Pengembangan Media PENAWAPI Berbasis Kontekstual Materi Hewan Ruminansia Muatan Pelajaran IPA Siswa Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2660Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) mengembangkan media PENAWAPI pada muatan IPA kelas V di SDN Wanaherang 05, 2) mengetahui kelayakan dari pengembangan media PENAWAPI berbasis kontekstual, dan 3) mengetahui respon dari siswa terhadap penggunaan media PENAWAPI. Metode yang digunakan pada penelitian R&D dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Penelitian dilakukan langsung ke SDN Wanaherang 05 Kabupaten Bogor. Pengambilan data dilakukan dengan pengisian angket untuk uji validasi oleh ahli media, ahli materi dan implementasi pada siswa kelas V SDN Wanaherang 05. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa media PENAWAPI sangat layak dengan hasil prosentase 93% oleh ahli media, 97% oleh ahli materi dan 88% dari hasil implementasi pada siswa kelas V. Maka dapat disimpulkan bahwa media PENAWAPI sangat layak untuk digunakan pada muatan pelajaran IPA materi hewan ruminansia kelas V SDN Wanaherang 05.
Keywords:
Pengembangan, Media, PENAWAPI, IPADownloads
References
Dwijayani, N. M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099
Ernawati. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Model 4-D pada Materi Getaran Gelombang dan Bunyi dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMP Negeri 6 Palu. Jurnal Sains Dan Teknologi Tadulaka, 3(1), 62–71.
Hakim, R. A., Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas Dan Reliabilitas Angket Motivasi Berprestasi. Fokus, 4(4), 263–268.
Jundu, R., Tuwa, P. H., & Seliman, R. (2020). Hasil Belajar IPA Siswa SD di Daerah Tertinggal dengan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 103–111. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p103-111
Kahfi, M., Ratnawati, Y., Setiawati, W., & Saepuloh, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Dengan Menggunakan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Siswa Pada Pembelajaran Ips Terpadu. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1), 84–89. https://doi.org/10.36312/jime.v7i1.1636
Kristianto, H. (2020). Pengembangan Media Spasi (Sistem Pencernaan Sapi) Pada Materi Ipa Siswa Kelas V Sdn Bendan Ngisor Semarang. Caruban: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 15–28. https://doi.org/10.33603/cjiipd.v3i1.3037
Laksana, D. N. L. (2016). Miskonsepsi Dalam Materi Ipa Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 166. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8588
Ninawati, M. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Literasi Kritis Berbasis Pendekatan Konsep Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV, 68–78. https://doi.org/10.23969/jp.v4i1.1747
Ninawati, M., & Nurafni. (2021). Efektivitas Penerapan Aplikasi Linktree dan Wordwall Terhadap Motivasi Intrinsik Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JP2SD( Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 9(2), 217–225.
portanata Lia, L. Y. S. I. (2021). ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA SD. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(April), 2013–2015.
Rahmawati, M., Sujarwanta, A., & Santoso, H. (2021). Penilaian Ranah Afektif Peserta Didk Dengan Menggunakan Modul Berorientasi Literasi Sains Materi Komponen Ekosistem. Biolova, 2(2), 114–121. https://doi.org/10.24127/biolova.v2i2.327
Sri Haryati. (2012). ( R & D ) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam. Academia, 37(1), 13.
Suarjana, I. M., Pt, N., Riastini, N., & Pustika, I. G. N. Y. (2017). Media Konkret Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar. International Journal of Elementary Education, 1, 103–114.
Suwandi, E., Imansyah, F. H., & Dasril, H. (2018). Analisis Tingkat Kepuasan Menggunakan Skala Likert pada Layanan Speedy yang Bermigrasi ke Indihome. Jurnal Teknik Elektro, 11.
Tema, K., Sahabat, L., Kelas, K., Hidayah, N., Putro, S. E., & Ngazizah, N. (2022). Pengembangan Worksheet Berbasis Keterampilan Proses dan. 8(1), 27–33. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1450
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Larasati Palupi, Mimin Ninawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work