Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Inkuiri pada Siswa SD Islam An-Nawawiyyah Rembang
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1465Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui metode inkuiri pada siswa kelas V SD Islam An-Nawawiyyah Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini pada siswa kelas V SD Islam An-Nawawiyyah Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang yang berjumlah 18 siswa. Objek penelitian ini berupa proses kegiatan pembelajaran membaca pemahaman. Pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif digunakan dalam penelitiaan ini. Hasil penelitian tes prasiklus atau kondisi awal sebelum dilaksanakan adalah 70,3 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 56%, siklus I menghasilkan nilai rata-rata kelas 74,2 dengan persentase ketuntasan klasikal 74%, dan siklus II menghasilkan nilai rata-rata kelas 85,6 dengan persentase kelulusan klasikal 86%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan memabaca pemahaman menggunakan metode inkuiri pada siswa kelas V SD Islam An-Nawawiyyah Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021 dapat meningkat.
Keywords:
kemampuan, membaca pemahaman, metode, inkuiriDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work