Manajemen Strategi Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Budaya Religius Untuk Membentuk Karakter Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6304Abstract
Pendidikan memainkan peran penting dalam pembentukan karakter dan nilai-nilai religius pada peserta didik di lembaga pendidikan. Fokus artikel ini adalah untuk memahami manajemen strategi kepala madrasah dalam mengembangkan budaya religius untuk membentuk karakter siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, menggabungkan data dari survei, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menyoroti manajemen strategi yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam pengembangan budaya religius, penggunaan simbol-simbol keagamaan, serta kegiatan keagamaan yang rutin dilakukan seperti sholat berjamaah, pembacaan al-Qur'an, doa bersama, dan lainnya. Karakter religius peserta didik dijelaskan dalam konteks kegiatan dan norma keagamaan yang diadopsi oleh Madrasah Aliyah Burhanul Abrar, termasuk aspek senyum, salam, doa, pembacaan al-Qur'an, sholat, dan kegiatan ekstrakurikuler yang berbasis agama. Penelitian ini menunjukkan bahwa kepala madrasah memiliki peran signifikan dalam membentuk karakter religius siswa dengan memberikan dedikasi maksimal dalam memandu serta mengikuti kegiatan keagamaan bersama siswa. Pembiasaan karakter menjadi strategi penting dalam memperkuat budaya religius yang diterapkan secara berulang-ulang, yang bertujuan untuk membentuk kecerdasan emosi dan membawa dampak positif pada peserta didik. Kesimpulannya, manajemen strategi kepala madrasah berperan dalam mengembangkan budaya religius sebagai bagian integral dari proses pembentukan karakter siswa. Pembiasaan rutin nilai-nilai keagamaan dan penggunaan simbol-simbol keagamaan menjadi elemen penting dalam membentuk budaya religius yang kuat di Madrasah Aliyah Burhanul Abrar.
Keywords:
Manajemen Strategi Kepala Madrasah, Budaya ReligiusDownloads
References
Arif, W. (2020). Strategi Kepala Madrasah Dalam Pembinaan Budaya Religius. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 5(1), 69–78. https://doi.org/10.24256/kelola.v5i1.1414
Azizah, Muchlich, & Saputro. (2022). Strategi Kepala Madrasah Dalam Menumbuhkan Budaya Religius DI Madrasah Ibtidaiyah. Tarbawi: Journal On Islamic Education, 6(2), 85–97.
Malla, H. A. B., Yusuf, K., Sapsuha, M. T., & Misnah, M. (2020). Paradigma Kepemimpinan Transformatif Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Karakter Religius dan Sosial SiswaIn Al-Ta lim Journal (Vol. 26, Issue 3, pp. 298–308). https://doi.org/10.15548/jt.v26i3.581
Marzuki, M. H., & Imron, A. (2023). Strategi Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Keagamaan. Prosiding Dan Seminar Nasional Pascasarjana UIT Lirboyo Kediri, 2(January), 978–979.
Mei, N. (2023). Jurnal Faidatuna DOI : https://doi.org/10.53958/ft.v4i2.219 Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Karakter Peserta Didik di Ma Al-Anwar Bunder Pancoran Bondowoso Qoidul Khoir Ainur Rofiq A . PENDAHULUAN Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana un. 4(2).
Muhammad Ainul Yaqin (2017) Penguatan Karakter Religius Berbasis Kegiatan Ekstrakurikuler Furudh Al 'Ainiyah Pada Siswa SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo
Mushthofa, A., Muqowin, M., & Dinana, A. (2022). Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Di SMK Cendekia Madiun. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), 72–87. https://doi.org/10.24246/j.jk.2022.v9.i1.p72-87
Muslim, Yusri, Y., Syafaruddin, Syukri, M., & Wismanto. (2023). Manajemen Kepala Madrasah Dasar Islam dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Religius di Era Disrupsi ( Studi kasus di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru ). Journal of Education, 05(03), 10192–10204.
Nadialista Kurniawan, R. A. (2021).Penguatan Karakter Religius Berbasis Budaya Madrasah di SD Muhammadiyah 4 Batu http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288
Pascasarjana, M. P., & Demak, K. (2023). Pengembangan Model Evaluasi Pendidikan Karakter Pendahuluan yang bertujuan membantu peserta didik sebagai proses penyadaran , pencerdasan , cerdas sekaligus baik . 19(2), 160–175.
Qusyaeri, A., & Rozikin, H. K. (2022). Strategi Kepala Madrasah Dalam Pembentukan Budaya Religius di MA Ma’arif 1 Jombang. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 2(2), 163–172. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v2i2.574
Rohmawati, A., & Supiana, S. (2021). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Menanamkan Karakter Religius Peserta Didik. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 6(2), 187–198. https://doi.org/10.15575/isema.v6i2.5969
Shinta, M., & Ain, S. Q. (2021). Strategi Madrasah Dalam Membentuk Karakter Siswa di Madrasah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4045–4052. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1507
Siswanto, H. (2018). Pentingnya Pengembangan Budaya Religius di Madrasah. Madinah: Jurnal Studi Islam, 5(1), 73–84. http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/madinah/article/view/1422
Suyitno. (2018). Strategi Pembentukan Budaya Religius Untuk Meningkatkan Karakter Islami di Madrasah Dasar Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 10(2), 191–204.
Tajudin, A., & Aprilianto, A. (2020). Strategi Kepala Madrasah..dalam Membangun Budaya Religius Peserta Didik. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 101–110. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i2.34
Umami, F. (2023). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Di Smpn 1 Rancabungur Article History. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Tahun, 1(1), 1–21.
Wening, M. H., & Hasanah, E. (2020). Strategi Pengembangan Budaya Agama untuk Membentuk Karakter Siswa
Yelvita, F. S. (2022). Implementasi Budaya Madrasah dalam Membentuk Karakter Religius Kelas VI di SD IT Muhammadiyah Rawalo Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Ainul Yaqin, Sholehudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work