Pengembangan Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8333Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media flashcard untuk meningkatkan kemampaun membaca permulaan peserta didik kelas I sekolah dasar yang efektif dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Reserch and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE, yang meliputi lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas I sekolah dasar yang berjumlah 21 siswa. Proses pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar validasi, lembar efektivitas pembelajaran, lembar pretest dan posttest, dan lembar angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kelayakan, keefektifan, dan kepraktisan. Hasil yang diperoleh dari aspek kelayakan berdasarkan validasi media menunjukkan persentase 66,66%, validasi bahasa Indonesia 79.54% dan validasi materi menunjukkan 81,25%.). Perolehan hasil kepraktisan berdasarkan angket pendidik dan peserta didik, masing-masing menunjukkan persentase 90,625% dan 92,5%. Hasil keefektifan berdasarkan perolehan hasil pretes dan posttest pada peserta didik menunjukan hasil yang homogen pada t-test nilai signifikan 0,557 dan hasil Uji T menunjukan nilai sig.(2 tailed) sebesar 0.000. Berdasarkan data yang telah diperoleh di atas maka produk flashcard dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran.
Keywords:
pengembangan, flashcard, kemampuan membaca permulaanDownloads
References
Aba, L. (2019). Flashcards as A Media in Teaching English Vocabulary. AL-Lisan: Jurnal Bahasa (e-Journal), 4(2), 170-179.
Airasian P.W., Mills G. dan Gay, L. (2012). Educational Research: Competencies for Analysis and Application. USA: Pearson Education.
Alvita, A., & Airlanda, G. S. (2021). Pengembangan flashcard untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan pada siswa kelas I mata pelajaran bahasa inggris di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5712-5721.
Andreas, S. (2018). PISA 2018, Insight and Interpretations. Organization of Economic Co-operation and development (OECD). OECD.org.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Damayanti, Elsa, Yunus, Sitti Rahma, & Sudarto. 2016. Pengembangan Media Visual Flash Card pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya. Jurnal Sainsmat, 5 (2): 175-182.
Dick, W., & Carey, L. (1996). The Systematic Design of Instruction (4th ed.). New York: Harper Collins.
Dony, P. M. T., Indarti, T., & Subrata, H. (2022). Pengembangan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8992-9006.
Herlina, H., & Dewi, R. R. (2017). Flashcard media: The media for developing students understanding for english vocabulary at elementary school. Ijer-Indonesian Journal of Educational Review, 4(1), 116-128.
Ibrahim, Adi. Alang, A.H. dkk. (2018). Metodologi Penelitian. Gunadarma Ilmu.
Mawarni, E. Y. (2021). Pengembangan Media Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa,(R&D) di Kelas I SDN Blukbuk I Kabupaten Tangerang (Doctoral dissertation, UIN SMH BANTEN).
Muammar. (2020). Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Mataram: Sanabil
Mulyati, D., & Nugrahani, F. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan Berbasis Media Flash Card Variatif Untuk Sekolah Dasar. Stilistika: Kajian Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 5(1).
Pranowo, G. (2021). Pengembangan Media Flash Cards untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 129-139.
Rahmasari, B. S. (2016). The Use Of Flashcards In Teaching Vocabulary At Fourth Grade Students Of SDN Sukosari 02 Dagangan Madiun. Jurnal Pendidikan Edutama, 3(1), 1-10.
Razaq, Y. (2022). The Use of Flashcards to Improve Students’ Vocabulary Achievement. ETDC: Indonesian Journal of Research and Educational Review, 1(2), 145-151.
Richey, Rita C. Klein. (2007). Design and Development Research. London: Lawrence Erlbaum Associates. Inc.
Rumidjan, R., Sumanto, S., & Badawi, A. (2017). Pengembangan media kartu kata untuk melatih keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 62-68.
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendidikan) (M. . Dr. Apri Nuryanto, S.Pd., S.T. (Ed.); 1st Ed.). Alfabeta, Cv.
Sukmadinata, N. S. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sukma, N., & Gunansyah, G. PENGEMBANGAN MEDIA BOARD GAME INTERAKTIF JELAJAH NUSANTARA BERBANTUAN FLASHCARD UNTUK KELAS V SD.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wahyuni, S. (2020). Penerapan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 9.
Widoyoko, Eko Putro. 2015. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Indah Rofiatun, Gamaliel Septian Airlanda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work