords:
Construct 2, Game edukasi, MDLC, Sekolah DasarDownloads
References
Aisyah, Azizah, N., Zubaidah, S. L., Suriansyah, A., & Cinantya, C. (2024). Efektivitas Media Teknologi Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD. MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(4), Article 4. https://doi.org/10.60126/maras.v2i4.601
Anggreni, N. L. P., Subagia, I. W., & Rapi, N. K. (2020). Pengembangan Validitas, Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran IPA Terapan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.26109
Darip, M., & Hamdan. (2024a). Pengembangan Sistem Administrasi Penilaian Siswa Berbasis Framework Laravel Di SD Negeri Pegandikan I Kabupaten Serang. INFOTECH Journal, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.31949/infotech.v10i1.9433
Darip, M., & Hamdan, H. (2024b). Information System Dokumen Perancangan Perangkat Lunak Pelayanan Laboratorium UPTD Dinas Lingkungan Hidup Kota Serang. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 18(2), Article 2. https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2024.18.2.1701
Darip, M., Permana, B. R., Auliana, S., Hamdan, H., & Saputo, A. D. (2025). Pengembangan Game No Code dengan Construct 3: Panduan Praktis Membuat Game 2D untuk Pemula dan Edukator (1st ed.). Minhaj Pustaka. https://minhajpustaka.id/product/pengembangan-game-no-code-dengan-construct-3-panduan-praktis-membuat-game-2d-untuk-pemula-dan-edukator/
Darip, M., & Sapaatullah, A. (2025). Rancang Bangun Aplikasi Perjalanan Dinas Guna Meningkatkan Efisiensi dan Optimalisasi Administrasi. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 19(1), Article 1. https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2025.19.1.2033
Imanulhaq, R., & Ichsan, I. (2022). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Sebagai Dasar Kebutuhan Media Pembelajaran. Waniambey: Journal of Islamic Education, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.53837/waniambey.v3i2.174
Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27–34. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011
Kaffah, S. A. (2020). Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Mengenai Pengenalan Nama Buah dalam Tiga Bahasa untuk Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.542
Masyhuri, M., & Darip, D. (2025). Analisis Dan Desain Aplikasi Perpustakaan Untuk Transformasi Pembelajaran Di SMK Malnu Menes. BETRIK, 16(01), 11–24. https://doi.org/10.36050/ag0s0c52
Maulana, R., Darip, M., & Permana, B. R. S. (2025). Rancang Bangun Edufarm Sebagai Media Interaktif Untuk Pembelajaran Secara Daring menggunakan Construct 3. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 9(3), Article 3. https://doi.org/10.36040/jati.v9i3.13386
Maulana, Y. H., Pratama, M. A., & Darip, M. (2025). Sistem Pemesanan Dan Pembayaran Booking Kamar Hotel Berbasis QR Code. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 9(3), Article 3. https://doi.org/10.36040/jati.v9i3.13345
Mulyani, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Game Edukasi untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi pada Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Media Pembelajaran, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.59584/jundikma.v2i03.29
Nurfitrianda, D., Auliana, S., Permana, B. R. S., Rohman, A., & Munawir, A. (2025). Pengembangan Aplikasi Pengenalan Huruf Hijaiyah Untuk Anak Kelas 1 SDN Saruni 2 Pandeglang Berbasis Construct 2. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 9(1), Article 1. https://doi.org/10.36040/jati.v9i1.12417
Prasasty, A. T., Handayani, Y., & Suharyati, H. (n.d.). Pendekatan Konstruktivisme: Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Aktif di Sekolah | JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Retrieved July 5, 2025, from https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/7091?utm_source=chatgpt.com
Sapaatullah, A., & Darip, M. (2025). Pengamanan Dokumen Digital Berbasis Web dengan Algoritma AES-128 di Lembaga Pendidikan TK. BETRIK, 16(01), 37–51. https://doi.org/10.36050/fjb35559
Sauqi, I., Rozie, F., Rukmiyati, R., & Koesmini, A. D. (2024). Analisis Studi Perkembangan Kemampuan kognitif pada Anak Usia Sekolah Dasar melalui klinik baca di SDN mlajah 2. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(3), 46991–47004.
Syafaatussalamah, A., & Salsabilla, D. E. (2025). Efektivitas Penggunaan Media Digital dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Al-Tarbiyah : Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v3i3.2479
Yansyah, M., Darip, M., & Sapaatullah, A. (2025). Transformasi Digital Penerimaan Siswa Baru di SDN Ragas I Berbasis Framework Laravel. Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 6(02), Article 02. https://doi.org/10.30998/jrami.v6i02.11176

Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Malik Farid Hanafi, Sigit Auliana, Mochammad Darip

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.