PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAI-BP DI SD BERBASIS APLIKASI CANVA
DOI:
https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1921Abstract
Virus Covid 19 berdampak pada sector pendidikan. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menjadikan tantangan kepada guru untuk berinovasi, kreatif. Pendidikan bukan sekedar penyampaian ilmu semata. Pendidikan diujudkan bentuk amaliah atau praktek bagi peserta didik. Pembelajaran PAI dan BP di SD dibutuhkan pembelajaran yang menarik, menyenangkan dan tidak membosankan. Penelitian ini bertujuan pada pengembangan media pembelajaran berbasis Canva, saat pandemic. Untuk mengetahui efektivitas dan kelayakan media pembelajaran PAI-BP pada tema “Bulan Ramadhan Yang Indah” berbasis aplikasi Canva sehingga meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik di SDN 1 Windunegara. Penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D) dan model digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Produk ini divalidasi oleh 1 ahli media, dan diuji coba oleh 22 peserta didik SDN 1 Windunegara. Hasil validasi menunjukan ahli media memperoleh rata- rata 78,75% yang termasuk kategori “Valid”. Implementasi media canva dengan link yang dikirim melalui WA grup kelas V. Hasil respon peserta didik terhadap produk, rata- rata 86,37%, hal tersebut menujukan produk layak digunakan. Hasil pretes dan posttes menunjukan keefektivan media pengembangan berbasis aplikasi Canva dengan hasil 100 % nilai meningkat walaupun 13,6% belum tuntas. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media berbasis aplikasi Canva dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik serta dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Keywords:
canva, media pembelajaran, pengembanganDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).