STRATEGI MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI TATA BOGA DI SMK IT NW PUJUT

Penulis

  • Lalu Edi Gunawan Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia
  • Yudin Citriadin Universitas Islam Negeri Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/madinasika.v7i1.15529

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi manajemen mutu pembelajaran dalam mengembangkan kompetensi tata boga di SMK IT NW Pujut. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya pengelolaan mutu pembelajaran secara sistematis agar lulusan sekolah menengah kejuruan memiliki kompetensi yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif analisis, melalui teknik observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Sumber data terdiri atas data primer dari kepala sekolah, guru, staf, komite sekolah, serta siswa, dan data sekunder berupa dokumen pembelajaran dan arsip sekolah. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan mutu pembelajaran dilaksanakan melalui rapat kerja partisipatif yang melibatkan sekolah dan mitra dunia usaha serta industri (DUDI). Pelaksanaan pembelajaran menekankan pada pendekatan berbasis kompetensi dengan proporsi praktik lebih besar, didukung metode variatif dan kegiatan non-reguler berbasis industri. Evaluasi mutu dilakukan dengan mengintegrasikan penilaian formatif, sumatif, serta autentik untuk mengukur ketercapaian kompetensi siswa. Sementara itu, pengawasan mutu dijalankan oleh kepala sekolah dan pengawas dengan prinsip pembinaan berkelanjutan. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa penerapan strategi manajemen mutu pembelajaran di SMK IT NW Pujut telah berjalan terpadu melalui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengawasan. Keempat aspek tersebut saling terkait dalam mendorong peningkatan kualitas lulusan yang kompeten dan relevan dengan kebutuhan dunia kerja. Penelitian ini merekomendasikan penguatan kemitraan sekolah dengan industri, peningkatan kapasitas guru dalam pemanfaatan teknologi pembelajaran, serta pengembangan evaluasi yang lebih komprehensif sebagai upaya berkelanjutan dalam perbaikan mutu pembelajaran.

Kata Kunci:

Manajemen Mutu Pembelajaran, Kompetensi Keahlian, Tata Boga, SMK Pendidikan Kejuruan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alhabsyi, F., Pettalongi, S. S., & Wandi, W. (2022). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan, 1(1), 11-19.

Asrin, A. (2021). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru. CV. Azka Pustaka.

Creswell, J. D., Pacilio, L. E., Lindsay, E. K., & Brown, K. W. (2014). Brief mindfulness meditation training alters psychological and neuroendocrine responses to social evaluative stress. Psychoneuroendocrinology, 44, 1-12.

Darman, R. A. (2020). Belajar dan pembelajaran. Guepedia.

Dolong, J. (2016). Teknik analisis dalam komponen pembelajaran. Inspiratif Pendidikan, 5(2), 293-300.

Hariyono, H., Judijanto, L., Haryono, P., Ulfah, Y. F., Suharyatun, S., Arifin, M., ... & Suyanto, S. (2025). Manajemen Pendidikan Bermutu. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Hidayah, H., Suwarningsih, T., Judijanto, L., Janah, R., Pujowati, M., Apriyanto, A., ... & Efitra, E. (2025). Strategi Pembelajaran di Sekolah Dasar. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Hidayah, R. N. (2022). MANAJEMEN PENGEMBANGAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN Studi di MAN 2 Kebumen.

Kusnandi, K. (2018). Konsep dasar dan strategi penjaminan mutu pendidikan: Sebagai review kebijakan mutu Pendidikan. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 1(2), 107-118.

Lloyd, R., Mertens, D., Pálka, P., & Villegas, S. (2025). Emerging from the chaos of Management Theory Jungle: a historical analysis of the development of the four principles of management. Journal of Management History, 31(3), 451-471.

Ma'rufiati, T., Habsya, C., Estriyanto, Y., & Siswandari, S. (2024). Analisis peran dan kesenjangan eksistensi Bursa Kerja Khusus (BKK) dalam menjebatani lulusan SMK memasuki dunia industri. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 3383-3390.

Mukarromah, S., Rosyidah, A., & Musthofiyah, D. N. (2021). Manajemen pembelajaran dalam meningkatkan mutu pendidikan di madrasah. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 54-62.

Nashrullah, M., Maharani, O., Rohman, A., Fahyuni, E. F., & Untari, R. S. (2023). Metodologi Penelitian Pendidikan (Prosedur Penelitian, Subyek Penelitian, Dan Pengembangan Teknik Pengumpulan Data). Umsida Press, 1-64.

Nurokhim, N. (2017). Manajemen berbasis sekolah: Solusi Peningkatan mutu pendidikan madrasah. Jurnal Kependidikan, 5(2), 247-260.

Nuryani, L. K. (2024). Manajemen Mutu Berbasis Pendidikan Karakter. Indonesia Emas Group.

Resa, A. D. P. (2022). Fungsi Manajemen Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Kantor Urusan Agama (Kua) Kecamatan Meraksa Aji Kabupaten Tulang Bawang (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Stoner, J. A. F., Freeman, R. E., & Gilbert, D. R. (1996). administración. Pearson educación.

Suryadi, A. (2022). Desain Pembelajaran: Sebuah Pengantar. CV Jejak (Jejak Publisher).

Sutianah, C. (2021). Peningkatan kompetensi kerja berbasis integrasi soft skills, hard skills dan entrepreneur skills program keahlian kuliner melalui penerapan teaching factory smk. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(08), 152-167.

Syahran, M. (2020). Membangun kepercayaan data dalam penelitian kualitatif. Primary Education Journal (Pej), 4(2), 19-23.

Tuala, R. P. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah/Madrasah.(Studi Kasus di SMA Al-Kautsar Bandar Lampung dan Madrasah Aliyah Negeri I (MAN Model) Bandar Lampung) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Wanto, D. (2018). Kendala Dan Perbaikan Pendidikan Islam Yang Ideal: Evaluasi Dan Proposisi Terhadap PTKI Di Indonesia. Conciencia, 18(1), 56-63.

Widiatna, A. D. (2019). Teaching factory: arah baru manajemen sekolah menengah kejuruan di Indonesia. Pustaka Kaji.

Unduhan

Abstract Views : 60
Downloads Count: 25

Diterbitkan

2025-08-18