Kebugaran Jasmani dan Self-Regulated Learning: Kondisi Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3528Abstract
Penelitian ini Untuk mengetahui kebugaran Jasmani dan Self-Regulated Learning kondisi siswa sekolah dasar pada masa adaptasi kebiasaan baru. Penelitian ini menggunakan penelitian deskritif kuantitatif dengan metode survei cross sectional, dengan instrumen tes TKJI (Tes Kebugaran Jasmani Indonesia) dan angket kuesioner Self-Regulated Learning untuk teknik pengambilan data. Populasi dalam penelitian ini adalah Sekolah Dasar Negeri Ter-Akreditasi A di Se-Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi. Anggota sampel yang dignakan dalam penelitian ini adalah 10 Sekolah Dasar Negeri Ter-Akreditasi A di Kecamata
Penelitian ini Untuk mengetahui kebugaran Jasmani dan Self-Regulated Learning kondisi siswa sekolah dasar pada masa adaptasi kebiasaan baru. Penelitian ini menggunakan penelitian deskritif kuantitatif dengan metode survei cross sectional, dengan instrumen tes TKJI (Tes Kebugaran Jasmani Indonesia) dan angket kuesioner Self-Regulated Learning untuk teknik pengambilan data. Populasi dalam penelitian ini adalah Sekolah Dasar Negeri Ter-Akreditasi A di Se-Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi. Anggota sampel yang dignakan dalam penelitian ini adalah 10 Sekolah Dasar Negeri Ter-Akreditasi A di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi dan 10 siswa yang dijadikan sampel disetiap sekolahnya dengan usia 10-12 tahun yang dilakukan secara acak menggunakan metode simple random sampling. Teknik analisis penelitian ini menggunakan persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kebugaran jasmani siswa putra ada pada klasifikasi baik sebesar 14%, klasifikasi sedang sebesar 72%, sedangkan yang mempunyai kriteria kurang 10% dan kurang sekali sebesar 3% serta klasifikasi siswa putri menunjukan klasifikasi baik sebesar 2%, klasifikasi sedang sebesar 76%, sedangkan yang mempunyai kriteria kurang 21%. dan hasil dari penelitian survei Self-Regulated Learning siswa di SDN ter-akreditasi A Kec. Sukaraja Kab. Sukabumi berada dikategori “tinggi” sebesar 52% dengan jumlah 52 siswa, berikutnya pada kategori sedang sebesar 34% dengan jumlah 34 siswa dan kategori “rendah” sebesar 14% dengan jumlah 14 siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa tingkat kebugaran jasmani siswa Sekolah Dasar Negeri Ter-Akreditasi A di Se-Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi berada pada klasifikasi “sedang” dan Self-Regulated Learning siswa di SDN ter-akreditasi A Kec. Sukaraja Kab. Sukabumi berada dikategori “tinggi”.
n Sukaraja Kabupaten Sukabumi dan 10 siswa yang dijadikan sampel disetiap sekolahnya dengan usia 10-12 tahun yang dilakukan secara acak menggunakan metode simple random sampling. Teknik analisis penelitian ini menggunakan persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kebugaran jasmani siswa putra ada pada klasifikasi baik sebesar 14%, klasifikasi sedang sebesar 72%, sedangkan yang mempunyai kriteria kurang 10% dan kurang sekali sebesar 3% serta klasifikasi siswa putri menunjukan klasifikasi baik sebesar 2%, klasifikasi sedang sebesar 76%, sedangkan yang mempunyai kriteria kurang 21%. dan hasil dari penelitian survei Self-Regulated Learning siswa di SDN ter-akreditasi A Kec. Sukaraja Kab. Sukabumi berada dikategori “tinggi” sebesar 52% dengan jumlah 52 siswa, berikutnya pada kategori sedang sebesar 34% dengan jumlah 34 siswa dan kategori “rendah” sebesar 14% dengan jumlah 14 siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa tingkat kebugaran jasmani siswa Sekolah Dasar Negeri Ter-Akreditasi A di Se-Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi berada pada klasifikasi “sedang” dan Self-Regulated Learning siswa di SDN ter-akreditasi A Kec. Sukaraja Kab. Sukabumi berada dikategori “tinggi”.
Kata Kunci : Kebugaran Jasmani, Self-Regulated Learning
Keywords:
Kebugaran Jasmani, Self-Regulated LearningDownloads
References
Adicondro, N., & Purnamasari, A. (2011). Efikasi Diri, Dukungan Sosial Keluarga Dan Self Regulated Learning Pada Siswa Kelas Viii. HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal, 8(1), 17. https://doi.org/10.26555/humanitas.v8i1.448
Afida, N. (2009). Hubungan tingkat religiusitas dengan self regulation mahasiswa Universitas Yudharta Pasuruan (Doctoral dissertation, IAIN Sunan Ampel Surabaya).
Arifin, Z. (2018). Pengaruh Latihan Senam Kebugaran Jasmani (Skj) Terhadaptingkat Kebugaran Siswa Kelas V Di Min Donomulyo Kabupaten Malang. Journal AL-MUDARRIS, 1(1), 22. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v1i1.96
Bandura, A. (1997). Self Efficacy. New York: W.H. Freeman and Company.
Cahyono, A. (2020). Survei Persepsi Siswa Terhadap Konsep Pendidikan Jasmani SMP Kelas VIII. Sport Science and Health, 2(12), 605–612. http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/article/view/11926
Carsiwan, , & Sandrawaty, M. (2016). Pengaruh Pembelajaran Permainan Hoki Terhadap Kebugaran Jasmani Dan Kepercayaan Diri Siswa Di Sma Negeri 26 Garut. Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan, 1(2), 59. https://doi.org/10.17509/jtikor.v1i2.4099
Fatmawati, E. Y. (2012). Peranan Kebugaran Jasmani Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Mts Muhammadiyah 04 Blagung Kabupaten Boyolali. Peranan Kebugaran Jasmani Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Mts Muhammdiyah 04 Blagung Kabupaten Boyolali Tahun Pelajran 2011/2012.
Fitron, M., & Negeri, U. (2020). Survei Tingkat Persepsi Siswa Terhadap Konsep Pendidikan Jasmani Di Sekolah Menengah Atas Mukhammad Fitron Universitas Negeri Malang Mu’arifin. Universitas Negeri Malang Mukhammadfitron@gmail.com.
Hidayat, S. (2019). Kesegaran Jasmani Siswa 10-12 Tahun Se-Kota Gorontalo. Jambura Journal of Sports Coaching, 1(1), 12–21. http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjsc/article/view/1995
Ikram, F., & Firdaus, K. (2020). Tinjauan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SMP Negeri 16 Padang. 3(6), 6.
Ilmul Ma’arif1, R. P. 2. (2021). Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar Saat Pandemi. 5, 3451–3456.
Irianto, D. P. (2004). Pedoman Praktis Berolahraga untuk Kebugaran & Kesehatan. Yogyakarta: Andi Offset.
Nurfiani, H. (2015). Survei Kemampuan Self-Regulated Learning Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Kalasan. E-Journal Bimbingan Dan Konseling, 11(4), 1–118.
Pamuji, R. I. (2020). Survei Kebugaran Jasmani Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga Tahun 2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Panggraita, G. N., Tresnowati, I., & Putri, M. W. (2020). Profil Tingkat Kebugaran Jasmani Mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani. Jendela Olahraga, 5(2), 27–33. https://doi.org/10.26877/jo.v5i2.5924
Pasaribu, A. M. N., & Mashuri, H. (2019). Peranan senam irama terhadap kebugaran jasmani untuk siswa sekolah dasar The. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5(1), 89–97.
Pulungan, M. S. (2018). Self Regulated Learning:Upaya Peningkatan Prestasi Akademik.
Rosalina, A. (2019). Storytelling Untuk Meningkatkan Self-Regulated Learning (Srl) Pada Siswa Sekolah Dasar (Sd). https://eprints.umm.ac.id/80854/
Saleh, M., & Septiadi, F. (2021). Profile of physical fitness college student during covid-19 pandemic. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan, 10(2), 199-205.
Shofiah, V., & Raudatussalamah. (2014). Self- Efficacy dan Self- Regulation Sebagai Unsur Penting dalam Pendidikan Karakter. Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 17(2), 214–229.
Usra, M. (2014). AplikasiAktivitas FisikSiswa SDSebagai Upaya Peningkatan Kebugaran Jasmani. AplikasiAktivitas FisikSiswa SDSebagai Upaya Peningkatan Kebugaran Jasmani, 148, 148–162.
Wirnantika, I., Pratama, B. A., & Hanief, Y. N. (2017). Survey Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas IV SDN Puhrubuh I dan MI Mambaul Hikam di Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Sportif, 3(2), 240. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i2.11898
Yuliadi, A. (2017). Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa Kelas V Tahun Ajaran 2016/2017 Sekolah Dasar Negeri 02 Balendono Kecamatan Purwerejo Kabupaten Purworejo. 210093.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Taufik Muhamad Rivai, Wening Nugraheni, Firman Septiadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work