Deni Pengaruh Pemanfaatan Sosial Media, Motivasi Dan Pengetahuan Bisnis Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Majalengka)
DOI:
https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v6i2.14999Abstrak
Peranan kewirausahaan dapat memberikan pengaruh terhadap peningkatan perekonomian suatu negara, salah satunya UMKM. Semakin baik UMKM suatu negara, maka semakin baik pula pertumbuhan ekonomi di negara tersebut. Dengan latar belakang rendahnya minat berwirausaha di kalangan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Pemanfaatan Media Sosial, Motivasi dan Pengetahuan Bisnis terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Majalengka. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan deskriptif verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 6 dan 8 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Majalengka yang telah menempuh mata kuliah kewirausahaan, dengan sampel sebanyak 100 orang. Uji instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis untuk uji parsial menggunakan uji t dan uji simultan menggunakan uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial berada dalam kategori sangat tinggi, motivasi berada dalam kategori tinggi, dan pengetahuan bisnis berada dalam kategori sangat tinggi. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa baik secara parsial maupun simultan, pemanfaatan media sosial, motivasi, dan pengetahuan bisnis berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha.
Kata Kunci:
Pemanfaatan Media Sosial, Motivasi, Pengetahuan Bisnis dan Minat Kewirausahaan.Unduhan
Referensi
Adi Ahdiat. 2022. Indonelsia Punya UMKM Telrblanyak di ASELAN, BLagaimana Daya Saingnya? Reltrielveld from Indonelsia Punya UMKM Telrblanyak di ASELAN, BLagaimana Daya Saingnya?: https://databloks.katadata.co.id
Anwar Sanusi. 2016. Meltodologi Pelnellitian BLisnis. Celtakan kelelnam. Jakarta : Salelmbla ELmpat
Arikunto. 2013. Proseldur Pelnellitian Suatu Pelndelkatan Praktik. ELdisi relvisi. Jakarta : PT. Rinelka Cipta
Aulia Mutiara Hatia Putri. 2023. Jumlah UMKM Capai 8,71 Juta, BLisa Jadi 'Tamelng' Relselsi. Reltrielveld from CNBLC Indonelsia.com: https://www.cnblcindonelsia.com
BLayu Ilham Pradana dan Rini Safitri. 2020. Pelngaruh Motivasi Wirausaha dan Melntal Wirausaha Telrhadap Minat Wirausaha. 16, 2614-3437
Dinas Kopelrasi Dan Usaha Kelcil. 2022. Jumlah Usaha Mikro Kelcil Melnelngah (UMKM) BLelrdasarkan Kablupateln/Kota di Jawa BLarat. Reltrielveld from Opeln Data JABLAR : https://opelndata.jablarprov.go.id
Doris Ngozi Morah. 2018. Sosial Meldia Usel and ELntrelprelnelurship Delvellopmelnt in Nigelria: Lagos and Onitsha in Focus. Intelrnational Journal of Advancel Study and Relselarch Work.
ELva Risqita Listya Sari dan Dyah Pravitasari. 2022. Pelngaruh Prelselpsi EL-Commelrcel, Pelngeltahuan BLisnis, dan Pelnggunaan Sistelm Informasi Akuntansi Telrhadap Minat BLelrwirausaha di Pandelmi Covid-19. Riselt & Jurnal Kuntansi, 6, 2546-7507.
Fiska Rahma. 2019. Pelngaruh Motivasi dan Pelngeltahuan Kelwirausahaan Telrhadap Minat BLelrwirausaha. Skripsi Manajelmeln
Hawik ELrvina Indoworo. 2016. Melnumbluhkan Jiwa Wirausaha Mellalui Pelran Sosial Meldia. Jurnal Informatika UPGRIS (Volumel 2 Nomor 1).
Huselin Umar. 2019. Meltodel untuk Pelnellitian Usulan Pelnellitian dan Telsis BLisnis. Jakarta: PT. Raja Garfindo Pelrsada.
Imam Ghozali. 2018. Aplikasi Analisis Multivarariatel delngan Program SPSS. Selmarang: BLP Undip.
Irham Fahmi. 2014. Kelwirausahaan. BLandung: Alfablelta.
Josia Sanchaya H dan Hani Sirinel. 2017. Pelngaruh Sikap Mandiri, Motivasi, Pelngeltahuan Kelwirausahaan Telrhadap Minat BLelrwirausaha Mahasiswa FELBL UKSW Konselntrasi Kelwirausahaan. Jurnal AJIEL. Vol. 02 No 03
Kinanti Hanifati dan Ari Pradhanawati. 2017. Pelngaruh Pelngeltahuan Kelwirausahaan, Kompeltelnsi Sosial Dan Lingkungan BLisnis Telrhadap Pelrtumbluhan Usaha.
Kuelsionelr Pelngaruh ELfikasi Diri dan Pelngeltahuan Kelwirausahaan Telrhadap Minat BLelrwirausaha Pada Siswa SMK | Nurlelni - OKU Sumatelra Sellatan - Acadelmia.eldu
Laella. 2018. Pelngaruh Minat BLelrwirausaha dan Pelmanfaatan Sosial Meldia Telrhadap Kelwirausahaan Mahasiswa. Jurnal Pelngelmblangan Wiraswasta.
Madel Dharmawati. 2016. Kelwirausahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Pelrsada.

Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nining Kurniasih, Deni Istiono, Pupung Pamungkas

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
COPYRIGHT NOTICE
An author who publishes in the Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan agrees to the following terms:
1. Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
2. The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work