DIGITALISASI KEUANGAN SEKOLAH DASAR DI SDI AL IRSYAD: LANGKAH MENUJU PENGELOLAAN YANG AKUNTABEL DAN MODERN
DOI:
https://doi.org/10.31949/madinasika.v7i1.14245Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses digitalisasi pengelolaan keuangan di SD Islam Al Irsyad Wringinanom sebagai langkah strategis menuju manajemen yang akuntabel dan modern. Sekolah ini telah mengadopsi berbagai sistem keuangan berbasis teknologi informasi seiring dengan berkembangnya era digital dan semangat tata kelola pendidikan yang menjunjung tinggi transparansi, seperti Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) yang terintegrasi langsung ke sistem pemerintah pusat melalui MARKAS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus, yang memungkinkan analisis mendalam terhadap praktik digitalisasi keuangan di lingkungan sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi yang dilakukan mencakup seluruh proses mulai dari perencanaan RKAS, pencatatan transaksi harian, pengadaan barang dan jasa melalui SIPLah, hingga pelaporan keuangan secara real-time. Proses ini tidak hanya meningkatkan efisiensi dan kecepatan pelaporan, tetapi juga memperkuat akuntabilitas publik terhadap penggunaan dana BOS. Kendati demikian, tantangan seperti keterbatasan akses internet, kesiapan sumber daya manusia, serta keterpaduan sistem antar platform masih menjadi hambatan dalam penerapan optimal. Kesimpulannya, digitalisasi keuangan di SD Islam Al Irsyad telah menjadi fondasi penting dalam mewujudkan tata kelola sekolah yang lebih profesional, transparan, dan responsif terhadap tuntutan era digital. Transformasi ini menunjukkan pentingnya sinergi antara teknologi, pelatihan SDM, serta kebijakan yang adaptif untuk menjamin keberlanjutan sistem pengelolaan keuangan sekolah yang modern dan terpercaya.
Keywords:
sekolah dasar, manajemen keuangan, digitalisasiDownloads
References
Alfian, F. N., & Muh., H. (2024). DIGITALISASI UNTUK TRANSPARANSI KEUANGAN SEKOLAH DI MTs MA’ARIF NU 1 SUMBANG. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 4(2), 1–23.
Alfian, Fi. N., & Nurfuadi. (2024). PEMANFAATAN TEKNOLOGI DALAM MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH. 4(4), 327–333.
Annisa, A. R., Adhitya, R. Y., & Sholikhah, E. N. (2025). DIGITALISASI SISTEM KEUANGAN DI YAYASAN PENDIDIKAN AL-ISLAH MELALUI PEMBUATAN SISTEM INFORMASI KEUANGAN. 8(1), 136–146.
Asri, A., Ainun, N., Siregar, N., Liza, S., & Hidayatullah, R. (2024). Pengembangan Sistem Keuangan Sekolah Berbasis Teknologi Untuk Mendukung Transformasi Society 5.0. 2, 216–224.
Bank, W. (2020). Leading Schools Digitally: Evaluation of the Electronic School Planning and Budgeting System (e-RKAS) in Indonesia. https://elibrary.worldbank.org/doi/abs/10.1596/34883
Fahmi, M., & Aswat, I. (2024). KEUANGAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM DI. 6(2), 88–102.
Prihanarko, A., & Hidayati, D. (2023). Pemanfaatan Sistem Informasi Pada Manajemen Pembiayaan Sekolah. Manajemen Pendidikan, 18(1), 71–82. https://doi.org/10.23917/jmp.v18i1.21316
Rizka, U. K., & Maman, S. (2025). ANALISIS IMPLEMENTASI APLIKASI RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH (ARKAS) PADA PENGELOLAAN DANA SEKOLAH DI SDN SIRNABAYA 1 KARAWANG. 6(4), 637–648.
Rulistian, R., Tandean, V. A., Program, M., Akuntansi, S., Ekonomi, F., Terbuka, U., Akuntansi, D. P., Ekonomi, F., & Terbuka, U. (2024). ANALISIS EFEKTIVITAS ARKAS DI SMP ISLAM TERPADU AR-. 1(2), 13–24.
Widodo, T., Muhammad, I., Darmayanti, R., Nursaid, N., & Amany, D. A. L. (2023). Manajemen keuangan pendidikan berbasis digital: Sebuah kajian pustaka. Indonesian Journal of Educational Management and Leadership, 1(2), 146–167. https://doi.org/10.51214/ijemal.v1i2.548
Windi, W. (2022). IMPLEMENTASI PENGGUNAAN ARKAS 3.3 PADA PELAPORAN PENGGUNAAN DANA BOS SEKOLAH DASAR NEGERI 18 BUNGO PASANG DI KOTA PADANG. 1, 329–332.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aditya Ayu Wardani, Cindy Octavia, Ima Widiyanah, Muhamad Sholeh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.