Decision Making Career Mahasiswa Ditinjau dari Tingkat Pendidikan Orang Tua
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8908Abstract
Tingkat pendidikan merupakan faktor penting dalam decision making career mahasiswa karena interaksi anggota keluarga berdampak terhadap perkembangan aspirasi karier dan eksplorasi karier mahasiswa. Tingkat pendidikan orang tua dapat berpengaruh pada pemilihan karier mahasiswa karena orang tua dengan tingkat pendidikan tinggi cenderung memiliki harapan dan cita – cita yang tinggi terhadap mahasiswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji secara empirik decision making career mahasiswa ditinjau dari tingkat pendidikan orang tua. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan survey. Peneliti melakukan konstruksi alat ukur skala decision making career (24 aitem valid, α = 0,906) dan kuisioner tingkat pendidikan orang tua. Peneliti menggunakan uji komparatif analysis of varians satu arah (one-way anova) dan melakukan uji normalitas dan uji homogenitas sebelumnya. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian adalah purposive sampling dengan kriteria subjek penelitian merupakan mahasiswa/i anggota IMAPRES (Ikatan Mahasiswa Berprestasi) Kabupaten Wonogiri dengan populasi 818 mahasiswa. Pengambilan data dilakukan secara online dengan menggunakan website google formulir kepada 230 responden anggota IMAPRES. Hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima dengan nilai signifikansi pendidikan Ayah sebesar 0,001 dan nilai signifikansi pendidikan Ibu sebesar 0,000 (p<0,05) yang berarti semakin kompleks decision making career mahasiswa sejalan dengan semakin tinggi tingkat pendidikan orang tua.
Keywords:
Tingkat Pendidikan Orang, Tua, Pengambilan Keputusan Karier, Mahasiswa BerprestasiDownloads
References
Anjelika, T., Kurniawan, R., & Padang, U. N. (2024). O f a h. 4, 1286–1293.
Annisah, Agustina, D., Aprida, M., Febrian, A., Haryanto, M., & Sukatin. (2023). Penguatan Pendidikan Pancasila dan Karakter Bangsa. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 2, 566–572.
Ashby, & Schoon. (2010). The role of aspirations, ambition and gender in predicting adult social status and earnings. 3, 350–360.
Cahyani, S. D., & Putranta, M. P. (2015). Pemilihan Karier pada Mahasiswa Berdasarkan Latar Belakang Orang Tua (Studi pada Mahasiswa di Universitas Atma Jaya Yogyakarta). 1–15.
Chairiah, M. N., Rohaeti, E. E., & Fatimah, S. (2020). Pengambilan Keputusan Karier Siswa Cerdas Istimewa Bakat Istimewa (Cibi). FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 3(2), 72. https://doi.org/10.22460/fokus.v3i2.5040
Diani, F. U., Dewi, R., & Amalia, I. (2021). Pengambilan Keputusan Orang Tua dalam Pemilihan Sekolah Bagi Anak. 4(1), 47–60.
Domenico, D. M., & Jones, K. H. (2015). Career Aspirations of Women in the 20th Century Career Aspirations of Women in the 20th Century. January 2006. https://doi.org/10.21061/jcte.v22i2.430
Fauzia, J. H., & Kurniawati, F. (2020). Efektivitas Program Pelatihan Penetapan Tujuan pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 11(1), 1. https://doi.org/10.26740/jptt.v11n1.p1-16
H, W., & CK, A. (2016). Hubungan antara Tingkat Pendidikan Ibu dengan Perkembangan Balita Usia 3-5 Tahun. 7(2), 27–31.
Istiyati, S., Nuzuliana, R., Shalihah, M., & Kunci, K. (2020). Gambaran Peran Ayah dalam Pengasuhan The Discription Of Father ’ s Role In Caring The Children. 17(2), 12–19.
Manoppo, A. J., & Bolung, F. I. (2019). Tingkat Pendidikan dan Pendapatan Orang Tua pada Prestasi Akademik.
Mardlia, D. (2021). Pengambilan Keputusan Karir. 1–8.
Ningsih, Y. S. (2022). Dominasi Ayah atau Ibu? Analisis Peranan Orang Tua dalam Pendidikan Anak di Lingkungan Keluarga. 4, 77–98.
Obot, I. M., Okon, A., & Bekomson, A. N. (2020). Parental Level of Education and Students ’ Career Aspiration : Philosophical Contributions for Education towards Learners ’ Skills for Autonomy in Decision Making. July.
Olla, Y., & Abdullah, S. M. (2021). Peran Orientasi Karier dan Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Career Decision Making Siswa. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 10(2), 143. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v10i2.5696
Puspytasari, H. H. (2022). Peran Keluarga dalam Pendidikan Karakter bagi Anak. 6(1), 1–10.
Rahayu, V. D., Afriza, E. F., & Aisyah, I. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Indeks Pendidikan di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015-2021. 2(2), 137–149.
Saharia. (2019). Pengaruh Pendidikan Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Bidang Studi Bahasa Indonesia Kelas X Smkn 2 Enrekang Kabupaten Enrekang. In Journal of Controlled Release (Vol. 11, Issue 2).
Saleem, N., Ahmad, M., & Irfan, H. (2014). Career Selection : Role of Parent ’ s Profession , Mass Media and Personal Choice Career Selection : Role of Parent ’ s Profession , Mass Media and Personal Choice. January.
Sawitri, D. R., Creed, P. A., & Zimmer-Gembeck, M. J. (2014). Parental influences and adolescent career behaviours in a collectivist cultural setting. International Journal for Educational and Vocational Guidance, 14(2), 161–180. https://doi.org/10.1007/s10775-013-9247-x
Setiawan, I., & Nusantoro, E. (2020). Hubungan Antara Kemandirian Dan Konformitas Terhadap Pengambilan Keputusan Karir Mahasiswa Semester 5 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang Tahun 2019. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 104. https://doi.org/10.22373/je.v6i2.6418
Trisnowati, E. (2017). Pengaruh tingkat pendidikan formal orang tua terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi bimbingan dan konseling IKIP-PGRI Pontianak tahun akademik 2014 / 2015 Eli Trisnowati. 3, 30–36.
Ulfiani, F. (2020). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IX SMP Gandasari Kota Tanngerang. JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasisw Pendidikan Islam, 01(01), 104–131. https://www.e-journal.stit-islamic-village.ac.id/jm2pi/article/view/73
Wibasari, D. F., & Kustanti, E. R. (2023). Hubungan antara Dukungan Sosial Orang Tua dengan Jakarta. 12, 475–481.
Yayan, A., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Mnusia. 1, 66–72.
Zamroni, E. (2016). Urgensi Career Decision Making Skills Dalam Penentuan Arah Peminatan Peserta Didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), 140–152. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i2.700
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Eva Heldayaningsih, Ayatullah Kutub Hardew

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work