Manajemen Mutu Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Dosen
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3988Abstract
Pendidikan Diploma Kebidanan merupakan Pendidikan Vokasi sebagaimana tertuang dalam undang undang kebidanan tahun 2019. Mahasiswa Kebidanan pada akhir masa pendidikan vokasi atau pendidikan profesi harus mengikuti Uji Kompetensi yang bersifat nasional. Uji Kompetensi sebagaimana dimaksud pada merupakan syarat kelulusan pendidikan vokasi atau pendidikan profesi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meganalisis menajemen laboratorium kebidanan dalam meningkatkan kualitas dosen. Dimana penerapan pembelajaran akan dilakukan di laboratorium kebidanan dengan mempersiakan bahan ajar dan kemampuan skil dosen untuk menentukan kualiatas dosen. Penelitian ini dilakukan dengan Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Adapun data yang akan di kumpulkan dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa menajemen dalam menerapkan pembelajaran praktek di labarotorium kebidanan dapat berjalan dengan sesuai dengan standar. Pendukung lainnya melaui metode pembelajaran yang dilakukan oleh dosen melalui simulasi dapat memberikan kemampuan skil yang baik. Adapun implementasi pembelajaran pada dosen pembimbing praktek masih minim dalam pengalaman klinis di lapangan sehingga pengelolaan berdampak pada mutu manajemen laboratorium klinik kebidanan
Keywords:
manajemen, mutu pendidikan, kualitas dosenDownloads
References
Amelisa, M. (2018). Strategi Konseling Reframing Pada Kasus Disharmoni Keluarga Di Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga Yogyakarta. مجلة جامعة كركوك للدراسات الانسانية, 7, 1–25.
Bayu, V., & Pratiwi, T. I. (2015). Penerapan Strategi Reframing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Positif Siswa Kelas X APK-2 SMKN 1 Surabaya.
Bloom, B. S. (1974). Taxonomy of Educational Objectives. David McKay Company.
Dewi, I. C., Faridah, S., & Suharti, S. (2019). Asuhan Kebidanan Continuity of Care Pada Ny a Masa Hamil Sampai Dengan Keluarga Berencana Di Praktik Mandiri Bidan Setyami Str.M.Keb Ngasinan Ponorogo. Health Sciences Journal, 3(1), 32. https://doi.org/10.24269/hsj.v3i1.226
Hasibuan, A. A., Syah, D., & Marzuki, M. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter Di Sma. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(02), 191. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i02.1230
Herdarwan, H., Waris, L., Siswati, T., Pusat, J., Farmako, J., & Utara, S. (2017). Implementasi Pelayanan Neonatal Emergensi Komprehensif di Rumah Sakit PONEK di Indonesia The Implementation of Comprehensive Emergency Neonatal Care in EmNOC Hospital in Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan, 1(2), 82–91.
Hidayat, S. (2002). Sistem Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Alqalam, 19(93), 109. https://doi.org/10.32678/alqalam.v19i93.457
Ibrahim, I., & Roni, R. (2018). IMPLEMENTASI MANAJEMEN PROMOSI KESEHATAN DALAM MENURUNKAN ANGKA KARIES GIGI PADA ANAK. JIKI Jurnal Ilmiah Kesehatan IQRA, 6(2), 95–103.
Merdekawaty, A., & Fatmawati, F. (2020). Pelatihan Manajemen Organisasi Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ). Jurnal Pengembangan Masyarakat Lokal, 3(2), 172–177.
Musphayanti. (2016). Manajemen Pembelajaran Klinik Kebidanan Pada Mahasiswa Diploma III Kebidanan Di Banjarmasin. Jurnal Kebidanan, 2(1).
Noya, F. S., Supriyono, S., & Wahyuni, S. (2017). Strategi Pembelajaran Pendidikan Informal Pada Transfer Pengetahuan Kecakapan Ketog Magic. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1244–1248. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9986
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021
Prawiroetono, & Primasari. (2014). Manajemen Strategik dan Pengambilan Keputusan korporasi. PT Bumi Aksara.
Rahmatul, R. U. (2020). Hubungan Manajemen Laboratorium dengan Pencapaian Kompetensi KDPK dan Antenatal Care Mahasiswa Semester IV Prodi DIII Kebidanan Stikes Sumatera Barat. Jurnal Bidan Komunitas, 3(2), 73–79. https://doi.org/10.33085/jbk.v3i2.4614
Revell, L., & Arthur, J. (2007). Character education in schools and the education of teachers. Journal of Moral Education, 36(1), 79–92. https://doi.org/10.1080/03057240701194738
Rifani, R., Istiqamah, E., & Husnah, N. (2020). Manajemen Asuhan Kebidanan Bayi Ny. H dengan Berat Badan Lahir Rendah. Window of Midwifery Journal, 86–94. https://doi.org/10.33096/wom.vi.180
Sukestiyarno, Y. L., Cahyono, A. N., & Pradnya, I. N. (2019). Integrating character education in mathematics learning in Indonesia and Denmark. Journal of Physics: Conference Series, 1321(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/3/032014
Suryawan, I. P. P., Gita, I. N., & Hartawan, I. Y. (2017). Peningkatan kompetensi siswa berbakat dalam bidang olimpiade matematika tingkat sd. Jurnal Widya Laksana, 6(2), 100–112.
Undang-undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Armiyanti, Lia Yulianti, Nova Rati Lova, Didin Wahidin, Hanafiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work