PEMBELAJARAN SHALAT JAMAK DAN QASHAR DENGAN METODE DEMONSTRASI DAN EKSPERIMEN DI KELAS VIIC SMPN 1 SURANENGGALA
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.628Abstract
Masalah yang dihadapi guru adalah masih kurangnya kemampuan siswa dalam menjelaskan pengertian shalat jamak dan qashar serta sebab-sebabnya, kemampuan dalam menjelaskan shalat-shalat yang boleh dijamak dan diqashar, kemampuan siswa dalam mempraktekkan shalat jamak taqdim dan takhir. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VIIC SMPN 1 Suranenggala Kabupaten Cirebon dalam memahami mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti tentang “Shalat Jamak dan Qashar” dengan penerapan Metode Demonstrasi dan Eksperimen, sehingga pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti menjadi lebih menyenangkan dan menimbulkan kreatifitas. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan pada kelas VIIC SMP Negeri 1 Suranenggala Cirebon. Kegiatan dilakukan sebanyak dua siklus tindakan. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat dari mulai mulai pra test hingga siklus terakhir. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Metode Demonstrasi dan Eksperimen dapat Meningkatkan Pemahaman siswa dalam belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada materi “Shalat jamak dan Qashar” di Kelas VIIC SMP Negeri 1 Suranenggala Kabupaten Cirebon
Keywords:
Hasil belajar, Metode Demonstrasi, EksperimenDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work