Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Perkembangan Pembelajaran Matematika SMA

Authors

  • Peppy Pustiati Noor Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Agung Prasetyo Abadi Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1986

Abstract

Kemampuan berpikir tingkat tinggi penting dikuasai oleh peserta didik. Namun berdasarkan hasil studi dari PISA tahun 2018, Indonesia berada pada urutan di bawah rata-rata OECD. Rendahnya hasil tes PISA yang didapat oleh Indonesia salah satu penyebabnya yaitu dikarenakan rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi. Rendahnya Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dikarenakan pada proses pembelajaran matematika peserta didik hanya diajarkan untuk menghafal, menulis ulang dan mengerjakan pekerjaan rumah atau latihan saja, tidak dilatih lebih dalam mengenai Kemampuan Berpikir Tingkat Tingginya serta menyelesaikan masalah yang relevan dengan materi yang sedang diajarkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kajian pustaka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran yang relevan dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Metode penulisan yang digunakan yaitu Kajian Pustaka, yaitu dengan mengkaji jurnal-jurnal terdahulu yang relevan dengan judul serta tujuan penulisan. Dari kajian yang sudah dilakukan terdapat tiga pembelajaran yang sejalan dengan tujuan dari Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan dapat meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi yang diantaranya yaitu, Pembelajaran Saintifik, Pendekatan Pembelajaran Problem Posing, dan Pembelajaran Berbasis Masalah.

Keywords:

Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Pembelajaran Matematika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antini, N. K. J., Ardana, I. M., & Hartawan, I. G. N. Y. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran Sq4R ( Survey , Question , Read , Reflect , Recite , and Review ) Berbantuan Peta Konsep Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X Sma N 2 Singaraja. 8(1), 29–39.
Badjeber, R., & Purwaningrum, J. P. (2018). Pengembangan Higher Order Thinking Skills Dalam Pembelajaran Matematika Di Smp. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 36–43. https://doi.org/10.31970/gurutua.v1i1.9
Dewi, S. H., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Majalengka, U., Berpikir, K., & Matematis, K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap. 1(20), 251–261.
Erny, Haji, S., & Widada, W. (2017). Pengaruh pendekatan saintifik pada pembelajaran matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X ipa sma negeri 1 kepahiang. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(7), 84–95.
Hamidah, Junaedi, Iwan, Mulyono, J. W. K. (2021). Jurnal pendidikan matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 95–105.
Indonesia, I., Nation, U., Goals, S. D., Indonesia, S., & Nam, V. (2016). © oecd 2016. 1–8.
Indrawati, I., & Nurmiati, N. (2020). Problem Posing Dalam Pembelajaran Matematika Smp. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 209. https://doi.org/10.31941/delta.v8i2.1063
KEMENDIKBUD RI. (2014). Permendikbud Nomor 81 A 2013. Implementasi Kurikulum Kurikulum, 1, 1–97.
Khotimah, K., Siroj, R. A., & Basir, D. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Mengacu Pada Pembelajaran Berbasis Masalah Bagi Siswa Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Rambang Kuang. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.22342/jpm.6.1.4090.19-34
Lestari, C. F., Kristiana, A. I., & Kurniati, D. (2016). Pengembangan Paket Tes Matematika Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X TKJ SMK Materi Sistem Persamaan Linier. Jurnal Edukasi, 3(2), 34. https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i2.3527
OECD. (2019). Programme for international student assessment (PISA) results from PISA 2018. Oecd, 1–10. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2018-results-volume-iii_bd69f805-en%0Ahttps://www.oecd-ilibrary.org//sites/bd69f805-en/index.html?itemId=/content/component/bd69f805-en#fig86
Purnomo, A., & Artikel, I. (2015). Model Pembelajaran Problem Posing Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4(1), 49–55.
Samura, A. ode. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. MES: Journal of Mathematics and Science, 5(1), 20–28.
Shanti, W. N., Sholihah, D. A., & Martyanti, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Problem Posing. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 8(1), 48. https://doi.org/10.21927/literasi.2017.8(1).48-58
Yuhani, A., Zanthy, L. S., & Hendriana, H. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Asesmen Kinerja Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education., 2(3), 445–452. https://doi.org/10.15294/ujme.v2i1.3322

Downloads

Abstract Views : 3177
Downloads Count: 2138

Published

2022-04-30

How to Cite

Noor, P. P., & Abadi, A. P. (2022). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Perkembangan Pembelajaran Matematika SMA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 466–473. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1986

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.