MODEL RESOLUSI KONFLIK BERBANTUAN WAYANG SUKURAGA UNTUK MENINGKATKAN EMPATI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3331Abstract
Perilaku negatif siswa seperti mengejek fisik teman, kemampuan teman, mengganggu teman, dan berbicara kasar menandakan rendahnya sikap empati pada diri. Pembelajaran IPS dengan model resolusi konflik, menuntut keterampilan siswa dalam menentukan, memecahkan, dan merefleksikan masalah dari berbagai sudut pandang sebagai cerminan individu yang mengasihi orang-orang sekitarnya. Dengan bantuan wayang sukuraga yang tokoh-tokohnya merupakan representasi anggota tubuh manusia, siswa lebih mudah memahami peran anggota tubuh seperti dalam timbulnya suatu masalah serta penyelesaian masalah. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari enam siklus, dengan satu tindakan setiap siklus nya. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas II SD Negeri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap indikator sikap empati siswa mengalami peningkatan setiap siklus nya. Pengambilan perspektif menjadi indikator dengan peningkatan paling tinggi, itu berarti perilaku siswa yang mengejek temannya sudah tidak terdengar lagi, dan perilaku mengganggu temannya sudah berkurang dari sebelumnya. Dengan begitu, model resolusi berbantuan wayang sukuraga dapat meningkatkan empati siswa pada pembelajaran IPS.
Keywords:
Resolusi Conflict Model, Sukuraga Puppet, EmpathyDownloads
References
Amalia, N., Nurasiah, I., Lyesmaya, D., & Syafitri, Y. N. V. (2021). Pengaruh Cerita Wayang Sukuraga Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1463. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8424
Anggraini, A., Muktadir, A., & Hambali, D. (2021). Penerapan Program Literasi Berbasis Cerita Rakyat untuk Menanamkan Perilaku Empati dan Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IVA SDN 2 Rejang Lebong. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 4(1), 82–90. https://doi.org/10.33369/dikdas.v4i1.16081
Farida, N. (2008). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa, 1(1), 305.http://ejournal.usd.ac.id/index.php/LLT%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11345/10753%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758%0Awww.iosrjournals.org
Handayani, N. N. L., & Muliastrini, N. K. E. (2021). Determinasi Model Resolusi Konflik Berpendekatan Saintifik Terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar Lab Undiksha. Caraka: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 79–89. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/caraka/article/view/1384
Kurniawan, D. (2021). Menanamkan Nilai Kepedulian Sosial Sejak Dini. PUSPENSOS. https://puspensos.kemensos.go.id/menanamkan-nilai-kepedulian-sosial-sejak-dini
Melati, P., Anggraini, N., Heru, H., Suryanti, S., & Widyaningrum, R. (2021). Analisis Karakter Peduli Sosial Pada Peserta Didik Kelas V Di Sdn Sambirejo Surakarta. Jurnal Sinektik, 4(1), 1–8. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sin
Mubarokah, W. N., Fuadi, D., Widyasari, C., & Rahmawati, L. E. (2020). Manajemen Alpha Zones’ Games Berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Membentuk Empati Siswa Sekolah Dasar. Psikologika : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 25(2), 147–166. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol25.iss2.art1
Prihantini. (2021). Strategi Pembelajaran SD. Bumi Aksara.
Rahayu, B. A., Permana, I., Keperawatan, M., & Muhammadiyah, U. (2019). Bullying Di Sekolah : Kurangnya Empati Pelaku Bullying Dan Lack Of Bullies Empathy And Prevention At School. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(3), 237–246.
Ratna, N. K. (2014). Peranan Karya Satra, Seni, dan Budaya dalam Pendidikan Karakter. Pustaka Pelajar.
Suhada, I. (2017). Perkembangan Peserta Didik. PT Remaja Rosdakarya.
Suprapto, W., Maftuh, B., Sjamsuddin, H., & Malihah, E. (2021). Pengembangan Desain Awal Model Resolusi Konflik dalam Pembelajaran IPS/ Early Design Development of Conflict Resolution Models in Social Studies Learning. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 7(2), 133–148. https://doi.org/10.18860/jpips.v7i2.11903
Susiyanti, I., B., R., & . M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Resolusi Konflik Berbasis Masalah Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa SD Inpres Mallengkeri 2 Kota Makassar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(1), 25–28. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i1.3179
Tiyas, N. E. (2017). Pengaruh Empati Terhadap Kepedulian Sosial Pada Remaja. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Malang, 8 dan 9.
Yusnaldi, E. (2019). Potret Baru Pembelajaran IPS. Perdana Publishing.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Yona Wahyuningsih, Ani Oktavia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).