Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Berdasarkan Teori Apos Pada Materi Program Linear

Authors

  • Mulkiah Nurajijah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang
  • Etika Khaerunnisa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang
  • Cecep Anwar Hadi FS Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4800

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis bagaimana kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan teori APOS pada materi program linear. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Cibeber kelas XI IPA 1. Subjek penelitian berjumlah 6 siswa yang terdiri dari dua siswa berkemampuan tinggi, dua siswa berkemampuan sedang dan dua siswa berkemampuan rendah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes tertulis pemahaman konsep matematis yang terdiri dari dua soal uraian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teori APOS yang memuat indeks pemahaman konsep untuk menganalisis tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa siswa dengan kemampuan pemahaman konsep matematis kategori tinggi telah mencapai tahap skema, siswa dengan kemampuan pemahaman konsep matematis kategori sedang sampai pada tahap objek, sedangkan siswa dengan kemampuan pemahaman konsep matematis kategori rendah hanya sampai tahap aksi saja.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                    

Keywords:

kemampuan pemahaman konsep, teori APOS, program linear

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aning, K., Dinnullah, R. N I., & Farida, N. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Open Ended Berdasarkan Teori Apos . Seminar Nasional FST 2019 Universitas Kanjuruan Malang, Vol. 2, 687-695.

Gustina, G., Djadir, D., & Rusli, R. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Relasi dan Fungsi Berdasarkan Teori APOS ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa Kelas VIII. Issues in Mathematics Education, 5(2).

Khairani, N. (2016). Pembelajaran Matematika Menggunakan Teori APOS di Perguruan Tinggi. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2).

Lihu, M. A., & Zulfikar, R. N. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika dengan Pendekatan Konstruktivisme. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 50-58.

Malikha, Z., & Amir, M. F. (2018). Analisis miskonsepsi siswa kelas vb min buduran sidoarjo pada materi pecahan ditinjau dari kemampuan matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 1(2), 75-81.

Mulyono, B., & Hapizah, H. (2018). Pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 103-122.

Mulyono, M. (2011). Teori Apos Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 1(1).

Ngandas, S. A., Ferdiani, R. D., & Fayeldi, T. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Kelas VII Berdasarkan Teori APOS. Seminar Nasional FST Universitas Kanjuruhan Malang, 2, 384–392.

Ningsih, Y. L. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Melalui Penerapan Lembar Aktivitas Mahasiswa (Lam) Berbasis Teori Apos Pada Materi Turunan Yunika. Edumatica, 06(1), 1–8.

Nurfajriyanti, I., & Pradipta, T. R. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari kepercayaan diri siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2594-2603.

Putra, A., & Syarifuddin, H. (2019). Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 6(1), 39-49.

Rosmawati, R. R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari self-confidence siswa pada materi aljabar dengan menggunakan pembelajaran daring. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 275-290.

Rusmana, I. M. (2020). Pembelajaran matematika menyenangkan dengan aplikasi kuis online quizizz. Prosiding Sesiomadika, 2(1a).

Sari, P. P., & Lestari, D. A. (2020). Soal Cerita Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua. Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01), 286–293.

Sarlina, S. (2015). Miskonsepsi Siswa terhadap Pemahaman Konsep Matematika pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat Siswa Kelas X5 SMA Negeri 11 makassar. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3(2), 194-209.

Sholihah, U., & Mubarok, D. A. (2016). Analisis Pemahaman Integral Taktentu Berdasarkan Teori Apos (Action, Process, Object, Scheme) Pada Mahasiswa Tadris Matematika (Tmt) Iain Tulungagung. Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan, 14(1), 125. https://doi.org/10.21154/cendekia.v14i1.551.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yuliana, D., & Ratu, N. (2018). Deskripsi Kemampuan Pemahaman Konsep Eksponen Berbasis Teori APOS Pada Siswa SMA Theresiana Salatiga. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1).

Wardhani,S. (2008). Analisis SI dan SKL Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs untuk Optimalisasi Tujuan Mata Pelajaran Matematika. Yogyakarta: PPPPTK

Downloads

Abstract Views : 807
Downloads Count: 913

Published

2023-06-04

How to Cite

Nurajijah, M., Khaerunnisa, E., & Hadi FS , C. A. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Berdasarkan Teori Apos Pada Materi Program Linear. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 785–797. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4800

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.