ELEMEN BERKEBHINNEKAAN GLOBAL PADA BUKU TEMATIK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2607Abstract
Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam penanaman karakter kepada peserta didik merupakan salah satunya startegi pemerintah untuk mencegah radikalisme dengan mengandung elemen berkebhinnekaan global dimana elemen tersebut menekankan pada penguatan karakter dalam menjaga budaya luhur, lokalitas, serta identitas bangsa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan hasil dari analisis nilai karakter Profil Pelajar Pancasila elemen berkebhinnekaan global yang termuat pada Buku Siswa Tematik Kelas IV Tema 7 “Indahnya Keragaman di Negeriku” Subtema 1 “Keragaman Suku Bangsa di Negeriku”. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek berupa Buku Siswa Tematik Kelas IV Tema 7 “Indahnya Keragaman di Negeriku” Subtema 1 “Keragaman Suku Bangsa di Negeriku” dan objek berupa elemen berkebhinnekaan global. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi atau analisis konten. Hasil dari penelitian yang sudah dilakukan terdapat temuan nilai berkebhinnekaan global pada materi dan kegiatan belajar siswa dalam Buku Siswa Tematik Kelas IV Tema 7 “Indahnya Keragaman di Negeriku” Subtema 1 “Keragaman Suku Bangsa di Negeriku”.
Keywords:
berkebhinnekaan global, buku siswa, profil pelajar PancasilaDownloads
References
Aziz, A. A. (2019). Hati Pusat Pendidikan Karakter : Mencetak Generasi Bangsa Berakhlak Mulia (I. O. Setiadi, I. R. Hastyorini, & T. Mabruroh (eds.); Digital). Penerbit Cempaka Putih. http://webadmin.ipusnas.id/ipusnas/publications/books/131867
Danawati, M. G., Regina, B. D., & Mukhlishina, I. (2020). Analisis Nilai Karakter pada Buku Siswa Tematik Sekolah Dasar Berorientasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 8(1), 60–70. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i1.12369
Ernawati, D. (2018). Analisis Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Tematik Siswa Kelas Iv Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku. Skripsi UNEJ, 1(3), 1–56.
Hariningsih, A. S. (2021). How Intolerance is Practiced by School Students in a Rural Area in Bogor , West Java , Indonesia : Case Study of Sukamaju Village. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(1), 516–526. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v8i1.2473
Indiyarti Putri, L., & Imron, A. (2019). Deradicalization of Religion in Madrasah Ibtidaiyah Through Character Education. 140(ISCoGI 2017), 120–121. https://doi.org/10.2991/iscogi-17.2019.28
Irwan, I., Kamarudin, K., & Mansur, M. (2022). Membangun Kebhinekaan Antar Remaja dalam Perspektif Pendidikan Multikulturalisme. Jurnal Basicedu, 6(2), 2301–2311. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2173
Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan …, 2(1), 76–84. https://doi.org/https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.388
Kemendikbud Ristek. (2020). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila
Kemendikbud Ristek. (2021). Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–108. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila
Mohamad, S., Kulap, M., & Hamdiyah, L. M. (2018). Historical Education in The Process of Nation Character Building of Indonesia. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(5), 312. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v5i5.443
Muhlis, M., Sukriadi, S., Oktaviyanti, F., Kusdar, K., & Iksam, I. (2021). Analisis Nilai Karakter pada Buku Siswa Tematik Kelas IV Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku. Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(2), 1371–1380. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i2.5191
Nurmaulia, A., Maula, L. H., & Lyesmaya, D. (2020). Analisis Muatan Karakter Semangat Kebangsaan Pada Buku Tematik Siswa Kelas V Sd Kurikulum 2013. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(2), 12. https://doi.org/10.32507/attadib.v4i2.822
Pramudya, D. U., & Sari, M. M. K. (2019). Mekanisme Sekolah Rakyat Bhinneka (Srb) Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kebhinnekaan Pada Anak-Anak Di Lidah Kulon, Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 07(02), 708–722.
Rahayu, M. S. (2019). Strategi Membangun Karakter Generasi Muda yang Beretika Pancasila dalam Kebhinekaan dalam Perspektif Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia Strategy to Build Young Generation Characters of Ethics Pancasila In The Humanity In The Perspective of Integr. Jurnal Pendidikan, 28(3), 289–304.
Rahayuningsih, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925
Ridwan, M. H., & Mudiono, A. (2017). Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter pada Buku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Tema Indahnya Kebersamaan. Wahana Sekolah Dasar, 1, 1–6. https://doi.org/10.17977/um035v25i12017p001
Rosita, A., & Aprila, F. (2019). Pentingnya Mata Pelajaran Bahasa Daerah Dalam Kurikulum Sekolah Dasar Dalam Eksistensi Budaya Bangsa. Jurnal Pengembangan Pendidikan, 3(1), 35–43.
Siswa, K. P., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230–249. http://jurnal.ugm.ac.id/JKN
Tri, M., Roemintoyo, R., & Yamtinah, S. (2018). Textbooks Thematic Based Character Education on Thematic Learning Primary School: An Influence. International Journal of Educational Methodology, 4(2), 75–81. https://doi.org/10.12973/ijem.4.2.75
Utomo, P., & Prayogi, F. (2021). Literasi Digital: Perilaku dan Interaksi Sosial Masyarakat Bengkulu Terhadap Penanaman Nilai-nilai Kebhinekaan Melalui Diseminasi Media Sosial. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 3(1), 65–76. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijsse/article/view/4306/3256
Widodo, A., Indraswati, D., & Sobri, M. (2019). Analisis Nilai-Nilai Kecakapan Abad 21 dalam Buku Siswa SD/MI Kelas V Sub Tema 1 Manusia dan Lingkungan. Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 125. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v8i2.3231
Yani, A., & Jazariyah, J. (2020). Penyelenggaraan PAUD Berbasis Karakter Kebhinekaan sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme Sejak Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.503
Zahra, S. K., Nurasiah, I., & Amalia, A. R. (2021). Analisis Muatan Karakter Cinta Tanah Air pada Buku Siswa Kelas 4 SD Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Syiffa Khairunnisa Zahra, Iis Nurasiah, Arsyi Rizqia Amalia. 6(I), 17–31.
Zakso, A., Agung, I., Susanto, A. B., & Calvin Capnary, M. (2021). The effect of strengthening character education on tolerance increasing and development of Pancasila students in border area: Case of West Kalimantan province. Academic Journal of Interdisciplinary Studies. https://doi.org/10.36941/ajis-2021-0136
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Alif Okta Nabila, Murfiah Dewi Wulandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).