Peningkatan Kemampuan Kreatifitas Anak Mengaplikasikan Alat Peraga Edukatif Menggunakan Metode Loose Parts
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1095Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan kreatifitas anak dalam belajar sambil bermain selama ini. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan kreatifitas anak bermain dengan menggunakan metode loose parts. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terrdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di KB Al Farisi Ngemplak Boyolali kelompok B yang terdiri dari 20 siswa pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase ketuntasan belajar pada tahap pra siklus sebesar 9%. Setelah menerapkan bermain dengan metode loose parts, maka didapatkan hasil persentase ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 27%, selanjutnya terjadi peningkatan yang signifikan pada siklus II sebesar 93%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain dengan menggunakan barang- barang bekas yang ada di sekitar (loose parts) dapat meningkatkan kemampuan kreativitas anak KB Al farisi Kelompok B.
Keywords:
Kemampuan, Kreatifitas, Metode Loose PartsDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work