MODEL RESOLUSI KONFLIK BERBANTUAN WAYANG SUKURAGA UNTUK MENINGKATKAN EMPATI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS

Authors

  • Yona Wahyuningsih Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ani Oktavia Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3331

Abstract

Perilaku negatif siswa seperti mengejek fisik teman, kemampuan teman, mengganggu teman, dan berbicara kasar menandakan rendahnya sikap empati pada diri. Pembelajaran IPS dengan model resolusi konflik, menuntut keterampilan siswa dalam menentukan, memecahkan, dan merefleksikan masalah dari berbagai sudut pandang sebagai cerminan individu yang mengasihi orang-orang sekitarnya. Dengan bantuan wayang sukuraga yang tokoh-tokohnya merupakan representasi anggota tubuh manusia, siswa lebih mudah memahami peran anggota tubuh seperti dalam timbulnya suatu masalah serta penyelesaian masalah. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari enam siklus, dengan satu tindakan setiap siklus nya. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas II SD Negeri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap indikator sikap empati siswa mengalami peningkatan setiap siklus nya. Pengambilan perspektif menjadi indikator dengan peningkatan paling tinggi, itu berarti perilaku siswa yang mengejek temannya sudah tidak terdengar lagi, dan perilaku mengganggu temannya sudah berkurang dari sebelumnya. Dengan begitu, model resolusi berbantuan wayang sukuraga dapat meningkatkan empati siswa pada pembelajaran IPS.

Keywords:

Resolusi Conflict Model, Sukuraga Puppet, Empathy

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Yona Wahyuningsih, Universitas Pendidikan Indonesia

 

 

References

Amalia, N., Nurasiah, I., Lyesmaya, D., & Syafitri, Y. N. V. (2021). Pengaruh Cerita Wayang Sukuraga Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1463. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8424

Anggraini, A., Muktadir, A., & Hambali, D. (2021). Penerapan Program Literasi Berbasis Cerita Rakyat untuk Menanamkan Perilaku Empati dan Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IVA SDN 2 Rejang Lebong. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 4(1), 82–90. https://doi.org/10.33369/dikdas.v4i1.16081

Farida, N. (2008). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa, 1(1), 305.http://ejournal.usd.ac.id/index.php/LLT%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11345/10753%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758%0Awww.iosrjournals.org

Handayani, N. N. L., & Muliastrini, N. K. E. (2021). Determinasi Model Resolusi Konflik Berpendekatan Saintifik Terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar Lab Undiksha. Caraka: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 79–89. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/caraka/article/view/1384

Kurniawan, D. (2021). Menanamkan Nilai Kepedulian Sosial Sejak Dini. PUSPENSOS. https://puspensos.kemensos.go.id/menanamkan-nilai-kepedulian-sosial-sejak-dini

Melati, P., Anggraini, N., Heru, H., Suryanti, S., & Widyaningrum, R. (2021). Analisis Karakter Peduli Sosial Pada Peserta Didik Kelas V Di Sdn Sambirejo Surakarta. Jurnal Sinektik, 4(1), 1–8. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sin

Mubarokah, W. N., Fuadi, D., Widyasari, C., & Rahmawati, L. E. (2020). Manajemen Alpha Zones’ Games Berbasis Kecerdasan Majemuk dalam Membentuk Empati Siswa Sekolah Dasar. Psikologika : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 25(2), 147–166. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol25.iss2.art1

Prihantini. (2021). Strategi Pembelajaran SD. Bumi Aksara.

Rahayu, B. A., Permana, I., Keperawatan, M., & Muhammadiyah, U. (2019). Bullying Di Sekolah : Kurangnya Empati Pelaku Bullying Dan Lack Of Bullies Empathy And Prevention At School. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(3), 237–246.

Ratna, N. K. (2014). Peranan Karya Satra, Seni, dan Budaya dalam Pendidikan Karakter. Pustaka Pelajar.

Suhada, I. (2017). Perkembangan Peserta Didik. PT Remaja Rosdakarya.

Suprapto, W., Maftuh, B., Sjamsuddin, H., & Malihah, E. (2021). Pengembangan Desain Awal Model Resolusi Konflik dalam Pembelajaran IPS/ Early Design Development of Conflict Resolution Models in Social Studies Learning. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 7(2), 133–148. https://doi.org/10.18860/jpips.v7i2.11903

Susiyanti, I., B., R., & . M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Resolusi Konflik Berbasis Masalah Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa SD Inpres Mallengkeri 2 Kota Makassar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(1), 25–28. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i1.3179

Tiyas, N. E. (2017). Pengaruh Empati Terhadap Kepedulian Sosial Pada Remaja. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Malang, 8 dan 9.

Yusnaldi, E. (2019). Potret Baru Pembelajaran IPS. Perdana Publishing.

Downloads

Abstract Views : 568
Downloads Count: 510

Published

2022-10-31

How to Cite

Yona Wahyuningsih, & Ani Oktavia. (2022). MODEL RESOLUSI KONFLIK BERBANTUAN WAYANG SUKURAGA UNTUK MENINGKATKAN EMPATI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1646–1654. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3331

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.