Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6273Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA pada salah satu sekolah di kabupaten Karawang pada materi turunan fungsi aljabar dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI semester genap tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes esai untuk memperoleh data kemampuan berpikir kreatif matematis, dari pemberian tes pada materi turunan fungsi aljabar yang telah divalidasi secara empirik. Untuk melihat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa digunakan 4 indikator yaitu 1). Kelancaran (fluency); 2). Keluwesan (flexibility); 3). Keaslian (originality); 4). Keterincian (elaboration). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis presentase dengan bantuan microsoft office excel 2007. Berdasarkan analisis data diperoleh untuk indikator kelancaran (fluency) sebesar 48,3%, keluwesan (flexibility) sebesar 45%, keaslian (originality) sebesar 41,7%, dan keterincian (elaboration) sebesar 41,7%. Setelah dilakukan analisis tersebut peneliti menyimpulkan bahwa tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa masuk kedalam kategotri sedang.
Keywords:
Mathematical Critical Thinking Ability, Algebraic Function Derivatives, Mathematics LearningDownloads
References
Afriansyah, E. A. (2015). Qualitative Became Easier with ATLAS.ti. International Seminar on Mathematics, Science, and Computer Science Education MSCEIS 2015 Universitas Pendidikan Indonesia.
Huda, M. (2011). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Humaeroh, I. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Elektrokimia Melalui Model Open-ended Problems. Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Kadir . I, Teddy, dkk. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Segitiga. Jambura J. Math. Educ. Vol. 3, No. 2,
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta Bandung
Pangestu, N. S., & Yunianta, T. N. H. (2019). Proses Berpikir Kreatif http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa 118 Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 9, Nomor 1, Januari 2020
Permendikbud. (2016). Permendikbud Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.
L. Nurlaela and E. Ismayati. (2015). Strategi Belajar Berpikir Kreatif. Yogyakarta: Ombak
Nuranggraeni, E., & Effendi, K. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif matematis Siswa SMP Kelas VII pada Materi Persamaan Linear satu Variabel dan Pertidaksamaan Linear satu Variabel. Prosiding Sesiomadika, 233–245.
T. Yuli dan E. Siswono. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Teti, H. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMK serta Pengembangan Edukasi Diri Melalui Pengembangan Model Discovery Lerning. UPI Bandung.
Widiyanto, J., & Yunianta, T. N. H. (2021). Pengembangan Board Game TITUNGAN untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 425-436
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Didactical Mathematics

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.