Korelasi Antara Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dengan Kecemasan Matematis
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6122Abstract
Pemahaman konsep merupakan hal penting yang harus dikuasi oleh siswa, namun dalam pembelajaran matematika tingkat pemahaman konsep matematis siswa masih tergolong rendah. Salah satu faktor penyebab rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis adalah kecemasan matematis. Berdasarkan hal itu, penelitian ini bertujuan untuk menjustifikasi apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep dengan kecemasan matematis pada siswa kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel penelitianya sebanyak 30 siswa dari salah satu SMP di Kabupaten Karawang dan didapat menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen tes dan non-tes yaitu berupa tes uraian pemahaman konsep matematis dan angket kecemasan matematis. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep matematis dengan kecemasan matematis. Arah korelasi tersebut bernilai negatif dengan korelasi yang tinggi sebesar -0.79. Artinya, semakin rendah kemampuan pemahaman konsep matematis yang dimiliki oleh siswa maka semakin tinggi kecemasan matematis yang dialami oleh siswa tersebut. Sebaliknya, semakin tinggi kemampuan pemahaman konsep matematis yang dimiliki oleh siswa, maka semakin rendah kecemasan matematis yang dialami siswa tersebut.
Keywords:
pemahaman konsep, kecemasan matematis, korelasionalDownloads
References
Anita, I. W. (2014). Pengaruh kecemasan matematika (mathematics anxiety) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMP. Infinity Journal, 3(1), 125-132.
Ashcraft, M. H., & Faust, M. W. (1994). Mathematics anxiety and mental arithmetic performance: An exploratory investigation. Cognition & Emotion, 8(2), 97-125.
Auliya, R. N. (2016). Kecemasan matematika dan pemahaman matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).
Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa: ditinjau dari kategori kecemasan matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24-32.
Firdaus, D. A., & Afriansyah, E. A. (2016). Pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individually untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 2(1), 104-122.
Handayani, S. D. (2019). Pengaruh kecemasan matematika terhadap pemahaman konsep matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(1).
Loviana, S. (2021). Identification of Mathematical Anxiety among the Students of Mathematics Department in an Islamic University in Metro. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 143-154.
Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP dalam pembelajaran menggunakan model penemuan terbimbing (discovery learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).
Munasiah, M. (2020). Hubungan Kecemasan dengan Pemahaman Konsep Matematika dan Siswa. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 2 (1), 99.
Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8-18.
Novitasari, L., & Leonard, L. (2017). Pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematika terhadap hasil belajar matematika.
Setiawan, M., Pujiastuti, E., & Susilo, B. E. (2021). Tinjauan pustaka systematik: Pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 239-256.
Suci, S. N., & Miatun, A. (2022). Profil Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau dari Kecemasan Matematis Siswa SMP pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 80-92.
Umam, M. A., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 303-312.
Yanti, D. I. (2022). Korelasi antara kecemasan matematika dan kemampuan berpikir logis terhadap pemahaman konsep matematis siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 47-56.
Yuberta, K. R., Setiawati, W., & Kurnia, L. (2020). Pengaruh Math Anxiety Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Berdasarkan Gender. AGENDA: Jurnal Analisis Gender dan Agama, 2(1), 81-87.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hesti Salsaprilia Ismail, Rafiq Zulkarnaen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work