Systematic Literature Review: Kemampuan Numerasi Siswa SMA Kelas X Pada Pokok Pembahasan Sistem Persamaan Linear
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v7i2.13070Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan numerasi siswa SMA kelas X pada pokok pembahasan sistem persamaan linear melalui kajian pustaka sistematis. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan tahapan meliputi perumusan pertanyaan penelitian (research question), penentuan krikteri seleksi (selection criteria), strategi pencarian (search strategy), pemilihan studi (select studies), penilaian kualitas studi (quality of studies), dan sintesis hasil (synthesis result). Penggunaan metode SLR untuk mereview artikel jurnal secara sistematis, yang setiap prosesnya mengikuti langkah-langkah yang telah ditetapkan. Dari 17 artikel yang digunakan hanya 10 yang relevan dengan penelitian ini, sumber data diperoleh melalui penelusuran google scholar dengan bantuan aplikasi publish or perish yang dipublikasikan tahun 2019-2024. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan numerasi siswa SMA dalam konteks fungsi linear masih tergolong rendah. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan kemampuan numerasi tersebut, diantaranya melalui perbaikan metode pembelajaran dan pengembangan materi sesuai dengan kebutuhan siswa
Kata Kunci:
Numeradi, kemmapuan numerasi, sistem persamaan linearUnduhan
Referensi
Agustina, I. (2019). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaan matematika di era revolusi industri 4.0. jurnal pendidikan indonesia, 8(1), 1-9.
Buatami,A.N. (2023). Analisis kemampuan siswa kelas X MIPA 2 MAN 1 Bantu dalam Menyelesaikan soal literasi numerasi. Jurnal Pendidikan Pemuda Nusantara, 5(1). 13-23.
Basri, H., Kurnadi, B., Tafriliyanto, C. F., & Nugroho, P. B. (2021). Investigasi kemampuan numerasi mahasiswa calon guru matematika. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 72-79.
Bate, M., Poang, F., Wewe, M., & Lodo, N. S. A. (2024). Kemampuan Numerasi Siswa Di Uptd Sdn Sobo. Jurnal Ilmiah Mandalika Education (MADU), 2(1), 229-232.
Cahyanovianty, A. D., & Wahidin, W. (2021). Analisis kemampan numerasi peserta didik kelas viii dalam menyelesaikan soal asesmen kompetensi minimum (AKM). Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1439-1448.
Damanik, A. S., & Handayani, R. (2023). Kemampuan Literasi Matematika Siswa. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(3), 149-157.
Hikmah, A. A. N., Budiman, I., & Kartika, H. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Persamaan Linier Satu Variabel. Didactical Mathematics, 6(2), 314-322.
Indra, K., & Rahadya, A. (2021). Analisis kemampuan numerasi siswa kelas XI dalam Penyelesaian soal tipe AKM pada pokok bahasan sistem persamaan linear tiga variabel Didactical Mathematics, 3(2), 84-91.
Karmeliana, D. S., & Ladyawati, E. (2023). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Menengah Atas Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 6(2), 166-186.
Kurniawan, L., & Munandar, D. R. (2023). Kemampuan Literasi Numerasi pada Materi Persamaan SPLDV Siswa SMP. Prosiding Sesiomadika, 4(1).
Maulidina, A. P., & Hartatik, S. (2019). Profil kemampuan numerasi siswa sekolah dasar berkemampuan tinggi dalam memecahkan masalah matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 3(2).
Maulidia, A., Saputro, M., & Susiaty, U. D. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Spltv Berorientasi Pisa Dengan Konten Change And Relationship. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(6), 1877-1883.
Muslimin, T. P., & Rahim, A. (2023). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Implementasi Pembelajaran Berintegrasi STEM: A Systematic Literature Review. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 64-76.
Mutmainah, A. L., Ruswana, A. M., & Solihah, S. (2023). Kemampuan Numerasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Dengan Pokok Bahasan Program Linear. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 4(1), 191-197.
Nanda, R. D. C., & Prayitno, S. (2024). Kemampuan Menyelesaikan Soal Hots Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Kemampuan Numerasi Siswa Kelas Viii Smpn 2 Lingsar Tahun Ajaran 2023/2024. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 521-535.
Nasution, F., Anggraini, L. Y., & Putri, K. (2022). Pengertian Pendidikan, Sistem Pendidikan Luar Biasa, Dan Jenis-Jenis Sekolah Luar Biasa. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 422-427.
Nurhayati, N., Asrin, A., & Dewi, N. K. (2022). Analisis kemampuan numerasi siswa kelas tinggi dalam penyelesaian soal pada materi geometri di SDN 1 Teniga. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 723-731.
Putra, D. O. P., & Purnomo, Y. W. (2023). Pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap kemampuan numerasi siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 512.
Putri, A., Arif, I. I., Hasibuan, R. Y., Tambunan, Y. E., & Dalimunthe, S. F. (2024). Analisis Kesulitan Siswa Kelas Ix-8 Pada Mata Pelajaran Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (Spldv) Di Smpn 1 Percut Sei Tuan. Trigonometri: Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(2), 32-42.
Sari, D. N., & Armanto, D. (2022). Matematika dalam filsafat pendidikan. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 10(2), 202-209.
Taqwani, R. A., Ratnaningsih, N., & Rahayu, D. V. (2024). Analisis Kemampuan Numerasi Matematis Siswa Smk Ditinjau Dari Level Kognitif. Jurnal Ilmiah Matematika Ralistik, 5(1), 11-18
Udil, P. A., & Samo, D. D. (2023). Kemampuan numerasi siswa kelas V SDN Bokong 2. Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, 4(2), 141-151
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Didactical Mathematics

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.