RESPON PESERTA DIDIK DALAM PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI DI SMA NEGERI 16 SAMARINDA
DOI:
https://doi.org/10.31949/madinasika.v7i1.15449Abstrak
Hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan melalui media pembelajaran, salah satunya media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi seperti quiz, laptop, handphone, whatshapp, internet, smarTV, video animasi, powerpoint (PPT), google form, google drive dan google classroom. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi pada mata pelajaran geografi dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI di SMA Negeri 16 Samarinda. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan sampel berjumlah 84 peserta didik kelas XI yang mempelajari geografi di SMA Negeri 16 Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari wawancara. Kuesioner, observasi dan dokumentasi dengan skala likert sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 16 Samarinda dengan nilai rata-rata pada hasil penelitian yaitu 50 dengan interval 36-50 tergolong kategori kadang-kadang dengan frekuensi sebanyak 45 peserta didik dan persentase 54%. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi memberi pemanfaatan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI di SMA Negeri 16 Samarinda pada mata pelajaran geografi
Kata Kunci:
Respon Peserta Didik, Media Pembelajaran, Teknologi Informasi dan KomunikasiUnduhan
Referensi
Afandi, M. A. (2022). Urgensi Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. AL IBTIDA': Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 10(1), 1-16.
Agustin Wulandari, T. (2018). Pengertian Teknologi Informasi Dan Komunikasi.
Annisa, R., & Bahri, A. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran ICT dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 5(3), 1182-1186.
Anshori, S. (2018). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, 2(1).
Aprianto, N. E. K. (2021). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam bisnis. International Journal Administration, Business & Organization, 2(1), 8-15.
Ardani, M. (2021). Studi Tentang Pelaksanaan Tugas Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Di Kelurahan Sungai Keledang Kecamatan Samarinda Seberang. PREDIKSI: Jurnal Administrasi dan Kebijakan, 20(1), 1-11.
Ardiansyah, M. A. M. (2021, January). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Efektif. In Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi) (Vol. 5, No. 1).
Arpan, M., Salaman, S., Budiman, R. D. A., Ambiyar, A., & Wakhinuddin, W. (2020). Student Learning Outcomes Using Drill and Practice Type of Computer Assisted Instruction. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(04).
Asmawi, A., Syafei, S., & Yamin, M. (2019, July). Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Audie, N. (2019, May). Peran media pembelajaran meningkatkan hasil belajar peserta didik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 586-595).
Batubara, H. H. (2020). Media pembelajaran efektif. Semarang: Fatawa Publishing, 3.
Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh model problembased learning terhadap hasil belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39-46.
Gunawan, G., Kustiani, L., & Hariani, L. S. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 12(1), 14-22.
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., ... & Indra, I. (2021). Media pembelajaran.
Huda, I. A. (2020). Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terhadap kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 121-125.
Iskandar, I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII. 2 di MTs Negeri Pinrang (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).
Komalasari, R. (2020). Manfaat teknologi informasi dan komunikasi di masa pandemi covid 19. Tematik, 7(1), 38-50.
Komariyah, S., & Laili, A. F. N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 4(2), 53-58.
Kurune, A., Yusuf, D., & Rusiyah, R. (2023). Pengembangan media Pembelajaran berbasis Vlognow dan Wordwall Mata Pelajaran Geografi materi Mitigasi Bencana Kelas XI SMA Negeri 1 Kota Gorontalo. Edu Geography, 11(3), 47-56.
Lesmana, C., Arpan, M., Ambiyar, A., Wakhinuddin, W., & Fatmawati, E. (2019). Respons Mahasiswa terhadap Pelaksanaan Program Matrikulasi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 17(2), 227-237.
Mohid, S. Z., Ramli, R., Rahman, K. A., & Shahabudin, N. N. (2018, August). Teknologi multimedia dalam pendidikan abad 21. In 5th International Research Management & Innovation Conference, Putrajaya, Malaysia.
Mukaromah, E. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 4(1), 175-182.
Munti, N. Y. S., & Syaifuddin, D. A. (2020). Analisa dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1975-1805.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.
Pagarra, H., Syawaluddin, A., & Krismanto, W. (2022). Media Pembelajaran.
Putri, P. H., & Sriyanto, S. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Google Earth dalam Pembelajaran Geografi untuk Meningkatkan Keterampilan Geografi Siswa Kelas X Ips Sma Negeri 52 Jakarta. Edu Geography, 10(2), 15-34.
Rahman, S. (2022, January). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Roza, W., Sari, Y. G., Putra, B. E., & Putri, D. A. E. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) sebagai media pembelajaran di dunia pendidikan. Jurnal Binagogik, 10(2), 89-98.
Ruspa, A. R. (2020). Kemampuan menulis karya tulis ilmiah mahasiswa prodi Informatika Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 6(1), 557-566.
Saleh, M. S., Syahruddin, S., Saleh, M. S., Azis, I., & Sahabuddin, S. (2023). Media pembelajaran.
Salmiyanti, S., Darmansyah, D., & Desyandri, D. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 11424-11429.
Sari, D. S. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa di SMP Negeri 9 Metro Tahun Pelajaran 2020/2021 (Doctoral dissertation, IAIN Metro).
Sari, S. P. (2020). Penggunaan Metode Make a Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EJoES (Educational Journal of Elementary School), 1(1), 19-24.
Sasmita, D. H., Utami, W. S., & Budiyanto, E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Untuk Pembelajaran Geografi SMA KELAS X DI SURABAYA. Jurnal Education And Development, 9(4), 621-631.
Sasmita, D. H., Utami, W. S., & Budiyanto, E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Untuk Pembelajaran Geografi SMA KELAS X DI SURABAYA. Jurnal Education And Development, 9(4), 621-631.
Setiawan, D. (2018). Dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terhadap budaya. JURNAL SIMBOLIKA Research and Learning in Communication Study, 4(1), 62-72.
Suaema, A., & Ahmad, W. (2023). IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN ICT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA SISWA SMA NEGERI 2 HALMAHERA TENGAH. Humano: Jurnal Penelitian, 14(1), 144-149.
Suarsini, N. W. D., Wesnawa, I. G. A., & Kertih, I. W. (2020). Pengembangan media pembelajaran geografi berbasis media sosial instagram untuk peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(2), 72-81.
Sucahyanto, S., A’Rachman, F. R., & Syifa, I. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Canva Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(24), 727-735.
Sudiatmika, I. B. K., Fredlina, K. Q., & Putri, N. L. P. N. S. (2020). Pelatihan Keterampilan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi Di Sekolah Dasar Negeri 3 Munduk. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 270-275.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta
Sutisna, E., Novita, L., & Iskandar, M. I. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi, Informasi, Dan Komunikasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 01-06.
Widianto, E. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213-224.
Wiryany, D., Natasha, S., & Kurniawan, R. (2022). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Perubahan Sistem Komunikasi Indonesia. Jurnal Nomosleca, 8(2), 242-252.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Sarifah Nurjaniah, Rahmadi Rahmadi, Aisyah Trees Sandy , Nurul Azmi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.