Resolusi Manajemen Konflik Dalam Meningkatkan Hubungan Guru-Siswa di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.8261Abstract
Penelitian ini menjelaskan tentang resolusi manajemen konflik dalam meningkatkan hubungan guru dan siswa di SMP Negeri 1 Paiton. Resolusi atau stategi- strategi merupakan hal yang penting untuk mengatasi konflik antara guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian lapangan. Data yang ada diperoleh dengan cara observasi dan wawancara. Informan dalam penelitian ini diperoleh dengan Teknik purposive sampling, kemudian mendapatkan 10 informan. Yaitu guru di SMP Negeri 1 Paiton. Hasil penelitian diperoleh beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya konflik guru- dan siwa. Yang menjadi faktor utama yaitu kurangnya komunikasi yang baik antara guru dan siswa. Kemudian diperoleh hasil penelitian berupa Upaya atau resolusi dan strategi untuk meningkatkan hubungan guru dan siswa yaitu dengan mengadakan komunikasi terbuka, menerapkan pembelajaran yang interkatif serta melibatkan orang tua untuk membahas perkembangan siswa dan mencari Solusi bermasa atas konflik yang terjadi.
Keywords:
guru, manajemen konflik, resolusi, siswaDownloads
References
Alwi, M., & Nugraha, M. S. (2023). Kepemimpinan Transformasional Dalam Manajemen Konflik (Studi Kasus MTs Al-Istiqomah Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi). Jurnal Publikasi Sistem Informasi Dan Manajemen Bisnis (JUPSIM), 2(2).
Anabilla, R. P., Rahmah, N., Fitriyani, N., & Aisyah, S. (2024). Implementasi Resolusi Konflik Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Lembaga Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(2), 109–119.
Asmarani, D., Ismawati, Susanto, B., & Mu’ Alimin. (2022). Implementasi Manajemen Konflik Dalam Meningkatkan Produktivitas Sekolah Di Mas Masyithah Jember. Jurnal Riset Rumpun Agama dan Filsafat (JURRAFI), 1(2), 74-82. e-ISSN: 2828-6820; p-ISSN: 2828-6944.
Aziwantoro, J. (2021). Analisis Implementasi Manajemen Konflik, Manajemen Stres Dan Manajemen Waktu Dalam Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Bening, 8(2).
Fauzi, R. (2022). Manajemen Konflik Dan Cara Penanganan Konflik Dalam Organisasi Sekolah Madrasah Aliyah Miftahul Ulum. Tarbiya Islamica, 10(1), 59–69.
Junaedi. (2023). Efektivitas Kompetensi Sosial Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SD Negeri Cijulang. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(2), April 2023. P-ISSN: 2774-8014; E-ISSN: 2774-7034.
Karisma, et al. (2023). Implementasi Manajemen Konflik Dalam Mengatasi Pelanggaran Tata Tertib Sekolah. ALIGNMENT: Journal of Administration and Educational Management, 6(2), Juli–Desember 2023. e-ISSN: 2598-5159; p-ISSN: 2598-0742. DOI: 10.31539/alignment.v6i2.6010
Kholifah, Y. B. (2019). Manajemen Konflik Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Piwulang, 2(1).
Legi, et al. (2023). Manajemen Konflik Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Era Digital. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), Juni 2023. ISSN: 2829-7466 (Print); ISSN: 2829-632X (Electronic). Open Access: https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/index
Nasrudin, A. H., Unsa, F. F., Aini, F. N., Arifin, I., & Adha, M. A. (2021). Manajemen Konflik Dan Cara Penanganan Konflik Dalam Organisasi Sekolah. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(1), 1–18.
Putri, P. K. (2022). Manajemen Konflik dan Resolusi Konflik: Sebuah Pendekatan Terhadap Perdamaian. Papua Journal of Diplomacy and International Relations, 2(1), 16–34. https://doi.org/10.31957/pjdir.v2i1.1945
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RND (Cetakan ke-4). Bandung: Alfabeta.
Wibowo, A. (2022). Desertasi Pengembangan Model Manajemen Konflik berbasis profetik di SMA Swasta di Kota Metro Provinsi Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Zohriah, et al. (2023). Implementasi Strategi Manajemen Konflik Untuk Mencegah Kekerasan Di Sekolah. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(1), 17-37. P-ISSN: 2774-5058; E-ISSN: 2775-7269. DOI: 10.47467/eduinovasi.v4.i1.4059
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Firdausa Widiasari, Fatimatus Zahro, Abu Hasan Agus R

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work