Pengenalan Warna dan Bentuk Geometri Dengan Media Balok Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pertiwi 2 Jeron Nogosari Boyolali

Authors

  • Wahyuningsih TK Pertiwi 2 Jeron Nogosari Boyolali

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1055

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil kemampuan anak untuk mengenal warna dan bentuk geometri di TK B belum berkembang sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan,  pelaksanaan dan kemampuan anak dalam pengenalan warna dan bentuk-bentuk geometri  dengan media balok pada anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi 2 Jeron kecamatan Nogosari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. (1) Perencanaan kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru dalam pengenalan bentuk-bentuk geometri dengan media balok pada anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi 2 Jeron Nogosari yaitu perencanaan pembelajaran disesuaikan dengan kurikulum yang telah ada dan dibuat dalam bentuk Rencangan Pelaksanaan Pembelajaran Harian ( RPPH ) yang disesuaikan dengan tema pada hari itu dan disesuaikan dengan perkembangan anak; (2) Pelaksanaan pembelajaran pengenalan bentuk-bentuk geometri dan warna dengan media balok pada anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi 2 Jeron Nogosari yaitu langkah-langkah yang dilakukan guru sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian ( RPPH )  pembelajaran yang terdapat pada ( RPPH )   yang dibuat oleh guru kelas yang disesuaikan dengan perkembangan anak; dan (3) Kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri dan warna pada anak usia 5-6 tahun dengan media balok di TK Pertiwi 2 Jeron Nogosari yaitu sudah dapat dikatakan berkembang sesuai harapan karena dari keseluruhan anak sudah dapat mengenal bentuk-bentuk geometri dan warna secara keseluruhan, dari hasil tes mengenal bentuk geometri dan warna yang telah dilakukan peneliti.

Keywords:

Warna, Geometri, Media Balok, Anak

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmawati, Luluk. (2008). Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Darmuki, Agus. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Menggunakan Media Aplikasi Google Meet Berbasis Unggah Tugas Video Di Youtube Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, Vol 6(2),655-661.
Darmuki, A. & Ahmad Hariyadi. (2019). Eksperimentasi Model Pembelajaran Jucama Ditinjau Dari Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Berbicara Di Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro. Kredo. 3(1), 62-72.
Darmuki, A. & Hidayati N.A. (2019). An Investigation of The Cooperative Learning Using Audio Visual Media in Speaking Skill Subject. ICSTI. 121-126.
Darmuki, A. & Hidayati, N.A. (2019). Peningkatan Kemampuan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe NHT pada Mahasiswa Tingkat I-A Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. Jurnal Pendidikan Edutama. Vol. 6(2), hlm 9-18.
Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. (2017). Cooperative, Synectics, and CTL Learning Models Toward Speaking Ability Viewd from Students Motivation. Proceeding International Conference on Intellectuals’Global Responsibility (ASSEHR). Vol. 125, 75-79.
Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. (2017). Evaluating Information-Processing-Based Learning Cooperative Model on Speaking Skill Course. Journal of Language Teaching and Reasearch. 8(1) pp. 44-51.
Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. (2018). The Development and Evaluation of Speaking Learning Model by Cooperative Approach. International Journal of Instruction. 11(2), 115-128.
Darmuki, A., Ahmad Hariyadi, Nur Alfin Hidayati. (2020). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Mind Map pada Mahasiswa Kelas IA PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2019/2020. Kredo.
Eliyawati, Cucu. 2005. Pemilihan & Pengembangan Sumber Belajar untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Gustama. (2004). Bahan Pelatihan Lebih Jauh Tentang Sentra dan Lingkaran. Jakarta: Direktorat Pendididkan Anak Usia Dini.
Montolalu, dkk. (2008). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Saleh, Martini & Wismiarti. (2010). Sentra Balok (Panduan Pendidikan Sentra Untuk PAUD). Jakarta: Pustaka Al-falah.
Sriningsih, Nining. (2009). Pembelajaran Matematika Terpadu untuk Anak Usia Dini. Bandung: Pustaka Sebelas.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.
Sikhah, (2018) Menumbuhkan Kecerdasan Anak Melalui Permainan Balok (online) https://anggunpaud.kemdikbud.go.id/berita/index/20180906204726/Menumbuhkan-Kecerdasan-Anak-Melalui-Permainan-Balok/, diakses pada tanggal 15 April 2021

Downloads

Abstract Views : 1883
Downloads Count: 1489

Published

2021-05-21

How to Cite

Wahyuningsih, W. (2021). Pengenalan Warna dan Bentuk Geometri Dengan Media Balok Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pertiwi 2 Jeron Nogosari Boyolali. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 410–418. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1055

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 23 24 25 26 27 28 29 30 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.