Pengenalan Warna dan Bentuk Geometri Dengan Media Balok Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pertiwi 2 Jeron Nogosari Boyolali
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1055Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil kemampuan anak untuk mengenal warna dan bentuk geometri di TK B belum berkembang sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan kemampuan anak dalam pengenalan warna dan bentuk-bentuk geometri dengan media balok pada anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi 2 Jeron kecamatan Nogosari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. (1) Perencanaan kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru dalam pengenalan bentuk-bentuk geometri dengan media balok pada anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi 2 Jeron Nogosari yaitu perencanaan pembelajaran disesuaikan dengan kurikulum yang telah ada dan dibuat dalam bentuk Rencangan Pelaksanaan Pembelajaran Harian ( RPPH ) yang disesuaikan dengan tema pada hari itu dan disesuaikan dengan perkembangan anak; (2) Pelaksanaan pembelajaran pengenalan bentuk-bentuk geometri dan warna dengan media balok pada anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi 2 Jeron Nogosari yaitu langkah-langkah yang dilakukan guru sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian ( RPPH ) pembelajaran yang terdapat pada ( RPPH ) yang dibuat oleh guru kelas yang disesuaikan dengan perkembangan anak; dan (3) Kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri dan warna pada anak usia 5-6 tahun dengan media balok di TK Pertiwi 2 Jeron Nogosari yaitu sudah dapat dikatakan berkembang sesuai harapan karena dari keseluruhan anak sudah dapat mengenal bentuk-bentuk geometri dan warna secara keseluruhan, dari hasil tes mengenal bentuk geometri dan warna yang telah dilakukan peneliti.
Keywords:
Warna, Geometri, Media Balok, AnakDownloads
References
Darmuki, Agus. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Menggunakan Media Aplikasi Google Meet Berbasis Unggah Tugas Video Di Youtube Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, Vol 6(2),655-661.
Darmuki, A. & Ahmad Hariyadi. (2019). Eksperimentasi Model Pembelajaran Jucama Ditinjau Dari Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Berbicara Di Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro. Kredo. 3(1), 62-72.
Darmuki, A. & Hidayati N.A. (2019). An Investigation of The Cooperative Learning Using Audio Visual Media in Speaking Skill Subject. ICSTI. 121-126.
Darmuki, A. & Hidayati, N.A. (2019). Peningkatan Kemampuan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe NHT pada Mahasiswa Tingkat I-A Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. Jurnal Pendidikan Edutama. Vol. 6(2), hlm 9-18.
Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. (2017). Cooperative, Synectics, and CTL Learning Models Toward Speaking Ability Viewd from Students Motivation. Proceeding International Conference on Intellectuals’Global Responsibility (ASSEHR). Vol. 125, 75-79.
Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. (2017). Evaluating Information-Processing-Based Learning Cooperative Model on Speaking Skill Course. Journal of Language Teaching and Reasearch. 8(1) pp. 44-51.
Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. (2018). The Development and Evaluation of Speaking Learning Model by Cooperative Approach. International Journal of Instruction. 11(2), 115-128.
Darmuki, A., Ahmad Hariyadi, Nur Alfin Hidayati. (2020). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Mind Map pada Mahasiswa Kelas IA PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2019/2020. Kredo.
Eliyawati, Cucu. 2005. Pemilihan & Pengembangan Sumber Belajar untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Gustama. (2004). Bahan Pelatihan Lebih Jauh Tentang Sentra dan Lingkaran. Jakarta: Direktorat Pendididkan Anak Usia Dini.
Montolalu, dkk. (2008). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Saleh, Martini & Wismiarti. (2010). Sentra Balok (Panduan Pendidikan Sentra Untuk PAUD). Jakarta: Pustaka Al-falah.
Sriningsih, Nining. (2009). Pembelajaran Matematika Terpadu untuk Anak Usia Dini. Bandung: Pustaka Sebelas.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.
Sikhah, (2018) Menumbuhkan Kecerdasan Anak Melalui Permainan Balok (online) https://anggunpaud.kemdikbud.go.id/berita/index/20180906204726/Menumbuhkan-Kecerdasan-Anak-Melalui-Permainan-Balok/, diakses pada tanggal 15 April 2021
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work