MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV

Authors

  • Samiadi Zebua Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Dewi Anzelina Universitas Katolik Santo Thomas
  • Reflina Sinaga Universitas Katolik Santo Thomas
  • Patri Silaban Universitas Katolik Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.498

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada tema indahnya kebersamaan subtema keberagaman budaya bangsaku di kelas IV SD Negeri No. 075061 Balodano Kec. Mandrehe Utara. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I siswa yang mendapatkan nilai tuntas sebanyak 14 siswa (53,85%) sedangkan 12 siswa (46,15%) mendapat nilai tidak tuntas dengan rata-rata hasil belajar 69. Pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 22 siswa (84,61) dan yang tidak tuntas 4 siswa (15,38%) dengan rata-rata hasil belajar 88,46. Selanjutnya dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 68% dengan kategori baik dan hasil observasi aktivitas kegiatan siswa yaitu 66% dengan kategori baik. Pada siklus II hasil observasi aktivitas guru meningkat menjadi 88% dengan kategori baik sekali sedangkan hasil observasi aktivitas kegiatan siswa memperoleh nilai 88% dengan kategori baik sekali. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division STAD terjadi peningkatan hasil belajar pada tema indahnya kebersamaan subtema keberagaman budaya bangsaku di kelas IV SD Negeri No. 075061 Balodano Kec. Mandrehe Utara.

Keywords:

Hasil Belajar Siswa, Model STAD

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 481
Downloads Count: 190

Published

2020-11-28

How to Cite

Zebua, S. ., Anzelina, D. ., Sinaga, R., & Silaban, P. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 350–355. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.498

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.