Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.7839Abstract
Pendidikan agama Kristen tidak hanya bertujuan untuk mentransfer pengetahuan tentang doktrin keagamaan, tetapi juga memiliki cakupan yang lebih luas dalam pembentukan individu. Tujuan utamanya adalah untuk menciptakan keseimbangan yang menyeluruh antara aspek fisik, mental, kerohanian, dan sosial di dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menekankan nilai-nilai moral dan etika Kristiani, pendidikan agama Kristen mempersiapkan individu untuk menghadapi berbagai situasi dalam kehidupan dengan integritas dan tanggung jawab. Melalui metode kualitatif, penelitian ini menyoroti pentingnya pendidikan agama Kristen dalam membentuk karakter yang bertanggung jawab dan memiliki moral yang baik. Guru pendidikan agama Kristen memainkan peran penting dalam proses ini. Mereka tidak hanya menjadi sumber pengetahuan, tetapi juga menjadi teladan moral dan rohani bagi para peserta didik. Dengan mendidik tentang nilai-nilai Kristiani dan memberikan bimbingan kerohanian, guru pendidikan agama Kristen dapat membantu peserta didik memahami dan menerapkan prinsip-prinsip tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendidikan agama Kristen bukan hanya tentang pengetahuan agama, tetapi juga tentang pembentukan karakter. Ini adalah proses yang utuh yang membantu individu memperkuat keterampilan moral, etika, dan kerohanian mereka. Dengan demikian, pendidikan agama Kristen berperan sebagai dasar bagi individu untuk hidup sesuai dengan nilai-nilai Kristiani, mendorong mereka untuk menjadi pribadi yang berkarakter, serta berkomitmen melakukan kebaikan dalam masyarakat.
Keywords:
Guru, Pendidikan Agama Kristen, KarakterDownloads
References
Arifianto, Y. A. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Etis-Teologis Mengatasi Dekadensi Moral Di Tengah Era Disrupsi. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 6(1), 45-59.
Arifin, B. S. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter.
Arifin, S. (2018). Penanaman karakter islami melalui program hafalan takhasus di sd negeri 3 gondanglegi kulon tahun ajaran 2017/2018. RAHMATAN LIL ALAMIN: Journal of Peace Education and Islamic Studies, 1(1), 45-45.
Detiknews. (2018). Viral Guru Di-bully Murid, Sekolah akan Perkuat Pendidikan Karakter. Diakses pada 3 Mei 2023 dari https://news.detik.com/berita/d-4299012/viral-guru-di-bully-murid-sekolah-akan-perkuat-pendidikan-karakter
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.
Fransisca, L., & Ajisuksmo, C. R. (2015). Keterkaitan antara moral knowing, moral feeling, dan moral behavior pada empat kompetensi dasar guru. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 45(2).
Imeldawati, T., Tarigan, B., & Manalu, J. C. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Menurut Injil Matius 18: 6-11 Dan Hubungannya Dengan Upaya Guru Dalam Membimbing Rohani Siswa/i SMA Negeri 1 Kotapinang. KERUGMA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 4(1), 19-29.
Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-9.
Jeyral, M. G., Kasingku, J. D., & Warouw, W. N. (2023). Pentingnya pendidikan disiplin dalam membentuk karakter orang muda. Journal on Education, 6(1), 5910-5917.
Kandiri, K., & Arfandi, A. (2021). Guru Sebagai Model Dan Teladan Dalam Meningkatkan Moralitas Siswa. Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 6(1), 1-8.
Kasingku, J. D., & Sasarari, F. N. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Pembimbing Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 6(5), 1520-1527.
Kasingku, J., & Sanger, A. H. F. (2023). Pengaruh pendidikan karakter terhadap moralitas remaja di era digital. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 6096-6110.
KBBI, (2024). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online, diakses tanggal 5 Maret 2024)
Mau, M. (2022). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membimbing Kepribadian Peserta Didik Di SMK Negeri 1 Parindu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 01-15
Magelang Kemenag (2023). Guru Pendidikan Agama Kristen Bertugas Mengenalkan Kasih Sayang Tuhan. Diakses dari https://magelang.kemenag.go.id/guru-pendidikan-agama-kristen-bertugas-mengenalkan-kasih-sayang-tuhan/ pada 17 September 2023
Marampa, E. R. (2021). Peran Orangtua Dan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Kerohanian Peserta Didik. SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 2(2), 100-115.
Mega, M., Fernando, A., & Saragih, T. P. (2022). Paradigma Pendidikan Agama Kristen Terhadap Etis Dan Norma Guru Sebagai Teladan Pendidik. Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen), 4(1), 71-82.
Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen pendidikan karakter. Bumi Aksara.
Napratilora, M., Mardiah, M., & Lisa, H. (2021). Peran Guru Sebagai Teladan Dalam Implementasi Nilai Pendidikan Karakter. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 34-47.
Padmawati, S., & Sari, D. N. (2019). Modul Pendidikan Agama Kristen - 1 . STT Sangkakala.
Pardede, R. T., Marpaung, R., Laoli, R. Y., Naibaho, R., & Naibaho, D. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Kristen sebagai Teladan Dalam Membentuk Karakter Siswa Yang Unggul dan memiliki Spiritualitas Kristen. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(2), 11221-11230.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915
Ramdhani, M. A. (2014). Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. Jurnal pendidikan universitas garut, 8(1), 28-37.
Rismawaty, S. (2022). Pendidikan Agama Kristen Terhadap Terbentuknya Nilai-Nilai Iman Kristiani. Cv. Azka Pustaka.
Sahartian, S. (2018). Pemahaman Guru Pendidikan Agama Kristen Tentang II Timotius 3: 10 Terhadap Peningkatan Kecerdasan Spiritual Anak Didik. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika, 1(2), 146-172.
Saidah, U. H. (2016). Pengantar Pendidikan: Telaah Pendidikan Secara Global dan Nasional.
Samosir, R. (2019). Guru Pendidikan Agama Kristen Yang Profesional. JURNAL PIONIR, 5(3).
Simanjutak, A. (2022). Peran Orangtua Dan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter Rohani Siswa Di SMP Negeri 2 Taman Sidoarjo Jawa Timur. Jurnal Teologi & Pelayanan Kerusso, 7(1), 27-38.
Suharni, S. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172-184.
Sunarko, A. S. (2020). Implikasi Keteladanan Yesus Sebagai Pengajar Bagi Pendidikan Kristen Yang Efektif Di Masa Kini. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 5(2), 118-131.
Telaumbanua, A. (2020). Profesionalisme Guru Agama Kristen dalam Membina Jemaat. ILLUMINATE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, 3(1), 12-24.
Telaumbanua, A. (2020). Profil Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Pemimpin Yang Melayai. Jurnal Teruna Bhakti, 3(1), 48-61.
Triposa, R., Arifianto, Y. A., & Hendrilia, Y. (2021). Peran Guru PAK sebagai Teladan dalam Meningkatkan Kerohanian dan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK), 1(2), 124-143.
Tubulau, I. (2020). Kajian Teoritis Tentang Konsep Ruang Lingkup Kurikulum Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 2(1), 27-38.
Utomo, B. S. (2017). (R) Evolusi Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Mentransformasi Kehidupan Siswa. DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, 1(2), 102-116.
Utomo, B. S. (2023). Prinsip Integritas Guru Pendidikan Agama Kristen Menurut 1 Timotius 4: 16. Skenoo: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 3(1), 54-67.
Wardhani, N. W., & Wahono, M. (2017). Keteladanan Guru Sebagai Penguat Proses Pendidikan Karakter. Untirta Civic Education Journal, 2(1).
Wijayanto. N (2023). Ganjar Tekankan Pentingnya Pendidikan Karakter Wujudkan Indonesia Emas 2045. Diakses dari https://ekbis.sindonews.com/read/1166499/34/ganjar-tekankan-pentingnya-pendidikan-karakter-wujudkan-indonesia-emas-2045-1690981699 pada 17 September 2023
Yunarti, Y. (2017). Pendidikan kearah pembentukan karakter. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(02), 262-278.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Juwinner Dedy Kasingku, Mareike Seska Diana Lotulung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work