Media Audio Visual Berbasis Powtoon pada Konsep Kali Bagi Tambah Kurang bagi Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5950Abstract
Berhitung menjadi landasan bagi pengembangan keterampilan matematika yang penting untuk kehidupan sehari-hari, terutama dalam menguasai konsep bilangan. Namun, realitanya banyak siswa yang menghadapi kesulitan dalam memahami konsep berhitung, terutama dalam operasi matematika seperti penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media audio visual yang dapat membantu siswa kelas 2 dalam proses pembelajaran di sekolah dasar, khususnya dalam meningkatkan kemampuan berhitung pada materi operasi hitung perkalian. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Model penelitian ini memiliki 5 (lima) tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil penelitian ini menunjukkan penilaian dari ahli media, pada aspek penggunaan media, medapatkan skor 94% sedangkan pada aspek tampilan program memperoleh skor 93%. Penilaian dari ahli materi menunjukkan skor 100% pada aspek penilaian. Hasil Uji coba pada kelompok kecil menunjukkan hasil dengan nilai rata-rata sebesar 84% yang masuk dalam kategori sangat valid. Hasil Uji coba lapangan juga mendapatkan hasil dengan nilai rata-rata sebesar 85% yang masuk dalam kategori sangat valid. Dari hasil tersebut maka dapat dinyatakan Media Audio Visual Berbasis Powtoon pada konsep kali bagi tambah kurang ini sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran matematika khususnya untuk meningkatkan pemahaman konsep berhitung.
Keywords:
Powtoon, Kabataku, Audio VisualDownloads
References
Apriani, R. (2016). Perancangan dan Pembuatan Media Pembelajaran Sistem Kontrol Elektromekanik Menggunakan Model ADDIE (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Ariawan, & Pratiwi. (2017). Eksplorasi Kemampuan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Dalam Penyelesaian Soal Cerita Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 82–95. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/9184/6327. 82-95
Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534
Chang, T. Y., Hong, G., Paganelli, C., Phantumvanit, P., Chang, W. J., Shieh, Y. S., & Hsu, M. L. (2020). Innovation of dental education during COVID-19 pandemic. Journal of Dental Sciences, 1(155). https://doi.org/10.1016/j.jds.2020.07.011.
Dewi, N. W. U. R., Asril, N. M., & Wirabrata, D. G. F. (2021). Meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak usia dini melalui video animasi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 99-106.
Febiola, K. A. (2020). Peningkatan kemampuan berhitung permulaan anak usia dini melalui pengembangan media pembelajaran pohon angka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 238-248.
Gunarta, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran., 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19338
Handayani, R., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu Undiksha, 25(1), 120–131. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v25i1.24767
Heo, M., & Toomey, N. (2020). Learning with multimedia: The effects of gender, type of multimedia learning resources, and spatial ability. Computers and Education, 146, 103747. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103747.
Maqfiroh, Khutobah, & Budyawati. (2020). Pengembangan Media MOTIF (Monopoli Edukatif) dalam Pembelajaran berbasis Multiple intelligence. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 64–74. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/24230/12062
Mahendra, E. (2017). Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika Dalam Pembelajar Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9257
Mardati, Asih, & Wangit. (2015). Pengembangan Media Permainan Kartu Gambar Dengan Teknik Make A Match Untuk Kelas 1 SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(2), 120– 132. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpe.v3i2.6532
Maulida, S., & Kaidaro, U. (2022). Peningkatan Kemampuan Berhitung 1-10 Melalui Video Animasi Pada Kelompok A Di RA AR Rohmah Pekukuhan Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto. Abata: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 241-249.
Muskania, R. T., Badariah, S., & Mansur, M. (2019). Pembelajaran Tematik Menggunakan Media Video Scribe Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Elementary: Islamic Teacher Journal, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21043/elementary.v7i1.4927
Ningrum, A. M. (2019). Kotaku (Kartu Operasi Kabataku) Sebagai Media Permainan Guna Menigkatkan Kemampuan dan Pemahaman Siswa dalam Materi Operasi Bilangan Bulat dan Relasi Dua Bilangan. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(1), 31. https://doi.org/10.29300/equation.v2i1.2307
Rahmatia, R., Pajarianto, H., Kadir, A., Ulpi, W., & Yusuf, M. (2021). Pengembangan Model Bermain Konstruktif dengan Media Balok untuk Meningkatkan Visual-Spasial Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1185.
Ruseffendi, E. T. (1991). Penilaian Pendidikan dan Hasil Belajar Siswa Khususnya dalam Pengajaran Matematika untuk Guru dan Calon Guru. Bandung: Tarsito.
Silmi, M. ., & Rachmadyanti, P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Sparkol Videoscribe Tentang Persiapan Kemerdekaan RI SD Kelas V. Jpgsd, 6(4). Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/23611.
Simanjuntak, F., & Siahaan, H. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Menggunakan Bahan Alam. Atfaluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(2), 52-57.
Sudiarta, I. G. P., & Sandra, I. (2016). Pengaruh Model Blended Learning berbantuan Video Animasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 49(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i2.9009
Sutrisno, T., Agung, Y. A., Tri Sutrisno, & Yudha Anggana Agung. (2013). Pengembangan Media Videoscribe Berbasis E-Learning Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data dan Interface Di SMK Sunan Drajat Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 05(03), 1068–1074. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknikelektro/article/view/17213.
Swastrini, Antara, P. A., & Tirtayani, L. A. (2016). Penerapan Bermain Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Kelompok B1 di TK Widya Sesana Sangsit. Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/paud.v4i2.7764
Tegeh, Simamora, & Dwipayana. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2), 158–166. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262.
Triyuda, D., & Ali, M. (2013). Mengenalkan kemampuan berhitung melalui permainan tradisional congklak pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(7).
Yanti, I., Affandi, L. H., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Pengembangan media permainan ular tangga untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas II SDN 12 Taliwang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 509-516.
Yuniarni, Sari, & Atiq. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nanda Welli Adrian, Wahidin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work