ANALISIS KEBUTUHAN INSTRUMEN ASESMEN KESEHATAN REPRODUKSI DI SEKOLAH INKLUSI BAGI REMAJA TUNAGRAHITA

Penulis

  • Septiyani Endang Yunitasari Universitas Negeri Jakarta
  • Asep Supena Universitas Negeri Jakarta
  • Nur Zahra Aqilla Purwanti Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31949/madinasika.v7i1.15557

Abstrak

 

Latar belakang penelitian ini berangkat dari fakta bahwa terbatasnya pendidikan kesehatan reproduksi, serta belum dilengkapi instrumen terstandar bagi siswa tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan instrumen asesmen kesehatan reproduksi, khususnya mengenai perawatan organ genitalia, bagi remaja putri tunagrahita di sekolah inklusi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif-eksploratif melalui wawancara mendalam terhadap tiga guru dari SMP Negeri 2 Bojongsoang dan SMP Negeri 1 Baleendah, Kabupaten Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa tunagrahita terhadap kesehatan reproduksi masih rendah. Pembelajaran kesehatan reproduksi yang diberikan guru masih bersifat teoritis, parsial, dan minim praktik aplikatif, dengan berbagai hambatan seperti keterbatasan fasilitas, kurangnya pelatihan guru, serta anggapan tabu di lingkungan sekolah maupun keluarga. Selain itu, hingga kini belum tersedia instrumen asesmen khusus; penilaian hanya mengandalkan pengamatan umum yang tidak sistematis.

Kata Kunci:

Instrumen Asesmen, Kesehatan Reproduksi, Remaja Putri Tunagrahita, Sekolah Inklusi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arisandy, D., & Wardhani, A. Y. (2023). Edukasi tentang pendidikan seks pada remaja tunagrahita Sekolah Luar Biasa. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 7(2), 854-864.

Azizah, R., Nurfadillah, N., Selvy, S., & Amelia, A. R. (2022). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemandirian Adl Anak Tunagrahita Tingkat Smp Kelas Vii Di Slb Jenetallasa. Jurnal PENA: Penelitian dan Penalaran, 9(1), 46-55.

Ebadi, A., Taghizadeh, Z., & Farmahini Farahani, M. (2022). Development and psychometric evaluation of Sexual and Reproductive Health Assessment Scale for women with educable intellectual disability (SRH-WIDS): a sequential exploratory mixed-method study. BMC Women's Health, 22(1), 173.

Goli, S., Noroozi, M., & Salehi, M. (2020). Parental experiences about the sexual and reproductive health of adolescent girls with intellectual disability: A qualitative study. Iranian journal of nursing and midwifery research, 25(3), 254-259.

Goli, S., Rahimi, F., & Goli, M. (2022). Experiences of teachers, educators, and school counselors about the sexual and reproductive health of educable intellectually disabled adolescent girls: a qualitative study. Reproductive Health, 19(1), 96.

Hafid, A., Zahro, I. F., & Kasih, D. A. (2023). Penerapan Pendekatan Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Tunagrahita SDLB Negeri Sumbang Bojonegoro. Attanwir: Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 14(1), 103-117.

Hartini, J., Matasari, O., & Andriani, O. (2023). Manfaat asesmen dalam pembelajaran anak berkebutuhan khusus. Jurnal Pendidikan Vokasi dan Seni, 2(1), 47-54.

Joshi, K., & Mendhe, D. (2025). Navigating Menstrual Health and Hygiene: Challenges and Solutions for Adolescent Girls. Journal of Pharmacy and Bioallied Sciences, 17(Suppl 1), S88-S91.

Mudjiyanto, B. (2018). Tipe penelitian eksploratif komunikasi. Jurnal studi komunikasi dan media, 22(1), 65-74.

Prawira, A., & Aprilia, I. D. (2024). Sexual and reproductive health education: A case study at Pembina Pekanbaru Special School. Journal of ICSAR, 230-236.

Lahope, G., & Fathurrahman, R. (2024). Current State, Challenges, and Opportunities of the School-Based Sexual and Reproductive Health Education in Indonesia: A Systematic Literature Review.

Nelson, B., Odberg Pettersson, K., & Emmelin, M. (2020). Experiences of teaching sexual and reproductive health to students with intellectual disabilities. Sex Education, 20(4), 398-412.Preventia: The Indonesian Journal of Public Health, 9(1), 81.

Saragih, A. A. (2020). Metode Backward Chaining untuk Meningkatkan Keterampilan Bina Diri Berpakaian Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(2), 119-127.

Waruwu, M. (2024). Pendekatan penelitian kualitatif: Konsep, prosedur, kelebihan dan peran di bidang pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 198-211.

Yuliyanik, Y. (2021). Pendidikan kesehatan reproduksi terhadap peningkatan pemeliharaan organ kesehatan reproduksi pada siswa tunagrahita dan autisme. Jurnal Kebidanan, 10(1), 69-74.

Kholisna, T., & Nugrahani, R. F. (2023). Upaya Pemahaman Guru Inklusi Terhadap Asessmen Anak Berkebutuhan Khusus Pada Sekolah Inklusi Di Malang. Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat, 2(3), 206-211.

Unduhan

Abstract Views : 96
Downloads Count: 30

Diterbitkan

2025-08-22