SINERGI APLIKASI B-Kita DALAM TRANSFORMASI DIGITAL LAYANAN BIMBINGAN KONSELING PESERTA DIDIK DI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.31949/madinasika.v6i2.14001Abstrak
Terbatasnya kajian empiris terkait efektivitas aplikasi B-Kita dalam layanan bimbingan konseling di sekolah menjadi latar belakang penelitian ini. Tujuan utama adalah menganalisis sinergi B-Kita sebagai instrumen digital dalam mendukung transformasi layanan konseling yang lebih efisien, terstruktur, dan berbasis data. Penelitian menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Hasil menunjukkan bahwa aplikasi B-Kita mampu merespons tantangan layanan manual dengan menyediakan fitur manajemen data siswa, pelanggaran, dan pemanggilan orang tua secara real-time. Implementasi terbatas menunjukkan peningkatan signifikan dalam efisiensi kerja guru BK serta kepuasan pengguna terhadap kemudahan akses. Kesimpulan menyatakan bahwa B-Kita bukan sekadar alat teknologis, melainkan bagian dari ekosistem layanan konseling modern yang mendukung pendekatan holistik dan kolaboratif dalam pendidikan. Oleh karena itu, kebijakan progresif dan pelatihan berkelanjutan agar integrasi aplikasi ini dapat berjalan optimal.
Kata Kunci:
layanan, konseling, peserta didikUnduhan
Referensi
Al Furqan, A. M., Qirani, N., Sabri, A., & Hidayatullah, R. (2024). Problematika Administrasi Peserta Didik dalam Era Society 5.0: Mengintegrasikan Teknologi untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 4(4), 196-214.
Anwar, R. (2023). Harmoni Dalam Merdeka Belajar: Strategi Reduksi Stress Akademik Siswa. Feniks Muda Sejahtera.
Asmarany, A. I., Marissa, A., Wisnubroto, A. P., Dewi, N. N. A. I., Iswahyudi, M. S., Putri, N. Y., ... & Linawati, R. (2025). Psikologi dan Kesehatan Mental. Cendikia Mulia Mandiri.
Goss, S., & Anthony, K. (2009). Technology in Counselling and Psychotherapy: A Practitioner’s Guide. Palgrave Macmillan.
Judijanto, L., Muhammadiah, M. U., Utami, R. N., Suhirman, L., Laka, L., Boari, Y., ... & Yunus, M. (2024). Metodologi Research and Development: Teori dan Penerapan Metodologi RnD. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Lesmana, G. (2021). Penyusunan perangkat pelayanan bimbingan dan konseling. Prenada Media.
Nasir, M., Mahmudinata, A. A., Ulya, M., & Firdaus, F. A. (2023). Strategi pemberdayaan sekolah sebagai upaya peningkatan manajemen pendidikan. Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2).
Praekanata, I. W. I., Yuliastini, N. K. S., Zagoto, S. F. L., Dharmayanti, P. A., & Suarni, N. K. (2024). Inovasi Konseling Berbasis Pendekatan Holistik: Integrasi Teori, Model, dan Teknik untuk Mendukung Kesejahteraan Siswa. Nilacakra.
Putri, W., Kurniawan, M. A., & Nuraini, N. (2024). Peran guru dalam membentuk karakter siswa:(Studi kasus di MI Al-Khoeriyah Bogor). Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(4), 1-14.
Rismawati, R., Ibrahim, T., & Arifudin, O. (2024). Peran Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(7), 1099-1122.
Santika, I. G. N. (2021). Grand desain kebijakan strategis pemerintah dalam bidang pendidikan untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Jurnal Education and development, 9(2), 369-377.
Suparlan, M. (2022). Manajemen Berbasis Sekolah: dari Teori sampai dengan Praktik. Bumi Aksara.
Trisantosa, I. N., Kurniasih, D., & Hubeis, M. (2022). Pelayanan Publik Berbasis Digital. Deepublish.
Utami, C. A. (2024). Pengelolaan dan Pengembangan Lay Pengelolaan dan Pengembangan Layanan Bimbingan Konseling di Institusi Pendidikan. Science and Education Journal (SICEDU), 3(2), 258-265.
Wati, M. L. K., Subyantoro, S., & Wagiran, W. (2024). Peranan Guru dalam Manajemen Peserta Didik Untuk Meningkatkan Kualitas Peserta Didik. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 1073-1090.
Zulpikar, A. S., Darojah, L. I., Anistiya, R., Komariah, L., Dewi, S., Pridayyanto, P., ... & Firdaus, A. (2023). Berkarya Untuk Perubahan: Kumpulan Best Practices Peningkatan Mutu Pendidikan. Indonesia Emas Group.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dinda Septiana Elyus, Mohammad Syahidul Haq, Alim Sumarno

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.