Efektivitas Pemanfaatan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1255Abstract
Pembelajaran melalui daring merupakan metode pembelajaran yang saat ini aktif dikembangkan
oleh setiap tenaga pengajar dan pendidik. Metode pembelajaran ini menjadi sebuah solusi bagi
terbatasnya kegiatan pembelajaran dimasa pandemi Covid 19 seperti saat ini. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan aplikasi Zoom sebagai media pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan dalam rangka untuk memutus mata rantai covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan teknik survei. Penelitian ini diadakan di SDIT Rahmaniyah Depok, Jawa barat. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 25 guru kelas ditentukan secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam bentuk kuisioner yang disebar secara online menggunakan google form. Analisis data dilakukan dengan menghitung nilai persentase hasil kuisioner dan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 85,24% guru merasakan kebermanfaatan dari aplikasi Zoom, walaupun di sisi lain masih ada faktor kendala dalam proses pembalajaran jarak jauh ini, seperti kualitas internet yang kurang stabil. Jadi pada masa pandemi covid-19 pemanfaatan aplikasi Zoom cukup efektif terlihat dari hasil presentase kuisioner yang menunjukkan rata-rata di atas 80%, efektif di sini yaitu efektif dalam waktu, tempat, dan efektif untuk mengurangi penyebaran virus covid-19 karena dengan media aplikasi Zoom pendidik dan peserta didik bertatap muka tidak secara lansung melainkan mellaui perantara layar monitor dan dukungan fasilitas internet.
Keywords:
efektivitas, aplikasi Zoom, pembelajaranDownloads
References
Marbun, P. (2021). DISAIN PEMBELAJARAN ONLINE PADA ERA DAN PASCA COVID-19. CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 12(2), 129. https://doi.org/10.22303/csrid.12.2.2020.129-142
Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 9(2), 1630–1640. https://doi.org/10.35508/jikom.v9i2.2416
Putra, N. P. (2020). SOLUSI PEMBELAJARAN JARAK JAUH MENGGUNAKAN APLIKASI ZOOM DAN WHATSAPP GROUP DI ERA NEW NORMAL PADA WARGA BELAJAR PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) BINA INSANI. JIPSINDO, 7(2), 162–176. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v7i2.34939
Putria, H., Maulana, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 861–872.
Rosyid, N. M., Thohari, I., & Lismanda, Y. F. (2020). Penggunaan Aplikasi Zoom Cloud Meetings Dalam Kuliah Statistik Pendidikan di Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang. Jurnal Pendidikan Islam, 5(11), 47–52.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Setiani, A. (2020). Efektivitas Proses Belajar Aplikasi Zoom Di Masa Pandemi dan Setelah Pandemi Covid-19. Efektivitas Proses Belajar Aplikasi Zoom Di Masa Pandemi Dan Setelah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES. Retrieved from http://www.academia.edu/download/64015904/M Darul Aksan F.pdf
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work