Inovasi Pembelajaran Dengan Media Berbasis Prezi Untuk Meningkatkan Minat Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6223Abstract
Pendidikan di Indonesia menghadapi tantangan untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif, terutama dalam mata pelajaran Studi Kebudayaan Islam (SKI). Artikel ini membahas inovasi pembelajaran menggunakan media berbasis Prezi di MA Al Mustofawiyah Karangtengah. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang pelaksanaan inovasi tersebut. Melalui wawancara dengan guru, kepala sekolah, dan siswa, hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan Prezi dalam pembelajaran SKI berhasil meningkatkan minat siswa. Langkah-langkah pelaksanaan melibatkan identifikasi kebutuhan dan tujuan pembelajaran, perencanaan presentasi Prezi, dan pengenalan media Prezi kepada siswa. Guru dan kepala sekolah memberikan dukungan penuh terhadap inovasi ini, meskipun terdapat kendala teknis seperti keterbatasan perangkat dan konektivitas internet. Namun, penggunaan Prezi memungkinkan partisipasi siswa yang aktif, meningkatkan fokus, dan pemahaman mereka terhadap materi SKI. Hasil observasi menunjukkan bahwa Prezi menciptakan pembelajaran yang menarik, dinamis, dan interaktif. Siswa merasa lebih tertarik dan antusias dalam pembelajaran SKI, terutama dengan penggunaan elemen multimedia seperti gambar, video, dan audio. Dukungan penuh dari kepala sekolah menjadi kunci keberhasilan inovasi ini. Meskipun terdapat kendala teknis, implementasi yang berkelanjutan dan pelatihan terus-menerus bagi guru diperlukan untuk memaksimalkan potensi Prezi dalam pembelajaran SKI. Kesimpulannya, penggunaan Prezi dalam pembelajaran SKI efektif meningkatkan minat siswa, memperkuat partisipasi, dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif.
Keywords:
Studi Kebudayaan Islam, minat siswa, pembelajaran berbasis mediaDownloads
References
Alviyaturrohmah, A., Saluky, S., & Muchyidin, A. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dengan Software Prezi Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa. ITEj (Information Technology Engineering Journals), 2(1), 11-18.
Dwi, M., Hasanah, A., Muslim, U., & Al-Washliyah, N. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Prezi terhadap Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas IV UPTD SDN 12 Tanah Tinggi. Jurnal Handayni, 12(2), 17–25.
Halizah, N., Partha, M. N., & ... (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Prezi Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMA Negeri 15 Samarinda. … Jurnal Pendidikan Geografi, 3, 70–79. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/geoedusains/article/view/1506%0Ahttps://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/geoedusains/article/download/1506/1145
Hawra, D., Sopyan, M., & Marfuah, S. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Prezi Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas XI MIA SMA Negeri 2 Tenggarong. LANGGONG, 1(2), 56–73.
Karim, M., & Agung, Y. A. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis prezi pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika kelas xi di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 7(2), 143-149.
Kasim, A., Masrianah, M., & ... (2020). Pengaruh Media Prezi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMAN 4 Palu. Seminar Nasional Biologi “Inovasi Penelitian Dan Pendidikan Biologi III (IP2B III) 2019, Ip2b Iii, 58–64. https://semnasbiologi.conference.unesa.ac.id/ocs/index.php/semnasbio/IP2BIII/paper/view/189
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Musdalifah, M., Irwan, I., & Simaremare, T. P. (2022). Pengaruh Lembar Kerja Siswa Menggunakan Software Prezi Terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran PPKn Kelas VIII Smpn 30 Muaro Jambi. Civic Education Perspective Journal, 2(1), 13-22.
Ramadhani, T. D. (2021). Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Prezi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ips Di Smpn 19 Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.
Ramli, A., Rahmatullah, R., Inanna, I., & Dangnga, T. (2018). Peran media dalam meningkatkan efektivitas belajar. Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makassar, 5-7.
Rosadi, A., Mariah, E. Y., & Jimatul Arrobi. (2021). Pengaruh Bimbingan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Jurnal Jendela Pendidikan, 01, 119–125.
Rusyfian, Z. (2016). Prezi Solusi Presentasi Masa Kini. Informatika Bandung.
Saputra, I. P. W. (2011). The Zooming Presentations. Elex Media Komputindo.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. PT Rineka Cipta.
Solehudin, T. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Prezi Berbasis Cloud Pada Materi PAI Bahasan Abbasiyah: Studi Kasus di SMPN 1 Cibungbulang. Computer Based Information System Journal, 7(2), 1-9.
Widyastuti, D., Kartini, T., & Kantun, S. (2020). Penggunaan Media Prezi Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang (Studi Kasus Pada Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2018/2019). Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 14(1), 171. https://doi.org/10.19184/jpe.v14i1.11689
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Adah Aliyah, Bambang Qomaruzzaman, Qiqi Yuliati Zaqiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work