Kajian Literatur: Metode Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Laura Anisah Prihatini Universitas Majalengka
  • Gilang Maulana Jamaludin Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/ijie.v2i1.9427

Abstract

This article aims to examine the mind mapping method in Islamic Religious Education subjects, which is motivated by the fact that students' failure to get good grades at school must be seen from many factors, such as students' basic abilities, facilities and infrastructure, teacher professionalism, effectiveness, etc. One of the bases used by educators to organize learning process activities is learning methods. The development of increasingly advanced times is accompanied by increasingly diverse learning methods, including the mind mapping learning method. The data used in this research is secondary data originating from the results of previous research, not direct experience, namely scientific journals that have been published. There are 15 national journals that match this research variable which were published in 2018-2023.

Keywords:

Metode Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Mind Mapping

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, N., Ma’arif, M. A., & Blitar, N. U. (n.d.). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Metode Mind Mapping Pada Materi Sifat Wajib, Sifat Mustahil Dan Sifat Jaiz Mata Pelajaran Akidah Akhlak Fase E (Kelas X C) DI MA Ma’arif Nu Blitar.

Akhyar, M., Nelwati, S., & Khadijah, K. (2023). Peningkatan Kualitas Pendidikan Agama Islam Melalui Pengintegrasian Kurikulum Merdeka Di SMAN 1 2X11 Kayutanam Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Al-Fatih, 6(2), 147–164.

Cendekia, P., Pendidikan, J., & Teknologi, D. (n.d.). Dra. Hj. MEYNIAR ALBINA, MA.

Dute, H. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Masyarakat Pluralistik. Publica Indonesia Utama.

FARIDAH SMP Negeri, Y. (2022). PENERAPAN STRATEGI MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX PADA PEMBELAJARAN PAI. 2(4).

Ketut Suardika, I., Hasan, S., Halam, M., Pendidikan Guru Sekolah Dasar, J., & Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F. (2020). APAKAH MODEL PEMBELAJARAN DENGAN MIND MAPPING DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR ? 2, 170–180. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd

Lubis, M. A., Suriani, I., & Siregar, A. K. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH (Vol. 07).

Mardicko, A. (2022). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5482–5492.

Mulyani, N. (2020). Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Mind Mapping dalam Bentuk Peta Konsep Kreatif di SMP Negeri 1 Pemenang. Jurnal Paedagogy, 7(3), 244. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2730

Ningsih, S. W., Muslim, M., Hakim, D. M., Islam, P. A., & Islam, A. (n.d.). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS X IPS 2 DI MA ALMAARIF SINGOSARI. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/index

Nuraini, I. A., Sa’diyah, C., & Nasrulloh, M. E. (n.d.). IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX DI MTs MA’ARIF NU KOTA MALANG. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/index

Nurjihananingrum, L. I., Rodafi, D., Wiyono, D. F., Islam, P. A., & Islam, A. (n.d.). IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTs NEGERI 2 BLITAR. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/index

Pagiling, M. (n.d.). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI MENYAMBUT USIA BALIG. In Jurnal Pendidikan Agama Islam (Vol. 1, Issue 2).

Sejarah Kebudayaan Islam Kelas Vi Min, P. DI. (2023). PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA. In ILUMINASI: Journal of Research in Education (Vol. 1, Issue 2). http://yphn.ac.id/ejournal/index.php/ILUMINASI/index

Sholikhudin Sejarah Kebudayaan Islam, R., & Negeri, Mt. (n.d.). CENTRAL PUBLISHER MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX-F MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN SKI. http://centralpublisher.co.id

Siregar, N., & Nara, H. (2015). Belajar dan pembelajaran. Penerbit Ghalia Indonesia.

Sman, J. (2022). PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PAI MELALUI METODE MIND MAPPING. 2(4).

Smpn, H. (2023). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII MATERI MENGHADIRKAN SHALAT DAN DZIKIR DALAM KEHIDUPAN MELALUI PENERAPAN METODE MIND MAPPING SMP NEGERI 1 KAHU EFFORTS TO IMPROVE LEARNING OUTCOMES CLASS VII STUDENTS MATERIALS PRESENT PRAYER AND Dhikr IN LIFE THROUGH THE APPLICATION OF THE MIND MAPPING METHOD IN SMP NEGERI 1 KAHU. In Jurnal Pendidikan Islam dan Keguruan (Vol. 1, Issue 3).

Sugiarto, M. S., & Abdullah, A. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH SYEKH YUSUF SUNGGUMINASA. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 10(2).

Tajdidiyah, A. S., Afifulloh, M., Atiqoh, L. N., & Dina, B. (n.d.). PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII MTs AL-QUDSIYAH KLOTOK PLUMPANG TUBAN. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/index

Ulum, F. B. (n.d.). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBASIS APLIKASI CANVA PADA PELAJARAN SKI (Vol. 12, Issue 1).

Zauharoh, K., Pasaribu, M., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (n.d.). Maslahah Jurnal Pengabdian Masyarakat Pemanfaatan Media Berbasis Mind Mapping dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 61 Medan. https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Downloads

Abstract Views : 153
Downloads Count: 469

Published

2024-05-15

How to Cite

Anisah Prihatini, L., & Maulana Jamaludin, G. (2024). Kajian Literatur: Metode Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Indonesian Journal of Islamic Education, 2(1), 89–96. https://doi.org/10.31949/ijie.v2i1.9427