Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Inkuiri pada Siswa SD Islam An-Nawawiyyah Rembang

Authors

  • Eny Ulfatur Rohmah SD Islam An-Nawawiyyah Rembang, Kabupaten Rembang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1465

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan  peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui metode inkuiri pada siswa kelas V SD Islam An-Nawawiyyah Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini pada siswa kelas V SD Islam An-Nawawiyyah Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang yang berjumlah 18 siswa. Objek penelitian ini berupa proses kegiatan pembelajaran membaca pemahaman. Pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif digunakan dalam penelitiaan ini. Hasil penelitian tes prasiklus atau kondisi awal sebelum dilaksanakan adalah 70,3 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 56%, siklus I menghasilkan nilai rata-rata kelas 74,2 dengan persentase ketuntasan klasikal 74%, dan siklus II menghasilkan nilai rata-rata kelas 85,6 dengan persentase kelulusan klasikal 86%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan memabaca pemahaman menggunakan metode inkuiri pada siswa kelas V SD Islam An-Nawawiyyah Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021 dapat meningkat.

Keywords:

kemampuan, membaca pemahaman, metode, inkuiri

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 505
Downloads Count: 600

Published

2021-10-07

How to Cite

Rohmah, E. U. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Inkuiri pada Siswa SD Islam An-Nawawiyyah Rembang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1356–1361. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1465

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.