Tata Kelola Perusahaan yang Baik Terhadap Manajemen Laba pada Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-2021
DOI:
https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v4i1.3477Abstrak
Pengabaian prinsip-prinsip Good Corporate Governance dalam segala aspek kehidupan berbangsa dan bernegara merupakan salah satu faktor paling fundamental yang memicu terjadinya krisis multidimensi di Indonesia. Untuk mencapai nilai perusahaan yang maksimal, manajemen dan pemegang saham diharapkan dapat bersinergi untuk mewujudkan tata kelola perusahaan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis good corporate governance pada manajemen laba pada Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pendekatan kuantitatif menjadi metode penelitian dengan data sekunder sebagai sumber data penelitian yang diperoleh peneliti secara tidak langsung melalui media perantara. Teknik pengumpulan data internal adalah studi kepustakaan atau penggunaan dokumen sebagai sumber data sekunder dalam penelitian kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Statistik deskriptif bertujuan untuk memberikan ringkasan data sampel dan tidak menggunakan data tersebut untuk membuat kesimpulan tentang populasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pandemi Covid-19 yang terjadi di dunia juga berdampak pada dunia investasi di Indonesia. Sejak kasus Covid-19, tren Indeks Harga Saham Gabungan mengalami penurunan. Fluktuasi pasar modal mempengaruhi perilaku masyarakat dalam berinvestasi karena menganalisis pasar modal tidak hanya melihat angka, tetapi juga melihat perilaku keuangan atau aspek ekonomi dari perilaku investor. Persentase Perubahan Konsumsi Masyarakat 5 barang konsumsi tertinggi adalah produk kesehatan, bahan makanan, pulsa atau paket data, makanan dan minuman siap saji, ketiga barang konsumsi tersebut merupakan output perusahaan di sektor industri barang konsumsi. Tata kelola perusahaan yang baik merupakan komponen penting dari kesuksesan perusahaan yang langgeng
Kata Kunci:
Covid19; Ekonomi Kreatif; Kewirausahaan Sosial; Bank SampahUnduhan
Referensi
Alkhairani, Kamaliah, & Rokhmawati, A. (2020). Analisis Pengaruh Good Corporate Governance (GCG) dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Ekonomi KIAT, 31(1), 10–25. https://journal.uir.ac.id/index.php/kiat
Anggraini, D. (2021). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governance, Volatilitas Arus Kas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Investment Opportunity Set Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Perspektif Manajerial Dan Kewirausahaan (JPMK), 1(2), 104–119. http://jurnal.undira.ac.id/index.php/jpmk/article/view/49
Bozec, R., M. Dia and Y. Bozec (2010). Governance–Performance Relationship: A Re-examination Using Technical Efficiency Measures. British Journal of Management Studies 21(3), 684-700.
Cuervo, A. (2002). Corporate Governance Mechanisms: a plea for less code of good governance and more market control. Corporate Governance: An International Review 10(2), 84-93.
Dharmawan, B., & Riza, F. (2019). Pengaruh Investment Opportunity Set Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Mediasi Kebijakan Deviden [Studi Empiris pada Emiten yang Tergabung dalam Index LQ45]. Business Management Journal, 15(1), 53–61. https://doi.org/10.30813/bmj.v15i1.1564
Hakim, L. (2019). Pengaruh Return On Asset, Investment Opportunity Set Dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan LQ45. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(1), 33–42. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v8i1.150
Kuncoro, Mudrajat. (2009). Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.
Kustinah, Siti. (2021) Kinerja Keuangan Perusahaan di Bursa Efek Indonesia Selama Masa Pandemi Covid-19. Komitmen. Jurnal Ilmiah Manajemen. E-ISSN: 2723-1526. Volume. 2 Nomor. 2 (2021). https://doi.org/10.15575/jim.v2i2.16880
Lim, J. ., & Siregar, D. L. (2021). Analisis Good Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekobistek, 10(1), 89–96. https://doi.org/10.35134/ekobistek.v10i1.89
Marini, Y., & Marina, N. (2017). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Humaniora, 1(1), 7–20.
Rudangga, I. G. N. G., & Sudiarta, G. M. (2021). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen, 5(7), 4394–4422. https://doi.org/10.32528/psneb.v0i0.5210
Sari, D. P., Putri, W. A., Neldi, M., & Candra, Y. (2021). Pengaruh Intellectual Capital, Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018. Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 23(2), 235–244.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Wahasusmiah, R. (2019). Pengaruh Kinerja Keuangan dan Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Nilai Perusahaan. Mbia, 17(2), 1–10. https://doi.org/10.33557/mbia.v17i2.317

Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Sri Rahayu

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
COPYRIGHT NOTICE
An author who publishes in the Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan agrees to the following terms:
1. Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
2. The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work