Kesalahan Penulisan Bahasa Arab dalam Pembelajaran Imla’ bagi Siswa Kelas IV Madrasah Ibtida’iyah

Authors

  • Mu’alim Wijaya Universitas Nurul Jadid, Probolinggo
  • Anna Kholifah Universitas Nurul Jadid, Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4887

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji kesalahan penulisan bahasa Arab yang sering terjadi saat pembelajaran dikte. Dalam penelitian ini, tes, observasi, dan wawancara adalah prosedur yang digunakan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan saat pembelajaran dikte sering melibatkan penulisan huruf hijaiyah, tanwin, dan tanda baca. Studi ini juga mengidentifikasi sejumlah faktor tambahan, termasuk kurangnya latihan menulis dan kesadaran akan norma dikte, yang memengaruhi kesalahan penulisan bahasa Arab. Berdasarkan temuan penelitian ini, disarankan agar pembelajaran dikte ditingkatkan dengan pemberian materi yang lebih menyeluruh dan latihan menulis yang lebih teliti. Dengan demikian, hal ini dimaksudkan agar dapat membantu siswa mempelajari imla' dan meningkatkan kemampuan menulis bahasa Arab sekaligus mengurangi kesalahan penulisan bahasa Arab.

Keywords:

Madrasah Ibtida’iyah , analisis kesalahan, pembelajaran imla’

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, A. (2022). Penerapan Metode Imla’ Al-Ikhtibari Dalam Meningkatkan Kompetensi Menulis Bahasa Arab Pada Siswa Kelas X Dayah Erpadu Al-Muslimun. Al-Madaris Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 3(2), 61–71. https://doi.org/10.47887/amd.v3i2.102

Brier, J., & lia dwi jayanti. (2020). Pengembangan Metdoe Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Diniyyah Takmiliyyah Berbasis Analisis Problem Solving. 21(1), 1–9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Briliantama, R. A. (2023). Analisis Kesalahan Menulis Bahasa Arab Pada Maharah Kitabah Siswa Kelas 11 Madrasah Aliyah Bilingual Ulul Albab Ngronggot Kabupaten Nganjuk (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).

Buchari, A., & Saleh, E. M. (2017). Merancang Pengembangan Madrasah Unggul. Journal of Islamic Education Policy, 1(2), 95–112. https://doi.org/10.30984/j.v1i2.429

Fakih Khusni, M., Munadi, M., & Matin, A. (2022). Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar di MIN 1 Wonosobo. Jurnal Kependidikan Islam, 12(1), 60–71. https://doi.org/10.15642/jkpi.2022.12.1.60-71

Gustanti, L. (2017). Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Anak Dalam Menanamkan Nilai Ibadah Shalat Di Kelurahan Labuhan Ratu Raya Kecamatan Labuhan Ratu Bandar Lampung. Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/855/

Hafidz, M. (2020). Analisis Kesalahan Imla’Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Salatiga. Studi Arab, 11(1), 13-26.

Haniah, H. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Arab Pada Skripsi Mahasiswa Jurusan Bahasa Dan Sastra Arab. Arabi : Journal of Arabic Studies, 3(1), 23. https://doi.org/10.24865/ajas.v3i1.62

Hervina, L., & Isman, N. (2022). Kesalahan Populer dalam Kemahiran Menulis Bahasa Arab di STIBA Arraayah Sukabumi. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 137–154. https://doi.org/10.18196/mht.v4i2.14122

Insaniyah, A. L., & Kumala, U. Y. N. (2022). Analisis Kesalahan Menulis Bahasa Arab Dalam Pembelajaran Imla`. TADRIS AL-ARABIYAT: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 47–60.

Janah, A. R., Ansori, A. A., Maghfirah, S. N., & Tiara, D. P. (2022, February). Problematika Maharah Qira’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Kelas X Ipa Ma Al-Mukarom Ponorogo. In AICOMS: Annual Interdisciplinary Conference on Muslim Societies (Vol. 2, No. 1, pp. 17-24).

Jufrih, D. A., Rosyidi, A. W., & Rusuli, U. (n.d.). Manajemen Program Bahasa Arab di Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah Putri 2 Malang . Manajemen Program Bahasa Arab di Pondok Pesantren . 172–193. https://doi.org/10.35891/muallim.v5i1.3474

Maharani, K. A., & Asrtina, C. (2022). Problematika Pembelajaran Menulis dengan Metode Imla ’ pada Santri Bimbingan Masuk Gontor ( Bimago ). 6(1), 2–6.

McCarthy, M. (1990). Vocabulary. Oxford University Press.

Mustofa, Z., & Hurridho, M. M. (2022). Upaya Pemberian Imla’Yaumiy terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis Bahasa Arab Santri Pondok Pesantren Modern Babussalam. EDUCATIA: Jurnal Ilmu Pendidikan dan …, 1(1), 37–52. https://jurnal.educatia.id/ojs3/index.php/educatia/article/view/4

Pakihun, M., Ritonga, M., & Bambang, B. (2021). Problematika Pembelajaran Qiro’ah untuk Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Aur Duri Sumani Solok. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 159–182. https://doi.org/10.18196/mht.v3i2.10883

Rokim, M. (2022). Penbandingan Minat Dan Prestasi Belajar Antara Mahasiswa Berlatar Belakang Pendidikan Pesantren Dan Non Pesantren Di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Multidisiplin Ilmu, 1(1), 11–19. https://www.ejournal.staihitkediri.ac.id/index.php/talim/article/view/3

Sabariah, S. (2021). Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 116–122. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1764

Syamsiyah, B. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Imla’ Mahasiswa IAIN ‎Salatiga. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 3(1), 21–44. https://doi.org/10.18326/lisania.v3i1.21-44

Wahdah, Y. A. (2018). Faktor-faktor kesulitan siswa dalam membaca teks bahasa arab. Alsuniyat: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab, 1(1), 30-46.

Downloads

Abstract Views : 1384
Downloads Count: 1174

Published

2023-06-24

How to Cite

Wijaya, M., & Kholifah, A. (2023). Kesalahan Penulisan Bahasa Arab dalam Pembelajaran Imla’ bagi Siswa Kelas IV Madrasah Ibtida’iyah . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 956–963. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4887

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.