Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Kemandirian Pada Anak Usia 5 -6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5140Abstract
Orang tua merupakan cerminan yang bisa dilihat dan ditiru oleh anak-anaknya dalam keluarga. Oleh karena itu, pengasuhan anak merupakan serangkaian kewajiban yang harus dilaksanakan oleh orang tua. Di sinilah peran orang tua ditantang untuk mampu membentuk kemandirian anak dalam kapasitas agar anak dapat tumbuh dan berkembang sebaik-baiknya. Sikap penting yang seharusnya dikembangkan oleh orang tua untuk pembentukan kemandirian adalah memberi kesempatan yang luas kepada anak untuk berkembang dan berproses. Untuk mengembangkan kemandirian anak dengan cara memberikan kepercayaan pada anak, kebiasaan dengan memberikan kebiasaan yang baik kepada anak sesuai dengan usia dan tingkat perkembangannya, misalnya membuang sampah pada tempatnya, melayani dirinya sendiri, mencuci tangan. Di sini peran orang tua dalam pembentukan kemandirian yaitu dengan memberikan kesempatan kepada anak dengan secara terus-menerus, dibangun dan dikembangkan agar proses pembentukan kemandirian akan menghasilkan generasi yang diharapkan. Pentingnya pembentukan kemandirian pada anak usia dini dapat menumbuhkan kebiasaan - kebiasaan yang dapat dikerjakan sendiri pada anak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan serta mengungkap fakta sebenarnya yang terjadi di tempat penelitian dan studi kasus pada anak usia 5-6 tahun dan subyek penelitian hanya 5 anak yang terdiri 4 anak perempuan dan 1 anak laki – laki. yang berada di TK Islam Mutia 4 yang berlokasi di Jalan Fajar Baru III Rt 002 Rw 008, Cengkareng Timur Jakarta Barat. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Februari 2023. Cara mengumpulkan datanya diproses melalui penggunaan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.
Keywords:
Orang tua, Kemandirian, Anak Usia DiniDownloads
References
Asmanita, M. (2019). Peran Orang Tua Dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini Di Desa Tanjung Berugo Kecamatan Lembah Masurai Kabupaten Merangin. Repository Uin Jambi, 8–11.
Curtis, A. (2020). Play and the learning environment. A Curriculum for the Pre-School Child, 114–130. https://doi.org/10.4324/9780203131763-14
Dewi, T. A., & Widyasari, C. (2022). Keterlibatan Orang Tua dalam Mengembangkan Karakter Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5691–5701. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3121
Khotimah, K., & Zulkarnaen, Z. (2023). Peran Orang Tua dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 587–599. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3832
Mutmainah, N., Ahyani, H., & Hapidin, A. (2022). Peran Orang Tua Dalam Membentuk Sikap Mandiri Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19. Aulada : Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 3(2), 197–209. https://doi.org/10.31538/aulada.v3i2.1791
Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Analisis Literasi Digital Calon Guru Sd Dalam Pembelajaran Berbasis Virtual Classroom Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2133
Octaviana, S., & Setiawan, Y. (2019). Meningkatkan Minat Belajar Kelas IV SekolahDdasar Menggunakan Media Powerpoint Berdasarkan Kerangka Kerja TPACK. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3, 1150–1159.
Pereira, S., Rodrigues, M. J., & Vieira, R. M. (2019). Scientific literacy in the early years – practical work as a teaching and learning strategy. Early Child Development and Care, 0(0), 1–15. https://doi.org/10.1080/03004430.2019.1653553
Ramadhani, A. A., Adzhariah, I., Safitri, W., & Suprapmanto, J. (2019). Peran Orang Tua dalam Membangun Kemandirian Anak. Jurnal Pendidikan, 1(2), 1–10.
Sintya, D. A. (2021). Pola Pengasuhan Orang Tua Tunggal Dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini (5-6 Tahun) Di Kelurahan Pasar Ujung Kabupaten …. http://repository.iainbengkulu.ac.id/7682/%0Ahttp://repository.iainbengkulu.ac.id/7682/1/dora ayu.pdf
Syah, A., Amanullah, R., Dzilfachriah, A. W., Masfiyatul, P. N., & Silviani, V. (2022). Perkembangan Karakter Pada Anak : Peran Orang Tua untuk Membentuk Kemandirian Pada Anak Usia Dini. 1, 33–40.
Widayanti, W. P., Armawi, A., & Andayani, B. (2018). Wawasan Kebangsaan Siswa Sekolah Menengah Atas Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa (Studi Pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Umum Berasrama Berwawasan Nusantara, SMA Umum Di Lingkungan Militer Dan SMA Umum Di Luar Lingkungan Militer Di K. Jurnal Ketahanan Nasional, 24(1), 1. https://doi.org/10.22146/jkn.32229
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Elminah, Hamid Patilima

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work