Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Kelas IV SDN 1 Kuta Kecamatan Pujut Lombok Tengah
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.9465Abstract
Penelitian ini menyelidiki dampak Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) terhadap minat baca siswa kelas IV di SDN 1 Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, menggunakan metode ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi terdiri dari 43 siswa kelas IV SDN 1 Kuta, dengan sampel uji coba 20 siswa kelas IVB SDN 2 Kuta. Data dikumpulkan melalui angket tertutup dan skala Likert 4, dengan uji validitas dan reliabilitas sebelum penelitian utama. Hasil menunjukkan distribusi normal (signifikansi uji normalitas 0,409) dan homogenitas data (signifikansi 0,296). Analisis deskriptif memperlihatkan rata-rata implementasi GLS 46,79 (standar deviasi 8,391) dan rata-rata minat baca siswa 67,98 (standar deviasi 8,134). Uji regresi linier sederhana mengungkapkan pengaruh signifikan GLS terhadap minat baca siswa, dengan nilai F 11,994 dan signifikansi 0,001. Koefisien determinasi (R²) 0,226 menunjukkan bahwa 22,6% variasi minat baca siswa dapat dijelaskan oleh GLS. Kesimpulannya, GLS memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat baca siswa kelas IV SDN 1 Kuta. Penelitian ini berkontribusi dalam memahami pentingnya program literasi di sekolah dasar untuk meningkatkan minat baca, dan diharapkan dapat menjadi acuan bagi pihak sekolah dan pemangku kebijakan dalam pengembangan program literasi yang lebih efektif.
Keywords:
Gerakan Literasi Sekolah, Minat Baca SiswaDownloads
References
Annisa, Rahma, dan Erwin Erwin. 2021. “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(5): 3660–67. doi:10.31004/basicedu.v5i5.1376.
Ashoumi, Hilyah, Prodi Pendidikan, Agama Islam, dan ( Pai. 2017. 1 PENDAYAGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MEMAKSIMALKAN KOMPETENSI PAI.
Azizah Muhtar, Nurul, Akhmad Nugraha, Rosarina Giyartini, dan Rosarina@upi Edu. 2020. 7 PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Pengembangan Media Pembelajaran IPA berbasis Information Communication and Technology (ICT). http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index.
Dosen, Herawati, Uin Ar-Raniry, dan Banda Aceh. 2018. Volume IV. Nomor 1. Januari-Juni MEMAHAMI PROSES BELAJAR ANAK.
Firdaus, Amanda Ramadhan, Yohana R U Sianturi, Tin Rustini, Pendidikan Guru, dan Sekolah Dasar. “Pengaruh Pemanfaatan Globe Sebagai Media dalam Pembelajaran IPS Sekolah Dasar.” Journal on Education 05(02): 3052–58.
Keguruan, Sekolah Tinggi, Ilmu Pendidikan, Jln Piere Tendean, Kota Bima, Nusa Tenggara Barat, Sekolah Menengah, dan Pertama Negeri. Peningkatan Prestasi Belajar Menggunakan Media Peta Dan Globe Pada Siswa SMPN 7 Kota Bima Peningkatan Prestasi Belajar Menggunakan Media Peta Dan Globe Pada Siswa SMPN 7 Kota Bima Erni Suryani.
Kustiawan, Drs Usep, dan M Sn. PENGEMBANGAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI ANAK USIA DINI. http://www.bookmart.co.id.
Al Mawaddah, Ashimatul Wardah, M Thamrin Hidayat, Siti M Amin, dan Sri Hartatik. 2021. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Daring di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(5): 3109–16. doi:10.31004/basicedu.v5i5.1288.
Melfianora, Ir, dan M Si. PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH DENGAN STUDI LITERATUR. http://banjirembun.blogspot.co.id/2012/04/penelitian-kepustakaan.html.
Padangsidimpuan Afridapane, Iain. 2017. “BELAJAR DAN PEMBELAJARAN Aprida Pane Muhammad Darwis Dasopang.” Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman 03(2).
Pendidikan Bahasa dan Sastra, Jurnal, Amalya Putri, Meutiah Khairani Harahap, Putri Husnul Khotimah Harahap, Tantri Adelia, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, dan Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Dalam Mengembangkan Minat Belajar Siswa di Sekolah. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPBAS/index.
Pengabdian, Jurnal, Kepada Masyarakat, Noor Indah Wulandari1, H Akhmad Hb2, Hj Endang Sulistyowati3, Novia Winda, Irni Cahyani, dan Ali Muhammad. “BATUAH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT Volume 1 Nomor 1 Mei 2021 PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN SERBANEKA BAGI GURU MIN 2 BANJAR KEC. ASTAMBUL KABUPATEN BANJAR KALIMANTAN SELATAN.”
Ramli Abstrak, M AR. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENURUT KONSEP TEKNOLOGI PEMBELAJARAN.
Sadriani, Andi, M Ridwan, Said Ahmad, dan Ibrahim Arifin. PROSIDING SEMINAR NASIONAL Peran Guru Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Era Digital. https://journal.unm.ac.id/index.php/Semnasdies62/index.
Santosa, Dwi Tri, dan Tawardjono Us. FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR DAN SOLUSI PENANGANAN PADA SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK SEPEDA MOTOR THE FACTORS CAUSING THE LOW LEARNING MOTIVATION AND THE SOLUTIONS AMONG GRADE XI STUDENTS OF THE MOTORCYCLE ENGINEERING DEPARTMENT.
Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ Website: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat E-ISSN: 2714-6286. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat.
Suaduon, Jogie, Pendidikan Teknologi, Dan Kejuruan, dan Dan Kejuruan Fakultas. 2012. FOTOGRAFI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN) (FOTOGRAFI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN) PROGRAM MAGISTER (S2) PROGRAM MAGISTER (S2.
Suandi. 2021. “Peningkatan Kemampuan Guru Menggunakan Globe melalui In House Training di SDN Banteng Keselet Tahun Pelajaran 2020/2021.” Jurnal Inovasi Penelitian. 2.
Suriansyah, Ahmad, Akhmad Riandy Agusta, Ratna Purwanti, Muhammad Adiattoni, dan Dewi Nurmala. 2023. 4 Journal of Education Research Pengembangan Media Gawi Manuntung untuk Meningkatkan Keterampilan Masyarakat 5.0 dan Karakter Waja Sampai Kaputing.
Teknologi, Jurnal Pendidikan, Dan Kejuruan, Taruna Iswara, dan Dan Rosnelli. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Roya Insani Pertiwi, Johan Mahyudi, Muhammad Erfan, Fitri Puji Astria

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work