Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.959Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran keterampilan berbicara menggunakan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition. (2) meningkatkan hasil belajar keterampilan berbicara menggunakan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition pada mahasiswa kelas IB Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2019/2020. Penelitian perbaikan pembelajaran ini menggunakan prinsip Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini subjeknya adalah mahasiswa kelas IB Prodi PBSI yang berjumlah 30 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu pengelompokkan data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Minat pembelajaran keterampilan berbicara dapat meningkat melalui Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition; dan (2) penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada mahasiswa kelas IB Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2019/2020.
Keywords:
kemampuan, berbicara, model, auditory intellectually repetitionDownloads
References
Burhan, A. V., Suherman, & Mirna. (2014). Penerapan Model Pembelajaran AIR Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 18 Padang, 3(1), 6-11.
Fitri, S., & Utomo, R. B. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep. Jurnal E-DuMath, 2(2), 193-201.
Darmuki, A. & Ahmad Hariyadi. 2019. Eksperimentasi Model Pembelajaran Jucama Ditinjau Dari Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Berbicara Di Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro. Kredo. 3(1), 62-72.
Darmuki, A. & Hidayati N.A. 2019. An Investigation of The Cooperative Learning Using Audio Visual Media in Speaking Skill Subject. ICSTI. 121-126.
Darmuki, A. & Hidayati, N.A. 2019. Peningkatan Kemampuan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe NHT pada Mahasiswa Tingkat I-A Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. Jurnal Pendidikan Edutama. Vol. 6(2), hlm 9-18.
Darmuki, A., Ahmad Hariyadi. 2019. Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mahasiswa PBSI Tingkat IB IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. Kredo. 2(2), 256-267.
Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. 2017. Cooperative, Synectics, and CTL Learning Models Toward Speaking Ability Viewd from Students Motivation. Proceeding International Conference on Intellectuals’Global Responsibility (ASSEHR). Vol. 125, 75-79.
Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. 2017. Evaluating Information-Processing-Based Learning Cooperative Model on Speaking Skill Course. Journal of Language Teaching and Reasearch. 8(1) pp. 44-51.
Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. 2018. The Development and Evaluation of Speaking Learning Model by Cooperative Approach. International Journal of Instruction. 11(2), 115-128.
Darmuki, A., Ahmad Hariyadi, Nur Alfin Hidayati. 2019. Developing Beach Ball Group Investigations Cooperative. International Conferences Seword Fresh, 1-7.
Elisa L., Hardiyanto & Yanti Fitria. 2019. Application of Learning Model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) To Increase Student Activity and Learning Outcomes In 2013 Curriculum Integrated Thematic Learning in Class IV SDN 06 Hand of Padang. International Journal of Educational Dynamics. 1(2),156 -162.
Hariyadi, A. & Darmuki, A. (2019). Prestasi dan Motivasi Belajar dengan Konsep Diri. Prosiding Seminar Nasional Penguatan Muatan Lokal Bahasa Daerah sebagai Pondasi Pendidikan Karakter Generasi Milenial. PGSD UMK 2019, 280-286.
Hardiyanti, I.G.A.D. dkk. 2013. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 2(4), 519-524.
Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.dan daya ingat yang kuat.
Meier, Dave. 2000. Accelerated Learning Handbook. Bandung: Kaifa.
Pujiastutik, H. (2016). Penerapan Model Pembelajaran AIR ( Auditory , Intellectualy , Repetition ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Belajar Pembelajaran Application of Learning Model AIR ( Auditory , Intellectualy , Repetition ) to Improve Student Learning. Proceding Biology Education Conference, 13(1), 515–518.
Rohmayati, A., N. Kurniasih & R. Y. Purwoko. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Dan Reciprocal Teaching Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis. FMIPA Universitas Muhammadiyah Purworejo, Purworejo.
Yennita, M. Rahmad, & Sugino. (2011). Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Auditory Intellectualy Repetition Dalam Pembelajaran Fisika. PMIPA FKIP Universitas Riau, Pekanbaru.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work