Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kesadaran Diri Peserta Didik SMK Bina Nusa Mandiri Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v11i3.13902Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya kesadaran diri peserta didik yang ditunjukkan melalui perilaku seperti keterlambatan, membolos, menyontek, kurang motivasi belajar, hingga kesulitan mengelola emosi.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kesadaran diri peserta didik di SMK Bina Nusa Mandiri Jakarta. Desain penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-experimental dan one group pretest-posttest design. Populasi penelitian terdiri dari 244 siswa sedangkan sampel penelitian terdiri dari 10 siswa.Subjek penelitian adalah 10 peserta didik dan pengambilan subjek menggunakan teknik Purposive Sampling. Data dikumpulkan melalui angket kesadaran diri yang diberikan sebelum (pre-test) dan setelah (post-test) implementasi layanan bimbingan kelompok. Analisis data dilakukan menggunakan statistik inferensial untuk membandingkan skor kesadaran diri antara kondisi pre-test dan post-test dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 26. Data dikumpulkan menggunakan angket kesadaran diri yang diberikan sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test) melalui intervensi bimbingan kelompok. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji beda Paired Samples T-Test. Hasil uji normalitas Shapiro-Wilk menunjukkan bahwa data pretest dan posttest kesadaran diri berdistribusi normal, dengan nilai signifikansi masing-masing 0,097 dan 0,123 (p > 0,05). Selanjutnya, hasil uji Paired Samples T-Test menunjukkan nilai asymp. Sig. 0,000 (p < 0,05). Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan layanan bimbingan kelompok terhadap kesadaran diri peserta didik SMK Bina Nusa Mandiri Jakarta. Hasil ini mendukung hipotesis penelitian bahwa bimbingan kelompok efektif dalam meningkatkan kesadaran diri siswa.
Keywords:
Layanan Bimbingan Kelompok, Kesadaran Diri, Peserta DidikDownloads
References
Antara. Ada 323 Kasus Kenakalan Remaja di Jakarta Selatan Sepanjang 2022, Ini 10 Lokasi Rawan Tawuran. https://metro.tempo.co/read/1693136/ada-323-kasus-kenakalan-remajadi-jakarta-selatan-sepanjang-2022-ini-10-lokasi-rawan-tawuran
Abdullah, P. M. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Aswaja Pressindo.
Ahsan, M. (2023). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kesadaran Diri (Self Awareness) Siswa SMA Negeri 6 Tangerang Selatan. 85.
Carden, J., Jones, R. J., & Passmore, J. (2021). Defining Self-Awareness in the Context of Adult Development: A Systematic Literature Review. Journal of Management Education, 46(1), 140–177. https://doi.org/10.1177/1052562921990065
Dewi, N. K. (2016). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Berbasis Nilai Karakter Lokal Jawa Untuk Meningkatkan Kesadaran Diri (Self Awareness) Siswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1). https://doi.org/10.25273/counsellia.v3i1.231
Eurich, T. (2017). Insight: Why We’re Not as Self-Aware as We Think, and How Seeing Ourselves Clearly Helps Us Succeed at Work and in Life. Crown. https://books.google.co.id/books?id=fpccvgAACAAJ
Fiah, R. El. (2015). Dasar-dasar bimbingan dan konseling.
Folastri, S., Rangka, I. B., & Rahmaniah, A. (2016). Prosedur Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Vol. 4, Issue 2).
Goleman, D. (2001). Emotional intelligence: Issues in paradigm building. Dalam C. Cherniss & D. Goleman (Ed.), The emotionally intelligent workplace: How to select for, measure, and improve emotional intelligence in individuals, groups, and organizations (hlm. 13–26). Jossey Bass.
Hambali, I. (2019). Analisis Kebutuhan Bimbingan Pribadi Sosial Berbasis Context, Experience, and Reality (CER) untuk Meningkatkan Karakter Kebajikan Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 37. https://doi.org/10.17977/um001v4i12019p037
Hanifah Puteri, N., Dwi Febriansyah, A., Indah Natasya, P., & Hartanto, D. (2023). Pengaruh Kesadaran Diri (Self-awareness) Terhadap Kedisiplinan Siswa SMK Negeri 3 Yogyakarta. 1907–1912.
Hartanti. dkk. (2022). Bimbingan Kelompok. In Book.
Hartinah, S. (2017). Konsep Dasar Bimbingan Kelompok.
Iryani, I., & Suriatie, M. (2021). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sinema Edukasi Untuk Meningkatkan Kesadaran Multikultural Siswa Kelas XI Di SMA Isen Mulang Palangka Raya. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 1(2), 31–36. https://doi.org/10.37304/pandohop.v1i2.3469
Jeconiah, J., Oktavia, V., Wasuki, & Marunung, S. Y. (2021). Hubungan Religiusitas dengan Self-Awareness Siswa Sma Bodhicitta Buddhis School Medan. Journal of Research in Business, Economics, and Education, 3(1), 1521–1529. http://e-journal.stie-kusumanegara.ac.id
Masdudi. (2015). BIMBINGAN DAN KONSELING Prespektif sekolah. Nurjati Press, 215.
Mislia, M., Pejuang, U., & Indonesia, R. (2019). Bimbingan Konseling dan Pedoman Sosial (Issue November 2019).
Morin, A. (2011). Morin 2011_Self-Awareness Part 1_Definition_Measures_ Effects,.pdf. 10, 807–823.
Muslima, Yuliana Nelisma, & Elviana. (2024). Efektivitas Bimbingan Kelompok Pendekatan Muhasabah Dalam Meningkatkan Kesadaran Diri Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(3), 1905–1914. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.5337
Puspitasari, P. (2023). Mengembangkan Kesadaran Diri Pada Siswa Untuk Mencegah Tindak Perundungan Di Sekolah Dasar. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 16–22. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.901
Rogers, C. R. (1961). On becoming a person: A therapist’s view of psychotherapy. Houghton Mifflin.
Setiawati, D., Wiyono, B. B., Hidayah, N., Atmoko, A., & Setiyowati, A. J. (2021). Group Guidance Based On Javanese Character with Merchant Morals to Improve Student Resilience. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 11(4), 78–81. https://doi.org/10.47750/pegegog.11.04.08
Sevara Akmalovna, U. (2022). Zien Journal of Social Sciences and Humanities ISSN NO: 2769-996X https://zienjournals.com Date of Publication Psychological Features of Self-Awareness in Early Adolescence. 6, 114–116. https://zienjournals.com
Siwi, I. H. (2020). Meningkatkan Konsep Diri Peserta Didik SMA Melalui Bimbingan Kelompok. Jurnal Konseling Gusjigang, 6(2), 100–111. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Ulandari, Y., & Juliawati, D. (2019). Pemanfaatan Layanan Bimbingan Kelompok. Indonesian Journal of Counseling & Development, 1(1), 1–8.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Asha Pramitha Ananda, Asni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work