Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII dalam Soal High Order Thinking Skill
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1958Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kemampuan berpikir kritis matematis siswa terhadap soal yang memerlukan taraf berpikir tingkat tinggi atau high order thinking skill (HOTS). Subjek dari penelitian ini yaitu berjumlah 22 siswa kelas VIII di salah satu sekolah di kabupaten Karawang Barat. Kualitatif deskriptif adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini, dengan disertai analisis data menggunakan model interaktif dari Miles & Huberman. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah soal adopsi yang berbasis HOTS sebanyak 3 buah soal dengan menggunakan indikator kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menurut Perkins & Murphy yang terdiri dari klarifikasi (clarification), asesmen (assessment), strategi (strategies), dan penyimpulan (interference). Hasil penelitian memperlihatkan bahwa siswa dengan kemampuan kategori rendah sama sekali belum memenuhi keempat indikator kemampuan berpikir kritis. Siswa dengan kemampuan kategori sedang dapat melewati tiga indikator kemampuan berpikir kritis dengan baik, sedangkan siswa dengan kemampuan kategori tinggi dapat melalui keseluruhan indikator kemampuan berpikir kritis dengan baik dan benar.
Keywords:
Analisis, Kemampuan berpikir kritis, HOTSDownloads
References
Andini, V., & Warni, A. (2019). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Relasi dan Fungsi. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 594–601. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2654
Azizah, M., Sulianto, J., & Cintang, N. (2018). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 61–70. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.13529
Danaryanti, A., & Lestari, A. T. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Matematika Mengacu Pada Watson-Glaser Critical Thinking Appraisal Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Di Banjarmasin Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 116–126. https://doi.org/10.20527/edumat.v5i2.4631
Farib, P. M., Ikhsan, M., & Subianto, M. (2019). Proses berpikir kritis matematis siswa sekolah menengah pertama melalui discovery learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 99–117. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.21396
Fitriatien, S. R. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.36706/jls.v1i2.9707
Hidayat, F., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Matematik Serta Kemandiriaan Belajar Siswa Smp Terhadap Materi Spldv. Journal on Education, 1(2), 515–523. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/106
Mahendra, R., Murfi’ah, W., & Adamura, F. (2016). Profil Penalaran Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat Ditinjau Dari Kemampuan Awal. Prosiding Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika. Solo: Universitas Sebelas Maret, November, 487–501.
Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi). PT. Remaja Rosdakarya.
Nashrullah, F. R., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenur. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME). 12(1).
Nurapipah, S., & Zulkarnaen, R. (2019). Studi Kasus Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri. Prosiding Sesiomadika, 742–748. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2727
Purwati, R., Hobri, & Fatahillah, A. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat pada Pembelajaran Model Creative Problem Solving. KadikmA, 7, 84–93. https://doi.org/10.19016/jcshokuriku.3.0_1
Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 441.
Raharjo, S., Hasanah, N. F., Ramadani, N. A., & Alkikipa, F. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosional Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Soal HOTS. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA), 1(1), 153–159.
Ramli, R. W. (2020). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pokok Bahasan Pola Bilangan pada Kelas VIII A SMP Negeri 1 Sungguminasa. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Wahyuningrum, S., Abidin, Z., & Hasana, S. N. (2021). Analisis Kmampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Mnyelesaikan Soal HOTS pada Materi SPLDV Kelas VIII SMPN Negeri 1 Kasembon. JP3, 16(1), 60–66.
Zaki, M., Rif’at, M., & Halini. (2021). Deskripsi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesikan Soal Materi Pola Bilangan Kelas VIII SMP Negeri 4 Sungai Raya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(7).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work