Korelasi Antara Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dengan Kecemasan Matematis

Authors

  • Hesti Salsaprilia Ismail Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rafiq Zulkarnaen Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6122

Abstract

Pemahaman konsep merupakan hal penting yang harus dikuasi oleh siswa, namun dalam pembelajaran matematika tingkat pemahaman konsep matematis siswa masih tergolong rendah. Salah satu faktor penyebab rendahnya kemampuan pemahaman  konsep  matematis  adalah  kecemasan matematis.  Berdasarkan hal itu, penelitian ini bertujuan untuk menjustifikasi apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan  pemahaman konsep dengan kecemasan matematis pada siswa kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel penelitianya sebanyak 30 siswa dari salah satu SMP di Kabupaten Karawang dan didapat menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen tes dan non-tes yaitu berupa tes uraian  pemahaman  konsep  matematis  dan angket kecemasan matematis. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep matematis dengan kecemasan matematis. Arah korelasi tersebut bernilai negatif dengan korelasi yang tinggi sebesar -0.79. Artinya, semakin rendah kemampuan pemahaman konsep matematis yang dimiliki oleh siswa maka semakin tinggi  kecemasan matematis yang dialami oleh siswa tersebut. Sebaliknya, semakin  tinggi kemampuan pemahaman konsep matematis yang dimiliki oleh siswa, maka semakin rendah kecemasan matematis yang dialami siswa tersebut.

Keywords:

pemahaman konsep, kecemasan matematis, korelasional

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita, I. W. (2014). Pengaruh kecemasan matematika (mathematics anxiety) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMP. Infinity Journal, 3(1), 125-132.

Ashcraft, M. H., & Faust, M. W. (1994). Mathematics anxiety and mental arithmetic performance: An exploratory investigation. Cognition & Emotion, 8(2), 97-125.

Auliya, R. N. (2016). Kecemasan matematika dan pemahaman matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).

Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa: ditinjau dari kategori kecemasan matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24-32.

Firdaus, D. A., & Afriansyah, E. A. (2016). Pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individually untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 2(1), 104-122.

Handayani, S. D. (2019). Pengaruh kecemasan matematika terhadap pemahaman konsep matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(1).

Loviana, S. (2021). Identification of Mathematical Anxiety among the Students of Mathematics Department in an Islamic University in Metro. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 143-154.

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP dalam pembelajaran menggunakan model penemuan terbimbing (discovery learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).

Munasiah, M. (2020). Hubungan Kecemasan dengan Pemahaman Konsep Matematika dan Siswa. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 2 (1), 99.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8-18.

Novitasari, L., & Leonard, L. (2017). Pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematika terhadap hasil belajar matematika.

Setiawan, M., Pujiastuti, E., & Susilo, B. E. (2021). Tinjauan pustaka systematik: Pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 239-256.

Suci, S. N., & Miatun, A. (2022). Profil Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau dari Kecemasan Matematis Siswa SMP pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 80-92.

Umam, M. A., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 303-312.

Yanti, D. I. (2022). Korelasi antara kecemasan matematika dan kemampuan berpikir logis terhadap pemahaman konsep matematis siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 47-56.

Yuberta, K. R., Setiawati, W., & Kurnia, L. (2020). Pengaruh Math Anxiety Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Berdasarkan Gender. AGENDA: Jurnal Analisis Gender dan Agama, 2(1), 81-87.

Downloads

Abstract Views : 679
Downloads Count: 406

Published

2023-10-01

How to Cite

Ismail, H. S., & Zulkarnaen, R. (2023). Korelasi Antara Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dengan Kecemasan Matematis. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1857–1862. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6122

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.