Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Desain Tempat Terhadap Keputusan Pembelian Di Restoran Bernuansa Jepang
DOI:
https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v6i2.14159Abstrak
Tujuan Penelitian ini dimaksudkan untuk menguji: 1) pengaruh variabel promosi media sosial terhadap keputusan pembelian 2) pengaruh variabel desain tempat terhadap variabel Keputusan pembelian Penelitian ini ditujukan kepada para pengunjung restoran bernuansa jepang joglo arunika kabupaten kuningan. Penelitian menggunakan metode metode verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah pengunjung restoran joglo arunika kabupaten kuningan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dengan menggunakan teknik Nonprobability Sampling khususnya spot sampling. Pengumpulan data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner melalui lembar kuesioner yang dibagikan kepada responden. Penelitian ini menggunakan alat analisis (Partial Least Square) dengan aplikasi Smart-PLS 4. Hasil penelitian ini menunjukan: 1) variabel promosi media sosial berpengaruh terhadap keputusan pembelian 2) variabel desain tempat berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci:
Social Media Promotion, Place Design, Purchasing DecisionsUnduhan
Referensi
Ambarwati, Fitria. (2018). Pengaruh harga lokasi, harga dan bukti fisik terhadap Keputusan pembelian konsumen pada owl house coffee di Jakarta barat. Jakarta: Universitas Satya Nagara.
Bahri, Nur. (2021). Pengaruh Promosi, Desain Tempat Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Di Setara Coffee Batam Scientia Jurnal. Vol. 4 No. 4 (2021): Volume 4 Nomor 4 2021
Barus, C. S., & Silalahi, D. (2021). Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Sosmed Cafe Abdullah Lubis Medan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 21(2013), 1–15. https://doi.org/10.54367/jmb.v21i1.1182
Fahri, Mochamaddan & Jamaludin. (2022). Pengaruh Promosi, Persepsi Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di Angkringan Nineteen. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisplin Indonesia Vol 1 No 10 Agustus 2022
Engel, J.F., Blackwell, R.D., & Miniard, P.W. (1995). Consumer Behavior (8th ed.). Dryden Press.
Ghozali, Imam dan Hengky Latan. (2014). Partial Least Squares (Konsep Teknik Dan Aplikasi) Menggunkan Program Smart PLS 3.0. Semarang: UNDIP
Husein, Ananda Sabil, (2015). Penelitian Bisnis dan Manajemen Menggunakan Partial Least Squares (PLS) dengan smartPLS 3.0, Modul Ajar. Malang: Universitas Brawijaya.
Hurriyati, Ratih. (2015). “Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen”. Jakarta: Alfabeta
Kotler, P. & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17th ed.). Pearson Education.
Mamonto, F. W., Tumbuan, W. J. F. ., & Rogi, M. H. (2021). Analisis Faktor-Faktor Bauran Pemasaran (4P) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Makan Podomoro Poigar Di Era Normal Baru. Jurnal EMBA, 9(2), 110–121
Napitupulu, S., Tapiomas, N., & Tobink, R. (2021). Manajemen Pemasaran.
Rahayu, Sri. (2005). SPSS versi 12.00 dalam Riset Pemasaran. Bandung: Alfabeta
Syahrir, Muhamad. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Coffee Shop di Kota Gresik. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 6, Nomor 4, Oktober 2021
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen pendekatan kuantitatif,kualitatif,kombinasi , penelitian tindakan, penelitian evaluasi. Bandung: Alfabeta
Wuryansari, H. (2021). Pengaruh Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Dan Implikasinya Pada Electronic Word Of Mouth Pada Cafe Brick Sleman. Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF), 01, 319–336.
www.kuningmas.com pada tanggal 16 april 2024

Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dede Sudiana, Herma Wiharno, Yanneri Elfa Kiswara

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
COPYRIGHT NOTICE
An author who publishes in the Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan agrees to the following terms:
1. Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
2. The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work