Minat Mahasiswa terhadap Olahraga Tradisional
DOI:
https://doi.org/10.31949/respecs.v4i2.3016Abstract
Aktifitas fisik seperti olahraga sangat erat kaitannya dengan kualitas hidup, kesehatan dan kesejahteraan, maka dari itu setiap individu perlu memiliki minat terhadap olahraga. Salah satu olahraga yang digemari masyarakat yaitu olahraga tradisional. Olahraga tradisional adalah permainan olahraga yang menggunakan alat tradisional yang dimainkan di atas lapangan atau tanah yang memiliki permukaan datar atau rata. Minat terhadap olahraga tradisional dapat dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu intrinsik dan ekstrinsik. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui seberapa tinggi minat mahasiswa STKIP Pasundan terhadap olahraga tradisional. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan yaitu mahasiswa PJKR STKIP Pasundan Cimahi angkatan 2018. Teknik sampling menggunakan sampling snowball dengan jumlah 50 responden. Instrumen penelitian berupa angket atau kuesioner. Hasil analisis dari keseluruhan indikator menunjukkan minat mahasiswa STIKP Pasundan terhadap olahraga tradisional dengan persentase “sedang” sebesar 4%, “tinggi” sebesar 58%, dan “sangat tinggi” sebesar 28%. Berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh maka minat mahasiswa STKIP Pasundan terhadap olahraga tradisional berdasarkan persentase minat berada dalam katergori “Tinggi.
Keywords:
minat olahraga, olahraga tradisional, mahasiswaDownloads
References
Agustin, D., Rusdiyanto, R. M., & Priyono, A. (2019). Studi Terhadap Motivasi Berprestasi Tim Bola Voli Putri Kota Cirebon Pada Porda Tahun 2018. Journal Respecs, 1(2), 60. https://doi.org/10.31949/jr.v1i2.1471
Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T
Anggita, G. M. (2019). Eksistensi Permainan Tradisional sebagai Warisan Budaya Bangsa. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 3(2), 55. https://doi.org/10.26740/jossae.v3n2.p55-59
Arnold, R. M., Prijana, & Sukaesih. (2015). Potensi membaca buku teks. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 3(1), 81–88.
Chuan, C. C., Yusof, A., Soon, C. C., & Abdullah, M. C. (2014). Application of theory of planned behavior to predict recreational sports activities participation of students in Malaysia. Journal of Physical Education and Sport, 14(2), 172–177. https://doi.org/10.7752/jpes.2014.02027
Dickinson, J. R. (2020). MTABS Analyses of Chi - Square Cross - Tabulations at ABSEL. Developments in Business Simulation and Experiential Learning, 47, 31–35.
Ellyazar, Y. (2013). Hubungan Antara Orientasi Religius Dan Dukungan Sosial Dengan Kedisiplinan Beribadah Pada Warga Gereja. Jurnal Penelitian Humaniora, 18(1), 39–53.
Gunawan, A. R., Rusyidi, B., & Meilany, L. (2015). Dukungan Sosial Orangtua Tehadap Atlet Paralimpik Pelajar Tuna Netra Berprestasi Di Kota Bandung. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 407. https://doi.org/10.24198/jppm.v3i3.13785
Juwita, S., & Ferliana, J. M. (2013). Gambaran Motivasi Berprestasi pada Atlet Perempuan Tenis Kursi Roda. Noetic Psychology, 12(1).
Mahardikawati, V. A., & Roosita, K. (2008). Aktivitas Fisik, Asupan Energi Dan Status Gizi Wanita Pemetik Teh Di PTPN VIII Bandung, Jawa Barat. Jurnal Gizi Dan Pangan, 3(2), 79. https://doi.org/10.25182/jgp.2008.3.2.79-85
Pradana, F. A. D. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Minat Siswa Kelas IV dan V untuk Mengikuti Pembelajaran Permainan Tradisional di SD Negeri Gabahan Sumberadi Mlati Sleman [Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/53916/
Prasetya, A. D. (2018). Minat Siswa Kelas Atas Terhadap Materi Permainan Tradisional di SD Negeri Punukan Wates Kulon Progo Tahun Pelajaran 2017/2018. [Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/59228/
Rahmat, A., & Aryadi, D. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa dalam Dosen Pendidikan Jasmani dan Kesehatan STKIP Setia Budhi Rangkasbitung. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 3(1).
Restiyani, R., Juanengsih, N., & Herlanti, Y. (2014). Profil Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sebagai Media dan Sumber Pembelajaran oleh Guru Biologi. Edusains, 6(1), 50–66. https://doi.org/10.15408/es.v6i1.1100
Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108
Sufahani, S., Muhammad, M., & Ismail, Z. (2016). Analysis Of Cross Tabulation Through Chi-Squared Test And Pareto Analysis On Malaysian International Tourism Data. International Journal of Scientific and Research Publications, 6(11), 68. www.ijsrp.org
Susanto, B. H. (2017). Pengembangan Permainan Tradisional Untuk Membentuk Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar. Moral Kemasyarakatan, 2(2), 117–130.
Traditional Games Returns. (2019). Permainan Tradisional. Traditional Games Returns (TGR) Community. https://tgrcampaign.com/
Yasa, K., Suprapti, S., & Cruz, L. Da. (2015). Aplikasi Theory Of Planned Behavior dalam Membangkitkan Niat Berwirausaha Bagi Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unpaz, Dili Timor Leste. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 04.
Yolviansyah, F., Suryanti, Rini, E. F. S., Wahyuni, S., & Matondang, M. M. (2021). Hubungan Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Fisika di SMA N 3 Muaro Jambi. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31258/jta.v4i1.16-25
Yusviandi, Abduhrrahman, & Ifwandi. (2016). Hubungan Power Otot Tungkai Dengan Kemampuan Tendangan (SHOOTING) Dalam Sepakbola Pada Klub Himadirga Program Studi Penjaskesrek FKIP UNSYIAH Tahun 2015. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unsyiah, 2(3), 176–188.