Peran Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Dalam Memediasi Pengaruh Employee Engagement Terhadap Intention To Stay Guru Gen Z SD/MI di Kecamatan Srono

Penulis

  • Ahmad Fauzi Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Institut Teknologi Dan Sains Mandala, Jember
  • Yuniorita Indah Handayani Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Institut Teknologi Dan Sains Mandala, Jember
  • Lia Rachmawati Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Institut Teknologi Dan Sains Mandala, Jember

DOI:

https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v6i2.15064

Abstrak

Generasi Z kerap dikenal sebagai generasi yang dinamis dan mudah berpindah kerja. Namun, fenomena berbeda justru terlihat pada guru-guru Gen Z di SD/MI Kecamatan Srono, yang menunjukkan keinginan tinggi untuk tetap bertahan dalam profesinya. Penelitian ini menggali lebih dalam faktor-faktor yang mendorong loyalitas tersebut, dengan fokus pada peran employee engagement serta bagaimana kepuasan kerja dan komitmen organisasional menjadi jembatan yang memperkuat niat mereka untuk bertahan. Pendekatan kuantitatif digunakan melalui penyebaran kuesioner dan analisis data menggunakan teknik Structural Equation Modeling (SEM-PLS). Hasilnya menunjukkan bahwa keterlibatan guru dalam pekerjaan (employee engagement) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keinginan untuk tetap bertahan (intention to stay), baik secara langsung maupun secara tidak langsung melalui komitmen organisasional. Sementara pengaruh tidak langsung melalui kepuasan kerja terbukti tidak signifikan. Temuan ini memberikan pesan penting bahwa ketika guru merasa dihargai, dilibatkan, dan didukung oleh lingkungan kerjanya, mereka akan tumbuh menjadi sosok pendidik yang tidak hanya bertahan, tetapi juga berkomitmen untuk terus mengabdi dan berkembang bersama institusinya.

Kata Kunci:

employee engagement, kepuasan kerja, komitmen organisasi, intention to stay, guru Generasi Z

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustina, R., Farida, N., Wicaksono, S., Rahmawati, Y., Istiani, A., & Arnidha, Y. (2020). Experimentation of problem-based learning model on critical thinking ability in learning number theory. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1), 12035.

Allen, N. J., & Meyer, J. P. (1990). The measurement and antecedents of affective, continuance and normative commitment to the organization. Journal of Occupational Psychology, 63(1), 1–18. https://doi.org/10.1111/j.2044-8325.1990.tb00506.x

Ardiansyah, F., & Budiono, B. (2022). Pengaruh Kompensasi terhadap Employee engagement dan Dampaknya pada Employee Performance. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 110–122. https://doi.org/10.26740/jim.v10n1.p110-122

Bakker, A. B., & Demerouti, E. (2008). Towards a model of work engagement. Career Development International, 13(3), 209–223. https://doi.org/10.1108/13620430810870476

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Sage.

Dwiputri, R., Rumijati, A., & Utama, E. K. (2023). The effect of organizational climate on intention to stay with employee engagement as intervening variable. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 2(3), 45–58. https://doi.org/10.22219/jamanika.v2i03.22750

Effect, T. H. E., Perceived, O. F., Support, O., Intention, O. N., Stay, T. O., By, M., & Satisfaction, J. O. B. (2024). ORGANIZATIONAL SUPPORT ON INTENTION. 22(2), 476–491.

Firmansyah, M., & Rahayu, D. (2022). Analisis faktor-faktor yang memengaruhi intention to stay pada tenaga pendidik generasi muda. Jurnal Pendidikan Dan Manajemen, 9(2), 115–130.

Gallup. (2023). State of the Global Workplace: 2023 Report. https://www.gallup.com/workplace/349484/state-of-the-global-workplace.aspx

Hair, J. F., Anderson, R. E., Tatham, R. L., & Black, W. C. (1995). Multivariate Data Analysis with Readings (4th ed.). Prentice Hall.

Harter, J. (2018). Employee engagement on the rise in the US. Gallup Poll News Service.

Hidayanti, F., nur aini, S., & Wibowo, D. (2024). Pengaruh Komitmen Organisasi Terhadap Turnover Intention Generasi-Z Yang Bekerja Sebagai Guru SMK. JIGC (Journal of Islamic Guidance and Counseling), 8, 48–61. https://doi.org/10.30631/jigc.v8i1.91

Hidayatullah, M., Hatami, H., & Fauziannor, A. (2025). Retensi Karyawan Generasi Z Di Indonesia Berdasarkan Kajian Literatur Sistematis. Jurnal Kajian Dan Penalaran Ilmu Manajemen, 3, 1–16. https://doi.org/10.59031/jkpim.v3i2.601

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). (2023). Laporan statistik pendidikan nasional 2023. Pusat Data dan Statistik Pendidikan.

Luthans, F., & Peterson, S. J. (2002). Employee engagement and manager self-efficacy. Journal of Management Development, 21(5), 376–387.

Luthfiana, N., Zamralita, Z., & Idulfilastri, R. M. (2023). Peran Kesejahteraan di Tempat Kerja terhadap Keinginan untuk Tetap bertahan pada Milenial. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 13, 999–1007. https://doi.org/10.24127/gdn.v13i4.8261

Mufidawati, H., & Desiana, P. M. (2024). Predicting Gen Z ’ s Intention to stay : The Role of Workplace Fun , Psychological Capital , and Work Engagement. 17(3), 415–431.

Ng, T. W. H., & Feldman, D. C. (2010). The relationships of age with job attitudes: A meta-analysis. Personnel Psychology, 63(3), 677–718. https://doi.org/10.1111/j.1744-6570.2010.01184.x

Octavia, D. H., & Budiono, B. (2021). Pengaruh Teamwork terhadap Kinerja Karyawan melalui Job Satisfaction. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3), 954–965. https://doi.org/10.26740/jim.v9n3.p954-965

Priatna, S. F., Emilisa, N., & Khairana, S. (2024). Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Organizational Citizenship Behaviour Pada Karyawan Mandiri University Group. 22(3). https://doi.org/10.26623/slsi.v22i4.9592

Robbins, S. P., Judge, T. A., & Judge, T. (2019). Organizational Behavior. Pearson. https://books.google.co.id/books?id=_cwqtgEACAAJ

Robinson, D., Perryman, S., & Hayday, S. (2004). The drivers of employee engagement. Institute for Employment Studies.

Saks, A. M. (2006). Antecedents and consequences of employee engagement. Journal of Managerial Psychology, 21(7), 600–619. https://doi.org/10.1108/02683940610690169

Sari, S. N., Safitri, A., Mahrizal, M., Wulandari, A. R., Sinaga, V. L., & Mulyani, N. (2025). Analisis pengaruh lingkungan kerja, work engagement dan work life balance terhadap motivasi kerja tenaga pengajar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(03), 1333–1339. https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i03.5220

Schaufeli, W. B., & Bakker, A. B. (2004). Job demands, job resources, and their relationship with burnout and engagement: A multi-sample study. Journal of Organizational Behavior, 25(3), 293–315. https://doi.org/10.1002/job.248

Stamolampros, P., Korfiatis, N., Chalvatzis, K., & Buhalis, D. (2020). Job satisfaction and employee turnover determinants in the hospitality industry: A global perspective. Tourism Management, 81, 104241. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2020.104241

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tett, R. P., & Meyer, J. P. (1993). Job satisfaction, organizational commitment, turnover intention, and turnover: Path analyses based on meta-analytic findings. Personnel Psychology, 46(2), 259–293. https://doi.org/10.1111/j.1744-6570.1993.tb00874.x

Truss, C., Delbridge, R., Alfes, K., Shantz, A., & Soane, E. (2013). Employee engagement in theory and practice. Routledge London.

Undang-Undang Republik Indonesia. (2003). Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA. https://peraturan.bpk.go.id/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003

Wildan, A. I. (2024). YUME : Journal of Management Pengaruh Employee Engagament terhadap Intention to stay di Industri Teknologi. 7(3), 1556–1565.

Zeffane, R. (1994). Patterns of organizational commitment and perceived management style: A comparison of public and private sector employees. Human Relations, 47(8), 977–1010. https://doi.org/10.1177/001872679404700806

Unduhan

Abstract Views : 2
Downloads Count: 1

Diterbitkan

2025-07-30

Cara Mengutip

Fauzi, A., Indah Handayani, Y., & Rachmawati, L. (2025). Peran Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Dalam Memediasi Pengaruh Employee Engagement Terhadap Intention To Stay Guru Gen Z SD/MI di Kecamatan Srono. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(2), 121–132. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v6i2.15064

Terbitan

Bagian

Articles