EKOSISTEM HALAL DAN PEMBERDAYAAN UMKM SYARIAH DI YOGYAKARTA

Penulis

  • Dian Milasari Universitas Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v5i1.8198

Abstrak

Abstract.

.Dimensi yang menarik dalam kajian ekonomi hari ini di Indonesia adalah ekonomi islam dengan basic ekosistem halal, dalam beberapa kajian ini menjadi arah dan topik sangat urgent, dinamika yang ada misalnya adalah terjadinya potensi halal di berbagai bidang, Gerakan Undang-Undang Perlindungan konsumen dengan basis halal sudah memberikan ruang adanya BPJH yang ada dan menginduk di Kementrian agama, walupun diskusi terkait dengan ini masih sangat Pro kontra, realitas nya adalah pernah ditemui penulis dalam conference Hukum di UGM akhir tahun lalu, yang menemukan bahwa kampus-kampus sekuler dan umum masih sangat “menentang” kajian soal Halal ini atau ekosistem halal walupun tujuan untuk perlindungan kosumen, terlepas dari itu Gerakan perlindungan halal patut di apreasisi. Salah satu Gerakan yang menarik adalah labelisasi halal UMKM oleh kemenag yang sudah di lakukan gencar-gencar sejak 2 tahun terakhir, dan paper ini mencoba melihat hal ini dalam dimensi kota Yogyakarta dalam dimensi ini ada dua pertanyaan penelitian yang sedang di lakukan, pertama  bagaimana konsep halal di Indonesia ? dan kedua   bagaimana ekosistem halal, dan pemberdayaan UMKM syariah di kota Yogyakarta ? dengan menggunakan metode konten analisis untuk menjelaskan konsep ekosistem halal dan data lapangan di deskripsikan untuk menjelaskan Pemberdayaan UMKM Syariah di Yogyakarta, hasil penelitian ini adalah mengetahui konsep ekosistem Halal di Indonesia, dan pemberdayaan UMKM Syariah DI Yogyakarta.

 

 

 

Kata Kunci:

Halal Ecosystem, Empowerment, sharia MSMEs, Yogyakarta

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afandi, A. (2021). Pengaruh Inklusi Perbankan Syariah terhadap Pembiayaan UMKM Halal di Indonesia Periode 2017-2020. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 10(2), 280–291.

Ahyar, M. K., & Abdullah, A. (2020). Membangun Bisnis dengan Ekosistem Halal. Jurnal Pasar Modal dan Bisnis, 2(2), 167–182.

Andi, P. (2012). Metode penelitian kualitatif dalam perspektif rancangan penelitian. Ar-Ruzz Media.

Annisa, A. A. (2019). Kopontren dan Ekosistem Halal Value Chain. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 5(01), 1–8.

Danandjaja, J. (2014). Metode penelitian kepustakaan. Antropologi Indonesia.

Fathurrahman, A. (2022). Determinan Minat Financing UMKM Pada Lembaga Keuangan Syariah (Studi Kasus UMKM Disekitar Malioboro Yogyakarta). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i1.4419

GITA, S. (2022). PENGARUH PENGETAHUAN MASYARAKAT ATAS BUNGA, BAGI HASIL DAN PRODUK PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN PEMBIAYAAN BTPN SYARIAH (Studi Pada Perempuan yang Menjadi Pelaku UMKM di Desa Sukapura Kecamatan Sumberjaya Lampung Barat) [Undergraduate, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG]. http://repository.radenintan.ac.id/17003/

Kadir, I. (2003). Metode Penelitian Kualitatif.

Mahany, A. T. (2022, Juni 9). BSI UMKM Center Yogyakarta Diharap Bersinergi dengan SiBakul Jogja. Portaljogja. https://jogjaprov.go.id/berita/bsi-umkm-center-yogyakarta-diharap-bersinergi-dengan-sibakul-jogja

Malabar, S., Lantowa, J., & Talib, D. (2023). Sosialisasi dan pendampingan pengembangan pariwisata halal melalui penerbitan sertifikat halal bagi pelaku UMKM. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta, 1, 546–552.

Noor, M. A. M., & Nusran, M. (t.t.). Ekosistem Halal, sebuah Alternatif dan Platform Pengembangan Halal Berkelanjutan. MANAJEMEN INDUSTRI PRODUK HALAL DALAM PERSPEKTIF EKOSISTEM HALAL, 13.

Nugrioho, A. priyo. (2022). Digitalisasi dan Keberlangsungan UMKM Kuliner Halal Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i2.4470

Peranan Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk UMKM Yogyakarta | Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah. (2023). https://journal.laaroiba.ac.id/index.php/alkharaj/article/view/2744

Portal Berita Pemerintah Kota Yogyakarta—The LoksTop 2 Promosikan UMKM Oleh-oleh Yogya Berkualitas. (t.t.). Diambil 9 September 2023, dari https://warta.jogjakota.go.id/detail/index/27680

Priyadi, U. (2019). Peluang Pembelian Kosmetik Berlabel Halal di Kota Yogyakarta [Master’s Thesis]. Universitas Islam Indonesia.

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.

Rohmansyah, & As’ad, S. (2022). Strategi Pemasaran terhadap Produksi Abon Ikan Lele Berbasis Syariah di Daerah Padon Sendangrejo. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(6), Article 6. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i6.10341

Siswanto, N., Ridho, H., Sholihah, M., Widyaningrum, R., Pratiwi, A. A., & Widodo, E. (2023). Pengembangan Ekosistem Halal Skema Self-Declare pada Kantin Departemen Teknik Sistem dan Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Sewagati, 7(3), 420–425.

Sulaeman, A. W., & Wirawan, A. (2021). Ta’Awuni-Based Micro Insurance Model Bagi Umkm: Upaya Mendukung Pengembangan Ekosistem Industri Halal Pasca Covid-19 Di Indonesia. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 8, 32–58.

UMKM Produk Halal Makin Bergairah di Yogyakarta—Halaman 2—TribunNews.com. (t.t.). Diambil 9 September 2023, dari https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/06/03/umkm-produk-halal-makin-bergairah-di-yogyakarta?page=2

Buku

Fournier, C. (2017). The Manager’s Path: A Guide for Tech Leaders Navigating Growth and Change. (L. Ruma, Ed.) (First). United States of America: O’Reilly Media.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Edinburgh: Person Education.

Noe, R., Hollenbeck, J., Gerhart, B., & Wright, P. (2017). Human Resource Management : Gaining A Competitive Advantage, Tenth Edition (10th ed.). New York: Mc Graw-Hill Education.

Jurnal

Ackerman, D. S., Dommeyer, C. J., & Gross, B. L. (2016). The Effects of Source, Revision Possibility, and Amount of Feedback on Marketing Students Impressions of Feedback on an Assignment. Journal of Marketing Education. http://doi.org/10.1177/0273475316628293

Chou, H.-Y., & Wang, T.-Y. (2017). European Journal of Marketing Hypermarket Private-Label Products, Brand Strategies, and Spokesperson Persuasion. European Journal of Marketing51(4).http://doi.org/10.1108/EJM-02-2015-0085

Ananda, M. S., Sukmawati, A., Syamsun, M., & Ali, A. (2016). Pengembangan Model Peningkatan Kompetensi Pekerja Domestik Indonesia di Malaysia, 15(3), 262–278. http://doi.org/10.12695/jmt.2016.15.3.4

Publikasi dalam konfrensi atau seminar

Louise Ladegaard Bro et al (2014). Leadership training, leadership strategies and organizational performance. Paper presented on the IRPSM conference in Ottawa 9-12 April 2014

Unduhan

Abstract Views : 378
Downloads Count: 250

Diterbitkan

2024-01-25

Cara Mengutip

Milasari, D. (2024). EKOSISTEM HALAL DAN PEMBERDAYAAN UMKM SYARIAH DI YOGYAKARTA. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 184–195. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v5i1.8198

Terbitan

Bagian

Articles