Deni Pengaruh Pemanfaatan Sosial Media, Motivasi Dan Pengetahuan Bisnis Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Majalengka)

Penulis

  • Nining Kurniasih Universitas Sebelas April Sumedang
  • Deni Istiono Universitas Majalengka
  • Pupung Pamungkas Universitas Halim Sanusi

DOI:

https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v6i2.14999

Abstrak

Peranan kewirausahaan dapat memberikan pengaruh terhadap peningkatan perekonomian suatu negara, salah satunya UMKM. Semakin baik UMKM suatu negara, maka semakin baik pula pertumbuhan ekonomi di negara tersebut. Dengan latar belakang rendahnya minat berwirausaha di kalangan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Pemanfaatan Media Sosial, Motivasi dan Pengetahuan Bisnis terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Majalengka. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan deskriptif verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 6 dan 8 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Majalengka yang telah menempuh mata kuliah kewirausahaan, dengan sampel sebanyak 100 orang. Uji instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis untuk uji parsial menggunakan uji t dan uji simultan menggunakan uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial berada dalam kategori sangat tinggi, motivasi berada dalam kategori tinggi, dan pengetahuan bisnis berada dalam kategori sangat tinggi. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa baik secara parsial maupun simultan, pemanfaatan media sosial, motivasi, dan pengetahuan bisnis berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha.

Kata Kunci:

Pemanfaatan Media Sosial, Motivasi, Pengetahuan Bisnis dan Minat Kewirausahaan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adi Ahdiat. 2022. Indonelsia Punya UMKM Telrblanyak di ASELAN, BLagaimana Daya Saingnya? Reltrielveld from Indonelsia Punya UMKM Telrblanyak di ASELAN, BLagaimana Daya Saingnya?: https://databloks.katadata.co.id

Anwar Sanusi. 2016. Meltodologi Pelnellitian BLisnis. Celtakan kelelnam. Jakarta : Salelmbla ELmpat

Arikunto. 2013. Proseldur Pelnellitian Suatu Pelndelkatan Praktik. ELdisi relvisi. Jakarta : PT. Rinelka Cipta

Aulia Mutiara Hatia Putri. 2023. Jumlah UMKM Capai 8,71 Juta, BLisa Jadi 'Tamelng' Relselsi. Reltrielveld from CNBLC Indonelsia.com: https://www.cnblcindonelsia.com

BLayu Ilham Pradana dan Rini Safitri. 2020. Pelngaruh Motivasi Wirausaha dan Melntal Wirausaha Telrhadap Minat Wirausaha. 16, 2614-3437

Dinas Kopelrasi Dan Usaha Kelcil. 2022. Jumlah Usaha Mikro Kelcil Melnelngah (UMKM) BLelrdasarkan Kablupateln/Kota di Jawa BLarat. Reltrielveld from Opeln Data JABLAR : https://opelndata.jablarprov.go.id

Doris Ngozi Morah. 2018. Sosial Meldia Usel and ELntrelprelnelurship Delvellopmelnt in Nigelria: Lagos and Onitsha in Focus. Intelrnational Journal of Advancel Study and Relselarch Work.

ELva Risqita Listya Sari dan Dyah Pravitasari. 2022. Pelngaruh Prelselpsi EL-Commelrcel, Pelngeltahuan BLisnis, dan Pelnggunaan Sistelm Informasi Akuntansi Telrhadap Minat BLelrwirausaha di Pandelmi Covid-19. Riselt & Jurnal Kuntansi, 6, 2546-7507.

Fiska Rahma. 2019. Pelngaruh Motivasi dan Pelngeltahuan Kelwirausahaan Telrhadap Minat BLelrwirausaha. Skripsi Manajelmeln

Hawik ELrvina Indoworo. 2016. Melnumbluhkan Jiwa Wirausaha Mellalui Pelran Sosial Meldia. Jurnal Informatika UPGRIS (Volumel 2 Nomor 1).

Huselin Umar. 2019. Meltodel untuk Pelnellitian Usulan Pelnellitian dan Telsis BLisnis. Jakarta: PT. Raja Garfindo Pelrsada.

Imam Ghozali. 2018. Aplikasi Analisis Multivarariatel delngan Program SPSS. Selmarang: BLP Undip.

Irham Fahmi. 2014. Kelwirausahaan. BLandung: Alfablelta.

Josia Sanchaya H dan Hani Sirinel. 2017. Pelngaruh Sikap Mandiri, Motivasi, Pelngeltahuan Kelwirausahaan Telrhadap Minat BLelrwirausaha Mahasiswa FELBL UKSW Konselntrasi Kelwirausahaan. Jurnal AJIEL. Vol. 02 No 03

Kinanti Hanifati dan Ari Pradhanawati. 2017. Pelngaruh Pelngeltahuan Kelwirausahaan, Kompeltelnsi Sosial Dan Lingkungan BLisnis Telrhadap Pelrtumbluhan Usaha.

Kuelsionelr Pelngaruh ELfikasi Diri dan Pelngeltahuan Kelwirausahaan Telrhadap Minat BLelrwirausaha Pada Siswa SMK | Nurlelni - OKU Sumatelra Sellatan - Acadelmia.eldu

Laella. 2018. Pelngaruh Minat BLelrwirausaha dan Pelmanfaatan Sosial Meldia Telrhadap Kelwirausahaan Mahasiswa. Jurnal Pelngelmblangan Wiraswasta.

Madel Dharmawati. 2016. Kelwirausahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Pelrsada.

Unduhan

Abstract Views : 8
Downloads Count: 5

Diterbitkan

2025-07-26

Cara Mengutip

Kurniasih, N., Istiono, D., & Pamungkas, P. (2025). Deni Pengaruh Pemanfaatan Sosial Media, Motivasi Dan Pengetahuan Bisnis Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Majalengka). Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 6(2), 71–87. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v6i2.14999

Terbitan

Bagian

Articles