Kesalahan Penulisan Bahasa Arab dalam Pembelajaran Imla’ bagi Siswa Kelas IV Madrasah Ibtida’iyah
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4887Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji kesalahan penulisan bahasa Arab yang sering terjadi saat pembelajaran dikte. Dalam penelitian ini, tes, observasi, dan wawancara adalah prosedur yang digunakan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan saat pembelajaran dikte sering melibatkan penulisan huruf hijaiyah, tanwin, dan tanda baca. Studi ini juga mengidentifikasi sejumlah faktor tambahan, termasuk kurangnya latihan menulis dan kesadaran akan norma dikte, yang memengaruhi kesalahan penulisan bahasa Arab. Berdasarkan temuan penelitian ini, disarankan agar pembelajaran dikte ditingkatkan dengan pemberian materi yang lebih menyeluruh dan latihan menulis yang lebih teliti. Dengan demikian, hal ini dimaksudkan agar dapat membantu siswa mempelajari imla' dan meningkatkan kemampuan menulis bahasa Arab sekaligus mengurangi kesalahan penulisan bahasa Arab.
Keywords:
Madrasah Ibtida’iyah , analisis kesalahan, pembelajaran imla’Downloads
References
Azizah, A. (2022). Penerapan Metode Imla’ Al-Ikhtibari Dalam Meningkatkan Kompetensi Menulis Bahasa Arab Pada Siswa Kelas X Dayah Erpadu Al-Muslimun. Al-Madaris Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 3(2), 61–71. https://doi.org/10.47887/amd.v3i2.102
Brier, J., & lia dwi jayanti. (2020). Pengembangan Metdoe Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Diniyyah Takmiliyyah Berbasis Analisis Problem Solving. 21(1), 1–9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203
Briliantama, R. A. (2023). Analisis Kesalahan Menulis Bahasa Arab Pada Maharah Kitabah Siswa Kelas 11 Madrasah Aliyah Bilingual Ulul Albab Ngronggot Kabupaten Nganjuk (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).
Buchari, A., & Saleh, E. M. (2017). Merancang Pengembangan Madrasah Unggul. Journal of Islamic Education Policy, 1(2), 95–112. https://doi.org/10.30984/j.v1i2.429
Fakih Khusni, M., Munadi, M., & Matin, A. (2022). Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar di MIN 1 Wonosobo. Jurnal Kependidikan Islam, 12(1), 60–71. https://doi.org/10.15642/jkpi.2022.12.1.60-71
Gustanti, L. (2017). Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Anak Dalam Menanamkan Nilai Ibadah Shalat Di Kelurahan Labuhan Ratu Raya Kecamatan Labuhan Ratu Bandar Lampung. Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/855/
Hafidz, M. (2020). Analisis Kesalahan Imla’Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Salatiga. Studi Arab, 11(1), 13-26.
Haniah, H. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Arab Pada Skripsi Mahasiswa Jurusan Bahasa Dan Sastra Arab. Arabi : Journal of Arabic Studies, 3(1), 23. https://doi.org/10.24865/ajas.v3i1.62
Hervina, L., & Isman, N. (2022). Kesalahan Populer dalam Kemahiran Menulis Bahasa Arab di STIBA Arraayah Sukabumi. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 137–154. https://doi.org/10.18196/mht.v4i2.14122
Insaniyah, A. L., & Kumala, U. Y. N. (2022). Analisis Kesalahan Menulis Bahasa Arab Dalam Pembelajaran Imla`. TADRIS AL-ARABIYAT: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 47–60.
Janah, A. R., Ansori, A. A., Maghfirah, S. N., & Tiara, D. P. (2022, February). Problematika Maharah Qira’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Kelas X Ipa Ma Al-Mukarom Ponorogo. In AICOMS: Annual Interdisciplinary Conference on Muslim Societies (Vol. 2, No. 1, pp. 17-24).
Jufrih, D. A., Rosyidi, A. W., & Rusuli, U. (n.d.). Manajemen Program Bahasa Arab di Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah Putri 2 Malang . Manajemen Program Bahasa Arab di Pondok Pesantren . 172–193. https://doi.org/10.35891/muallim.v5i1.3474
Maharani, K. A., & Asrtina, C. (2022). Problematika Pembelajaran Menulis dengan Metode Imla ’ pada Santri Bimbingan Masuk Gontor ( Bimago ). 6(1), 2–6.
McCarthy, M. (1990). Vocabulary. Oxford University Press.
Mustofa, Z., & Hurridho, M. M. (2022). Upaya Pemberian Imla’Yaumiy terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Bahasa Arab Santri Pondok Pesantren Modern Babussalam. EDUCATIA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan …, 1(1), 37–52. https://jurnal.educatia.id/ojs3/index.php/educatia/article/view/4
Pakihun, M., Ritonga, M., & Bambang, B. (2021). Problematika Pembelajaran Qiro’ah untuk Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Aur Duri Sumani Solok. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 159–182. https://doi.org/10.18196/mht.v3i2.10883
Rokim, M. (2022). Penbandingan Minat Dan Prestasi Belajar Antara Mahasiswa Berlatar Belakang Pendidikan Pesantren Dan Non Pesantren Di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Multidisiplin Ilmu, 1(1), 11–19. https://www.ejournal.staihitkediri.ac.id/index.php/talim/article/view/3
Sabariah, S. (2021). Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 116–122. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1764
Syamsiyah, B. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Imla’ Mahasiswa IAIN Salatiga. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 3(1), 21–44. https://doi.org/10.18326/lisania.v3i1.21-44
Wahdah, Y. A. (2018). Faktor-faktor kesulitan siswa dalam membaca teks bahasa arab. Alsuniyat: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab, 1(1), 30-46.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mu’alim Wijaya, Anna Kholifah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work