ELEMEN BERKEBHINNEKAAN GLOBAL PADA BUKU TEMATIK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU

Authors

  • Alif Okta Nabila Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Murfiah Dewi Wulandari Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2607

Abstract

Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam penanaman karakter kepada peserta didik merupakan salah satunya startegi pemerintah untuk mencegah radikalisme dengan mengandung elemen berkebhinnekaan global dimana elemen tersebut menekankan pada penguatan karakter dalam menjaga budaya luhur, lokalitas, serta identitas bangsa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan hasil dari analisis nilai karakter Profil Pelajar Pancasila elemen berkebhinnekaan global yang termuat pada Buku Siswa Tematik Kelas IV Tema 7 “Indahnya Keragaman di Negeriku” Subtema 1 “Keragaman Suku Bangsa di Negeriku”. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek berupa Buku Siswa Tematik Kelas IV Tema 7 “Indahnya Keragaman di Negeriku” Subtema 1 “Keragaman Suku Bangsa di Negeriku” dan objek berupa elemen berkebhinnekaan global. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi atau analisis konten. Hasil dari penelitian yang sudah dilakukan terdapat temuan nilai berkebhinnekaan global pada materi dan kegiatan belajar siswa dalam Buku Siswa Tematik Kelas IV Tema 7 “Indahnya Keragaman di Negeriku” Subtema 1 “Keragaman Suku Bangsa di Negeriku”.

Keywords:

berkebhinnekaan global, buku siswa, profil pelajar Pancasila

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziz, A. A. (2019). Hati Pusat Pendidikan Karakter : Mencetak Generasi Bangsa Berakhlak Mulia (I. O. Setiadi, I. R. Hastyorini, & T. Mabruroh (eds.); Digital). Penerbit Cempaka Putih. http://webadmin.ipusnas.id/ipusnas/publications/books/131867

Danawati, M. G., Regina, B. D., & Mukhlishina, I. (2020). Analisis Nilai Karakter pada Buku Siswa Tematik Sekolah Dasar Berorientasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 8(1), 60–70. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i1.12369

Ernawati, D. (2018). Analisis Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Tematik Siswa Kelas Iv Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku. Skripsi UNEJ, 1(3), 1–56.

Hariningsih, A. S. (2021). How Intolerance is Practiced by School Students in a Rural Area in Bogor , West Java , Indonesia : Case Study of Sukamaju Village. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(1), 516–526. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v8i1.2473

Indiyarti Putri, L., & Imron, A. (2019). Deradicalization of Religion in Madrasah Ibtidaiyah Through Character Education. 140(ISCoGI 2017), 120–121. https://doi.org/10.2991/iscogi-17.2019.28

Irwan, I., Kamarudin, K., & Mansur, M. (2022). Membangun Kebhinekaan Antar Remaja dalam Perspektif Pendidikan Multikulturalisme. Jurnal Basicedu, 6(2), 2301–2311. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2173

Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan …, 2(1), 76–84. https://doi.org/https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.388

Kemendikbud Ristek. (2020). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Kemendikbud Ristek. (2021). Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–108. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Mohamad, S., Kulap, M., & Hamdiyah, L. M. (2018). Historical Education in The Process of Nation Character Building of Indonesia. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(5), 312. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v5i5.443

Muhlis, M., Sukriadi, S., Oktaviyanti, F., Kusdar, K., & Iksam, I. (2021). Analisis Nilai Karakter pada Buku Siswa Tematik Kelas IV Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku. Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(2), 1371–1380. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i2.5191

Nurmaulia, A., Maula, L. H., & Lyesmaya, D. (2020). Analisis Muatan Karakter Semangat Kebangsaan Pada Buku Tematik Siswa Kelas V Sd Kurikulum 2013. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(2), 12. https://doi.org/10.32507/attadib.v4i2.822

Pramudya, D. U., & Sari, M. M. K. (2019). Mekanisme Sekolah Rakyat Bhinneka (Srb) Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kebhinnekaan Pada Anak-Anak Di Lidah Kulon, Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 07(02), 708–722.

Rahayu, M. S. (2019). Strategi Membangun Karakter Generasi Muda yang Beretika Pancasila dalam Kebhinekaan dalam Perspektif Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia Strategy to Build Young Generation Characters of Ethics Pancasila In The Humanity In The Perspective of Integr. Jurnal Pendidikan, 28(3), 289–304.

Rahayuningsih, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925

Ridwan, M. H., & Mudiono, A. (2017). Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter pada Buku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Tema Indahnya Kebersamaan. Wahana Sekolah Dasar, 1, 1–6. https://doi.org/10.17977/um035v25i12017p001

Rosita, A., & Aprila, F. (2019). Pentingnya Mata Pelajaran Bahasa Daerah Dalam Kurikulum Sekolah Dasar Dalam Eksistensi Budaya Bangsa. Jurnal Pengembangan Pendidikan, 3(1), 35–43.

Siswa, K. P., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230–249. http://jurnal.ugm.ac.id/JKN

Tri, M., Roemintoyo, R., & Yamtinah, S. (2018). Textbooks Thematic Based Character Education on Thematic Learning Primary School: An Influence. International Journal of Educational Methodology, 4(2), 75–81. https://doi.org/10.12973/ijem.4.2.75

Utomo, P., & Prayogi, F. (2021). Literasi Digital: Perilaku dan Interaksi Sosial Masyarakat Bengkulu Terhadap Penanaman Nilai-nilai Kebhinekaan Melalui Diseminasi Media Sosial. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 3(1), 65–76. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijsse/article/view/4306/3256

Widodo, A., Indraswati, D., & Sobri, M. (2019). Analisis Nilai-Nilai Kecakapan Abad 21 dalam Buku Siswa SD/MI Kelas V Sub Tema 1 Manusia dan Lingkungan. Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 125. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v8i2.3231

Yani, A., & Jazariyah, J. (2020). Penyelenggaraan PAUD Berbasis Karakter Kebhinekaan sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme Sejak Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.503

Zahra, S. K., Nurasiah, I., & Amalia, A. R. (2021). Analisis Muatan Karakter Cinta Tanah Air pada Buku Siswa Kelas 4 SD Tema Indahnya Keragaman di Negeriku Syiffa Khairunnisa Zahra, Iis Nurasiah, Arsyi Rizqia Amalia. 6(I), 17–31.

Zakso, A., Agung, I., Susanto, A. B., & Calvin Capnary, M. (2021). The effect of strengthening character education on tolerance increasing and development of Pancasila students in border area: Case of West Kalimantan province. Academic Journal of Interdisciplinary Studies. https://doi.org/10.36941/ajis-2021-0136

Downloads

Abstract Views : 2602
Downloads Count: 1508

Published

2022-07-23

How to Cite

Alif Okta Nabila, & Wulandari, M. D. (2022). ELEMEN BERKEBHINNEKAAN GLOBAL PADA BUKU TEMATIK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 788–797. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2607

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.