FRAMEWORK PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS FLIPPED CLASSROOM TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DI MASA PASCA PANDEMI

Authors

  • Yolanda Indra Agustin Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ida Rindaningsih

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2862

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika di masa pasca pandemic. Minat belajar merupakan salah satu faktor penting dalam pembelajaran. Oleh karena itu dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar  (SD) pada mata pelajaran matematika maka berbagai pendekatan pembelajaran senantiasa dikembangkan, salah satunya adalah pembelajaran matematika realistik. Meski demikian, masih banyak dijumpai rendahnya minat belajar siswa sehingga perlu adanya model pembelajaran yang tepat yakni flipped classroom. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh framework matematika realistik berbasis flipped classroom terhadap minat belajar peserta didik. Penelitian ini termasuk penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan design Randomized Post-test Only Control Design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas V MI Nurul Huda Candi Sidoarjo yang terdiri dari dua sampel penelitian sebanyak 20 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol. Teknik analisis data yang di gunakan adalah uji independent sample t-test. Berdasarkan analisis uji perbedaan rata-tata hasil tes minat belajar siswa di peroleh nilai Signifikansi yaitu 0,000 < daripada 0,05. Yang artinya H0 di tolak dan Ha diterima. Oleh karena itu temuan dalam penelitian ini adalah terdapat  pengaruh framework pembelajaran matematika realistik berbasis flipped classroom yang dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Keywords:

flipped classroom, minat belajar siswa, pembelajaran matematik realistik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agarwal, A., Naidu, V. R., & Al Mamari, R. (2019). a Framework To Enhance Learning Experience in Flipped Classroom Based on Student Accountability Towards Active Participation. EDULEARN19 Proceedings, 1(July), 1569–1577. https://doi.org/10.21125/edulearn.2019.0464

Arifin, M. B. U. B. (2019). Buku Ajar Statistik Pendidikan. Umsida Pers.

Conference, A. T., & Baker, J. W. (2000). The Classroom Flip : The “ Classroom Flip ” Model Faculty Frustrations. 1–28.

Evi, S. (2011). Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus(2), 154–163.

Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran Matematika Yang Bermakna. Math Didactic, 2(3), 181–190. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.47

Hawa, A. M., & Putra, L. V. (2018). PISA Untuk Siswa Indonesia. Janacitta, 1(1). https://doi.org/10.35473/jnctt.v1i1.13

Herlina, F., & Taufina, T. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Matematika Realistik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 821–828. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.456

Kember, D., Ho, A., & Hong, C. (2010). Characterising a teaching and learning environment capable of motivating student learning. Learning Environments Research, 13(1), 43–57. https://doi.org/10.1007/s10984-009-9065-8

Khairani, D. (2021). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu, 5(4), 2247–2255. https;//jbasic.org/index.php/basicedu

Ki, H. D., & Yanuarti, E. (2017). Pemikiran Pendidikan KI Hajar Dewantara dan Relevansinya dengan Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian, 11, 237–266.

Liu, C. K. W. (2019). A holistic approach to flipped classroom: A conceptual framework using e-platform. International Journal of Engineering Business Management, 11, 1–9. https://doi.org/10.1177/1847979019855205

Lo, C. K., & Hew, K. F. (2017). A critical review of flipped classroom challenges in K-12 education: possible solutions and recommendations for future research. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 12(1), 4. https://doi.org/10.1186/s41039-016-0044-2

Marliani, N., & Nurhayati, N. (2020). Komunikasi Matematika Dilihat Dari Model Pembelajaran Reflektif Berbasis Matematika Realistik. SINASIS (Seminar Nasional …, 1(1), 403–411. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/4057

Meilawati, D. F. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2020, 158–165.

Musrikah, M. (2016). Model Pembelajaran Matematika Realistik sebagai Optimalisasi Kecerdasan Logika Matematika pada Siswa SD/MI. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 1–18. https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4.1.1-18

Novitasari, L., & Leonard. (2017). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. Fakultas Teknik, Matematika, Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indraprasta PGRI., 758–766. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/repository/article/view/1952

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model. In Nizmania Learning Center.

Pangestu, A., Susanti, E., & ... (2019). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis augmented reality (AR) pada penalaran spasial siswa. Prosiding Seminar …, 5(1), 88–93. http://prosiding.himatikauny.org/index.php/prosidinglsm/article/view/39

Pebruanti, L., & Munadi, S. (2015). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pemograman Dasar Menggunakan Modul Di Smkn 2 Sumbawa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 365. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i3.6490

Putri, I. D. C. K., & Widodo, S. A. (2017). Hubungan Antara Minat Belajar Matematika, Keaktifan Belajar Siswa, dan Persepsi Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 6(3), 721–724.

Reigeluth, C. M., Beatty, B. J., & Myers, R. D. (2017). Instructional Design Theories and Models, Volume IV. Taylor and Francis.

Rindaningsih, I., Findawati, Y., Hastuti, W. D., & Fahyuni, E. F. (2021). Synchronous and Asynchronous With Flipped Learning Environment in Primary School. PrimaryEdu - Journal of Primary Education, 5(1), 33. https://doi.org/10.22460/pej.v5i1.1883

Rindaningsih, I., Hastuti, W. D., & Findawati, Y. (2019). Desain Lingkungan Belajar yang Menyenangkan Berbasis Flipped Classroom di Sekolah Dasar. Proceedings of The ICECRS, 2(1), 41–47. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2452

Rohmah, S., Hartatik, S., Akhwani, A., & Sunanto, S. (2021). Analisis Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2472–2481.

Simbolon, N. (2014). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(2), 14–19.

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750

Sugiarto, A. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid 19. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 4(3), 432. https://doi.org/10.32584/jpi.v4i3.555

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i1.8118

Tampubolon, P. T. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 190–198. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v1i1.9072

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. Maju, 6(1), 101–112.

Ulya, M. R., Isnarto, Rochmad, & Wardono. (2019). Efektivitas Pembelajaran Flipped Classroom dengan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia terhadap Kemampuan Representasi Ditinjau dari Self-Efficacy. Jurnal PRISMA, 2, 116–123.

Wulandari, N. P. R., Dantes, N., & Antara, P. A. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 131. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25103

Zakaria, E., & Syamaun, M. (2017). The Effect of Realistic Mathematics Education Approach on Students’ Achievement And Attitudes Towards Mathematics. Mathematics Education Trends and Research, 2017(1), 32–40. https://doi.org/10.5899/2017/metr-00093

Downloads

Abstract Views : 1078
Downloads Count: 778

Published

2022-10-27

How to Cite

Agustin, Y. I., & Rindaningsih , I. (2022). FRAMEWORK PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS FLIPPED CLASSROOM TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DI MASA PASCA PANDEMI. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1112–1123. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2862

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 19 20 21 22 23 24 25 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.