Analisis Self-efficacy Siswa SMK pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v6i1.8019Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana self-efficacy siswa SMK saat dihadapkan pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di salah satu SMK di daerah Depok Tahun Ajaran 2023/2024 dengan jumlah 36 siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan penelitian kualitatif. Pengambilan sampel secara acak pada satu kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa pemberian angket non-test dengan pengumpulan dam analisis data menggunakan Skala Likert. Penelitian ini menunjukan bahwa siswa memiliki self-efficacy yang tinggi pada materi sistem persamaan linear tiga variabel yang dilihat dari jawaban pernyataan pada angket skala likert yang sudah diujikan.
Keywords:
Sistem persamaan linear tiga variabel, , Self-efficacy,, Skala LikertDownloads
References
Abdurahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis dan Remediasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Ariani, D. R., Neta, F., & Munandar, I. M. (2021). Penerapan Teknik Color Grading dan Musik Scoring pada Tahap Paska Produksi Film Horor" Waktu Terlarang". Journal of Applied Multimedia and Networking, 5(1), 29-41.
Çi̇ltaş, A., & Tatar, E. (2011). Diagnosing Learning Difficulties Related to the Equation and Inequality that Contain Terms with Absolute Value. International Online Journal of Educational Sciences, 3(2).
Istivarati, H., & Roesdiana, L. (2022, January). Analisis Kemandirian Belajar Matematika SISWA dalam Pembelajaran secara Daring (online) Dimasa Pandemi. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang
Khairullah, K., Soedijono, B., & Al Fatta, H. (2017). Pengukuran kualitas sistem informasi inventaris aset Universitas Muhammadiyah Bengkulu menggunakan metode Mccall. Informasi Interaktif, 2(2), 84-92.
Khiat, H. (2010). A grounded theory approach: Conceptions of understanding in engineering mathematics learning. Qualitative Report, 15(6), 1459-1488.
Sari, P. I., & Kasiono, K. (2022). Pengembangan Pembelajaran Online Melalui Media Berbasis Google Classroom dalam Meningkatkan Kontinuitas Belajar Siswa di SMA Negeri 3 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(1), 358-363.
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan skala Likert dan skala dikotomi pada kuesioner online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128-137.
Prastika, Y. D. (2020). Pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa SMK Yadika Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 17-22.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Didactical Mathematics

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.