Peran Literasi Terhadap Kepercayaan Diri (Self Efficacy) Peserta Didik Kelas IV di UPT SD Negeri 2 Ambarawa

Authors

  • Agil Diah Febrian Aggil Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Alif Kurnia Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Fahulia Uswatun H Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Jihan Rahmawati Universitas Muhammadiyah Pringsewu
  • Septania Shifa M Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran literasi dalam meningkatkan self efficacy siswa kelas IV SD Negeri 2 Ambarawa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian yaitu uru dan peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Ambarawa. Teknik penggumpulan data mengggunakan wawancara, observasi, dan angket. Kegiatan literasi di SD Negeri 2 Ambarawa berperan dalam meningkatkan self efficacy peserta didik, Kendala yang dihadapi yaitu peserta didik yang menggangu temannya dalam kegiatan literasi dan buku-buku yang tersedia pada pojok baca perlu diganti secara rutin agar peserta didik tidak bosan. Upaya yang dilakukan untuk menghadapi permasalah ini yaitu dengan cara mengawasi peserta didik dalam kegiatan literasi dan menggunakan metode yang bervariatif. Selain itu, dilakukan rotasi buku setiap 3x dalam 1 minggu agar koleksi buku pada pojok baca selalu baru bagi peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 194
Downloads Count: 509

Published

2023-12-15

How to Cite

Aggil, A. D. F., Alif Kurnia, Fahulia Uswatun H, Jihan Rahmawati, & Septania Shifa M. (2023). Peran Literasi Terhadap Kepercayaan Diri (Self Efficacy) Peserta Didik Kelas IV di UPT SD Negeri 2 Ambarawa. Journal of Innovation in Primary Education, 2(2), 72–77. Retrieved from https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/jipe/article/view/7389

Issue

Section

Articles