Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Fungsi Kuadrat Berdasarkan Prosedur Newman: Studi Kasus di Kelas XI SMA
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v7i1.11989Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa serta penyebab kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal fungsi kuadrat menggunakan prosedur Newman di SMAS PAB 8 SAENTIS. Penelitian deskriptif kualitatif ini melibatkan 22 siswa kelas XI di SMAS PAB 8 SAENTIS sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes tertulis, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besar persentase kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita fungsi kuadrat sesuai prosedur Newman, ialah sebagai berikut : (a) kesalahan membaca sebesar 5,68%, (b) kesalahan memahami sebesar 23,86%, (c) kesalahan transformasi sebesar 15,9%, (d) kesalahan keterampilan proses sebesar 46,59%, dan (e) kesalahan dalam penulisan jawaban akhir sebesar 52,27%. Dengan mengidentifikasi dan memahami berbagai jenis kesalahan yang terjadi, pendidik dapat merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif.
Keywords:
Analisis kesalahan, Prosedur Newman, Fungsi kuadratDownloads
References
Bungin, B. (2007). Penelitian kualitatif. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Cahya, N., & Siregar, B. H. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis PBL Bernuansa Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3229-3243.
Darmawan, I., Kharismawati, A., Hendriana, H., Purwasih, R. (2018). Analisis kesalahan siswa SMP berdasarkan Newman dalam menyelesaikan soal kemampuan berpikir kritis matematis pada materi Bangun Ruang Sisi Datar. Juring (Jurnal for Research In Mathematics Learning), 1(1), 71-78.
Ermawati, D., & Zuliana, E. (2020). Implementation of Open-Ended Problems on Mathematical ProblemSolving Skill Of Elementary School Students. Jpsd, 6(2), 145–157.
Jannah, S. M., & Bakri, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Fungsi Kuadrat Di Kelas X IPA 4 SMA Negeri 7 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 8(3), 371-384.
Karami, K., Nasriadi, A., & Fitra, R. (2024). Implementasi Pendekatan Saintifik Berbasis Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Fungsi Kuadrat Kelas X SMA Negeri 1 Lhoknga. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 5(1).
Luthifiani, U., Saragih, S., & Suanto, E. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Kelas X Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Fungsi Kuadrat Menurut Teori Kastolan. Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian.
Mauliandri, R., & Kartini, K. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Pada Siswa SMP. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 9(2), Article 2.
Mutmainah, M., Berahman, B., & Haeruddin, H. (2022, July). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Persamaan Dan Fungsi Kuadrat Siswa Kelas XI SMK Negeri 18 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman (Vol. 2, pp. 52-58).
Newman, M. A. (1977). An Analysis of Sixth-Grade Pupils' Errors on Written Mathematical Tasks. Victorian Institute for Educational Research Bulletin, 39, 31-43.
OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. OECD Publishing.
Rahmat., Sugta, Gandung., & Nurhayadi. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Kelas Xi Sma Negeri 7 Palu Dalam Menyelesaikan Soal Fungsi Kuadrat. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika. Vol: 9(3): 272-280.
Rahmawati, A., & Kurniawan, T. (2023). Identifikasi Kesalahan Siswa pada Materi Fungsi Kuadrat Menggunakan Prosedur Newman. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 1-11.
Sari, R. P. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Pada Materi Fungsi Kuadrat Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal PRINSIP Pendidikan Matematika, 3(1).
Siregar, B. H. (2023). Pengembangan Bahan Ajar digital Interaktif Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 2104-2117.
Sutrisno, A. (2023). Peran Pemahaman Konseptual dan Prosedural dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kontekstual. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 11(1), 45-53.
Widyastuti, R. (2024). Pengaruh Pemahaman Matematika Terhadap Kemampuan Penyelesaian Masalah Fungsi Kuadrat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(3), 210-219.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Didactical Mathematics

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.